Di awal gue sudah bilang kan, kalau Jengga adalah yang pertama ajak atau lebih tepatnya sih memaksa gue untuk gabung bareng dia, Aksa dan Adi di kantin. Jengga juga bakal selalu memilih gue sebagai teman sekelompok nya.
Jengga ini populer, jadi setiap ada yang tanya Jengga mau sekelompok sama mereka apa tidak, pasti jawabannya, “Kalian butuh berapa orang? Soalnya gue sama Bumi ”
Karena selalu ajak gue, gue merasa gak enak sama teman-teman sekelas yang lain. Jadi suatu hari gue tanya ke Jengga, "Ga, kenapa lo selalu harus sama gue sih kelompoknya? Kasian sama yang mau sekelompok sama Lo nanti Lo dikira homoan sama gue”
Terus dia nabok gue, “Gue masih suka cewek bangsat! Lagian gue tuh enak kalau sama Lo. Lo rajin sih, jadi gue ga perlu ngerjain yang susah-susah dengan dalih kalau gue cowok dan harus kerja ini itu, kalau ada elo yang rajin dan lapang dada mah” Jengga ketawa, terus gantian gue yang tabok Jengga.
Sebenarnya gue tau sih, alasan Jengga sering narik gue tuh mungkin karena rasa kasian aja. Jengga juga kayanya tau kalau gue gak punya teman dan sulit berteman.
Diantara Adi, Aksa dan Jengga, saat itu gue paling dekat sama Jengga. Selain karena kami sekelas, Jengga juga sering tarik paksa gue kemana pun seperti kalau dia dipanggil ke ruang guru, ke kantin saat jam kosong, atau sekedar nengokin Adi yang lagi dihukum beresin perpustakaan. Dia juga sering cerita tentang cewek-cewek yang deketin dia, dan dia gak masalah.
Oh iya, dulu Jengga tuh tinggal di Korea Selatan. Atlet speed skatting seumurannya yang sudah pernah sampai nasional. Tapi, karena dia cedera punggung, akhirnya dia milih buat fokus studi nya dan pulang ke Indonesia.
Mamah nya Jengga tuh ada keturunan Korea. Disana dia tinggal sama neneknya dan pulang buat sekolah menengah pertama nya di Indonesia. Adi tuh sering banget ledekin dia, “Coba lo gak balik indo Ga, terus jadi member boyband. Hidup lo pasti gak asik banget karena gak bisa kenal temen se ganteng, selucu, dan seasik gue. Beruntung lo bro”
Atau ada lagi kalau ada cewek-cewek lagi teriak jerit jerit sambil liat foto atau video idolanya orang Korea, pasti Adi ikutan nimbrung, “Nih gaes, ada member boyband gak jadi juga. Namanya Kim Jenglot. Tapi ga usah ngefans sih, suara dia kaya knalpot anak racing”
Habis bilang begitu Adi langsung jatuh dari kursi kantin, soalnya di tendang Jengga.
Dan, selain Jengga nih suka maksa gue ke kantin bareng dia. Jengga juga suka tiba-tiba muncul di rumah gue pas hari minggu yaitu hari gue bermalas-malasan. Jengga tarik gue dari kasur, dorong gue ke kamar mandi dan maksa gue buat pergi sama dia biar ada alasan kalau nanti ada yang ajak dia jalan.
Iya, Jengga nih paling gak bisa bohong. Jadi, dia harus benar-benar pergi atau sibuk buat alasan. Dan korban nya itu selalu gue!!
Padahal rumah Aksa sama Jengga itu hanya beda tiga rumah! Kalau gue tanya kenapa dia gak ajak Aksa aja pasti jawabannya, “Gak asik ah ajak Aksa, dia pasti gak mau terus rebahan lagi sambil ngerjain soal matematika atau main PS. Ngebosenin pokonya Aksa mah!”
YA MENURUT LU GUE GIMANA KAMPRET!!
Gue juga ingin rebahan, pakai selimut, nonton youtube Nessie judge sambil nyemil ciki punya si kakak.
Jangan tanya kenapa Jengga gak ajak Adi aja. Soalnya, Adi itu super sibuk, jadwal weekend aja suka full.
Nih ya, saking seringnya Jengga buat alasan lagi pergi sama gue ke perempuan-perempuan yang ajak dia jalan. Gue jadi sering dapat chat teror dari nomor-nomor tidak dikenal.
Iya, memang perkataan adalah doa, gue beneran di katain homoan sama Jengga. Babi memang, GUE COWOK STRAIGHT!!
Lagian ya, kalau gue homo gue gak bakal naksir Jengga. Soalnya dia tuh lembut aja, tapi kelakuannya lebih parah plus plus plus.
Jengga ini sering bertingkah memalukan, contohnya di tengah mall, lagi ramai tiba-tiba di teriak, “WOI SI BUMI BELUM CEBOK”
Atau lagi upacara, saat semua siswa/siswi sudah keluar dari kelas semua. Dia test microphone, bukannya "Cek satu dua tiga”
Dia malah, “Perhatian, yang namanya Arkana Bumi tolong jauhi, karena dia gigit terimakasih. ”
Iya sehabis upacara dia langsung gue cekek.
Enam bulan gue sekelas sama Jengga dan bahkan sering Jengga panggil teman. Gak buat anak sekelas mau berteman sama gue, bahkan mereka cenderung gak ada yang mau dekat gue. Gue sih cowok ya, jadi gue gak masalah banget gak punya temen. Gak kaya cewek yang pasti langsung mental down. Gue gak masalah sama sekali.
Tapi, yang jadi masalah, gue sering di cap homoan sama mereka. Saking banyak nya hate yang di tempel depan loker gue, guru bidang kesiswaan pernah manggil gue buat nanya apa gue homo lah, ini itu yang buat gue kesel karena gue gak homo dan gue ga ngerasa punya salah.
Cuma gara-gara Jengga sering main sama gue, dan cewek-cewek itu merasa terancam. Gue jadi punya predikat yang gue aja gak merasa.
Akhirnya selama sebulanan gue benar-benar tolak ajakan Jengga. Sebisa mungkin gue berbaur sama temen-temen cowok di kelas gue dan bawa bekal biar gak ada alasan buat Jengga ajak gue ke kantin.
Itu gue cowok, jadi gue masih bisa tahan kena begitu. Kalau cewek? Pasti mereka lebih parah lagi dan mungkin bahkan pindah dari sekolah.
Seseram itu opini dan obsesi, semua diambil dari satu sudut pandang, terus di sebar dengan ditambahi kata-kata jahat. Yang gak bersalah di caci maki dan di benci. Padahal, mereka dapat apa? Obsesi mereka terlalu tinggi sampai lupa kalau si objek obsesi gak bisa dimiliki.
Seseram itu manusia.
Tapi, gak papa. Sehabis itu Jengga pacaran sama anak cheerleader. Dan gue juga dekat sama cewek, teman satu klub lukis gue.
Masalah itu selesai, tapi gue gak jadi pacaran. Karena ternyata dia deketin gue buat bisa deket sama Jengga. Katanya percuma deketin gue juga, soalnya Jengga udah punya pacar.
Haha.
Tapi gue bisa apa? ya itu tugas pemeran cadangan kan? Dijadiin alasan buat dekat sama si pemeran utama.
Ingat, dibilang gue bukan siapa-siapa.
TBC
Terimakasih telah membaca Bukan Pemeran Utama, cintai Arkana Bumi dan kisahnya ya!!
Arkana dan Jenggala