Pakaian Dari Surga Untuk Fatimah

189 30 1
                                    

🌸Kisah Inspiratif Islami 🌸

Pakaian Dari Surga Untuk Fatimah

Pada suatu hari Rasulullah SAW sedang duduk berzikir di samping Ka'bah. Tiba-tiba saja para pembesar dan para bangsawan Makkah datang dan menemui beliau sambil mengucapkan salam.

”Wahai Rasulullah, kami datang kepadamu untuk memberi kabar bahwa kami akan mengadakan akad nikah dan resepsi pernikahan antara si fulan dan si fulanah. Kami bermaksud mengundang Fatimah Az-Zahra untuk menghadiri pernikahan tersebut,” kata salah seorang pembesar Makkah.

”Bersabarlah, aku akan menyampaikan hal ini kepada putriku. Jika dia berniat datang, maka akan aku kabari kalian,” tutur Rasulullah SAW.

Setelah itu Rasulullah SAW segera pergi ke rumah putrinya. Sesampainya di sana, Beliau mengucapkan salam dan menceritakan perihal undangan pernikahan tersebut. Beliau ingin mengetahui apakah putrinya ingin menghadiri undangan tersebut atau tidak.

”Ya Rasulullah, jiwa saya sebagai tebusan Anda, wahai kekasih Allah Yang Maha Mulia. Saya berpikir bahwa undangan mereka bertujuan untuk mengejek dan memperolok-olok diri saya,” ujar Fatimah.
”Mengapa demikian,” tanya Rasulullah SAW.
”Karena para wanita dan gadis-gadis bangsawan Arab pada pesta pernikah itu mengenakan pakaian mewah dan mahal. Akan tetapi, saya tak punya apa-apa selain pakaian usang yang bertambal dan sepatu rusak pula. Jika aku datang, pastilah mereka akan memperolokku, menghina dan mengejek diriku,” jelas Fatimah.

Rasulullah SAW pun menjadi sedih, tak terasa beliau meneteskan air mata. Nabi SAW menarik nafas panjang dan matanya berair mendengar penuturan anaknya tersebut. Dalam kesedihan hati itu, saat itulah mukjizat kemabali datang. Malaikat Jibril datang atas perintah Allah SWT untuk menjumpai Rasulullah SAW.

”Wahai Rasulullah, katakanlah kepada Fatimah agar dia mengenakan pakaian yang dia miliki itu dan pergi ke acara resepsi tersebut. Sesungguhnya Kami menyimpan Hikmah dalam hal ini,” kata Malaikat Jibril.

Rasulullah SAW menyampaikan pesan Allah SWT ini kepada Fatimah. Fatimah pun langsung sujud syukur kemudian berdiri dan mengenakan pakaian usang dan bertambal. Kemudian Fatimah minta izin kepada ayahnya untuk menghadiri acara pernikahan tersebut.

Sumber 📚
Asy-Syaikh Abdurrahman bin Nashir As-sa'adi
(Sirah Para Nabi dan Rasul)

🔖

KISAH Istri Nabi Muhammad Dan Sahabat RasulTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang