“Eh, dim? Liburan kali ini, lo mau ke mana?” tanya irza teman kampus yang cukup dekat sama gue setelah dosen pembimbing akademik kelas kami bagi kertas KHS ujian semester kemarin.
“Pulang kampung, mungkin?” sahut gue sambil embusin napas lega begitu liat indeks prestasi di atas tiga koma sekian, pun nggak ada satu mata kuliah yang mesti mengulang semester depan. “Kebetulan di kampung lagi musim sawit, jadi bisa sekalian bantu bokap panen.”
Fyi aja nih, bokap gue juragan sawit dan punya puluhan hektar lahan sawit. Meski tiap panen bokap selalu sewa jasa warga sekitar dengan upah harian tergantung seberapa banyak kelapa sawit yang sanggup mereka panen.
“Yaelah sok rajin lo,” cibir irza sambil sikut pelan rusuk gue. “Mending ikut gue aja liburan ke bali. Sekalian kita bisa berburu bule ganteng di sana.”
Btw alasan lain kami bisa berteman dekat karena cuman irza di kelas gue yang tau soal orientasi belok gue. Kami ketemu secara nggak sengaja di gay site dating saat semester satu dan mulai dekat sejak semester tiga sampe sekarang.
“Gimana, ya?” gumam gue bimbang ambil keputusan. “Gue udah janji bakal balik ke kampung liburan semester kali ini. Pun bokap udah pesan tiket pesawat, jadi...”
“Nggak bisa, ya?” sambung irza dengan muka murung. “Padahal kontol bule gede panjang, lho. Pasti bisa bikin lobang kita lebih puas.”
“Lo bisa coba ajak yang lain,” saran gue sambil kasih gelengan pelan. “Sori, gue beneran nggak bisa kalo mesti liburan kali ini.”
“Nggak seru kalo nggak ada lo,” sahut irza sambil mencebik. “Lagian bokap pasti nggak bakal kasih ijin. Tampang mereka kan binal semua, mana bokap percaya.”
Persis sama tebakan gue bikin gue ikutan pusing. “Kalo gitu, kenapa nggak pergi sendiri aja?”
“Mana boleh. Bokap pasti larang gue liburan ke bali kalo nggak ada temen yang bisa jaga gue,” balas irza dengan bahu merosot lesu. “Padahal gue udah giat belajar biar nggak ada matkul yang mengulang di semester depan sebagai syarat bisa liburan ke bali, tapi...”
Gue pun buang napas gusar. “Oke, gue bakal coba bantu bujuk bokap lo.”
Irza sontak bersorak girang, trus peluk erat gue. “Makasih, dim. Lo emang sahabat paling baik gue.”
Sebelom temenan sama gue, irza sering dugem tiap malam. Nggak heran kalo di kelas jadi sering mengantuk saat sedang jelasin materi pelajaran dan berimbas pada nilai akademis dia.
Tapi setelah kita berteman, irza udah jarang dugem dan lebih rajin belajar karena kita lebih seringan nongkrong di perpustakaan ketimbang di kafe hits maupun di kelab malam.
Selain itu gue pun salah satu mahasiswa dengan jalur beasiswa, jadi mesti bisa pertahanin nilai biar beasiswa gue nggak dicabut.
Meski pun nilai irza udah mendingan sejak temenan sama gue, tapi masih aja ada satu mata kuliah yang bikin dia mesti mengulang di semester depan. Tapi beda kali ini, dia lulus semua mata kuliah dan seingat gue, indeks prestasi irza semester ini paling tinggi dibanding semester tahun lalu.
Kami pun segera pulang ke rumah irza, meski udah puluhan kali main ke rumah itu, gue tetap merasa segan tiap menjejak kaki di lantai marmer ruang tamu.
“Wah ... tumben sekali anak mami bisa dapat nilai IP tiga koma tiga lima,” sanjung pak anton begitu periksa kertas KHS bikin muka irza kontan merengut dengan sindiran dalam balutan pujian itu. “Jadi sesuai kesepakatan, kamu boleh liburan ke bali bareng dimas.”
Irza kembali bersorak girang, trus peluk badan gempal pak anton. “Makasih, pa. Semua ini bisa terjadi berkat bantuan dimas yang udah kasih bimbingan belajar gratis ke irza, pa.”
Pak anton mengangguk sambil tatap gue yang masih bergeming depan mereka. “Papa tau, kok. Kalo kalian bisa lulus kuliah dengan IPK memuaskan, kamu dan dimas bakal lanjut S2 ke berlin seperti impian semasa kecil kamu.”
Gue refleks merunduk sambil remasin ujung kemeja begitu bertemu tatapan teduh bokap irza. Pak anton udah keliru, gue bukan cowok pintar dan baik seperti anggapan dia selama ini.
Kalo irza suka pria bule berkontol gede, gue malah lebih demen sama pria matang dan pak anton merupakan definisi dari pria matang idaman gue dengan rambut mulai menipis serta selisip uban di bagian pelipis, pun kerutan samar sekitar sudut mata dan mulut. Meski demikian, dia masih tampak tampan di mata gue.
Sorakan irza tambah lantang, pun semakin erat rangkul leher pak anton. “Beneran, pa?”
Pak anton mengangguk mantap. “Jadi, kalian mau berangkat ke bali kapan? Petang ini atau besok pagi aja?”
Gue sontak mengerjap cepat begitu sadar dari lamunan. “M-makasih, om. Tapi...”
“Nggak usah mikirin soal ongkos tiket pesawat maupun biaya sewa kamar hotel,” tukas pak anton tegas. “Semua kebutuhan kamu dan irza biar om yang tanggung. Kamu cukup menemani irza aja dan segera melapor kalo dia berani berulah di sana.”
Gue sontak meneguk ludah begitu mendapati tatapan tajam pak anton dan sorot memelas irza. “Yah, oke. Ta-tapi dimas mesti mengepak pakaian dulu ke kosan.”
“Soal baju ganti, kamu tenang aja. Ada banyak baju nggak kepake di lemari irza,” hibur pak anton sambil menoleh ke irza yang kini duduk di sebelah dia di sofa ruang tamu. “Ukuran baju dan celana kalian sama, kan? Atau mau belanja baju dulu ke mall?”
“N-nggak usah, om. Dimas pinjam aja beberapa setel baju irza,” tolak gue segera begitu liat pak anton hendak ambil dompet di saku belakang celana.
“Oke, masalah soal baju ganti udah beres,” sahut pak anton urung ambil dompet dan beralih ambil ponsel dari saku depan. “Jadi, kalian udah sepakat bakal berangkat ke bali besok pagi?”
Setelah gue dan irza mengangguk kompak, pak anton pun segera pesan dua tiket pesawat dan sewa kamar salah satu hotel bintang lima di bali, trus kasih kami alamat hotel serta jadwal penerbangan pesawat kami besok pagi.
“Jangan begadang malam ini biar besok nggak ketinggalan pesawat,” nasihat pak anton sambil kantongin ponsel kembali ke saku. “Dimas mau tidur di mana? Bareng irza atau di kamar tamu aja?”
Gue beneran nggak ada niatan menginap barang semalam di rumah itu, bahkan saat dulu pak anton mengajak untuk tinggal serumah bareng mereka ketika dia tau gue anak perantauan dan cuman tinggal di kosan sendirian.
Tapi gue nggak yakin bakal sanggup kekang hawa napsu gue kalo mesti tiap hari ketemu sama pak anton, apalagi dulu pernah nggak sengaja liat pria matang itu sedang berenang saat gue besuk ke rumah irza sepulang kuliah, sekalian mau pinjamin buku catatan gue ke irza karena sakit dan ijin nggak masuk kelas hari itu.
Masih terekam jelas dalam ingatan kali pertama liat pak anton nyaris bugil, pun gue baru sadar kalo ada selarik bulu dada tipis di dada bidang dia saat samperin gue di ambang pintu menuju kolam renang indoor.
Berdiri bengong dengan lutut gemetaran begitu mata gue turun dari helaian bulu dada ke sulur bulu jembut yang memanjang hampir sampai ke pusar, pun celana kolor yang basah bikin kontol lemas pak anton tampak gelandulan saat jalan ke gue.
“Kami barengan aja, pa. Ranjang irza cukup lebar, pasti muat untuk tidur berdua,” putus irza sepihak sambil bangkit, trus rangkul leher gue dengan sebelah lengan. “Nanti malam bakalan ada pesta besar sebagai perayaan atas pencapaian target penjualan unit mobil tahun ini,” bisik irza tepat di telinga gue.
“Semua mitra bisnis papa bakal hadir dan mereka pasti udah pada teler sebelom lepas tengah malam,” sambung irza seakan bisa baca pikiran mesum gue sambil kasih satu kedipan nakal ke gue.
To be continue >>>