Masih Insecure?

19 3 0
                                    

Kalian pernah nggak sih ngerasa kurang, feelingless?
Ngerasa kayaknya ada sesuatu hal yang pengen kalian rubah dalam diri kalian sendiri?
Dan hal itu terjadi setelah kalian membandingkan apa yang mungkin kita tidak punya dan apa yang orang lain punya.
Ya, itu sering kita sebut sebagai insecure.

Insecure itu gak enak banget ya?
Iya, ngerasa feelingless dan ngerasa kurang sama diri sendiri tuh gak enak.
Apalagi kalo lagi berhadapan sama orang yang kita suka.
Perasaan ini tuh kadang bikin hari jadi sedih aja, bikin melangkah kedepan juga jadi nggak enak.

Aku juga pernah insecure.
Aku menganggap diriku rendah dari orang lain.
Bahkan pernah ada perkataan orang yang menyakiti hati.
Lalu rasa insecure itu muncul.

Lambat laun, aku berusaha untuk melupakannya.
Dengan bersikap bodoamat dan juga berdamai dengan diri sendiri.
Jika ada yang membuatmu terpuruk maka berusahalah untuk berdamai dengan diri sendiri.

Hal pertama yang bisa kalian lakukan adalah mengenali diri sendiri.
Cari tau, mau diri kalian tuh apa.
Kalian harus sayang sama diri kalian sendiri.
Sampai-sampai nggak ada celah lagi bagi orang yang mau nyakitin kalian.

Ketika kalian sudah sayang sama diri kalian sendiri, maka nggak bakal ada waktu lagi buat banding-bandingin diri kalian sama orang lain.
Kalian nggak akan berfokus pada apa yang orang lain bisa dan sementara kalian nggak bisa.
Tapi kalian akan berfokus bahwasannya kalian juga punya keistimewaan dan kelebihan lain.
Yang mungkin dalam hal itu, justru kalianlah yang lebih unggul dari orang lain.
Kalian akan lebih bersyukur karna hal itu.

Yang kedua yaitu seperti yang sudah aku katakan diawal, berdamailah dengan diri sendiri.
Berdamai dengan perkataan orang lain.
Berdamai dengan pandangan orang lain.
Berdamai dengan cara pandang terhadap diri kalian sendiri.

Karena kalau kalian mikir diri kalian jelek, maka orang juga akan mikir kalian jelek.
Dan kalau kalian merasa diri kalian cantik, maka orang lain pun akan berfikir bahwa kalian tuh cantik.
Dalam psikologi juga dikatakan bahwa orang lain akan melihat diri kita seperti apa yang  kita pikirkan.

Kadang kita lupa memberi sugesti positif pada diri sendiri.
Kadang kita selalu memikirkan perkataan orang lain, padahal orang lain pun nggak berkata hal tersebut.
Padahal yang jahat tuh pikiran atau isi kepala kita sendiri.

Kalian pernah berfikir bahwa kalian nggak pantas buat disayang sama orang lain?
Kalo iya, itu artinya kalian belum sayang sama diri sendiri.
Karena jika kalian sudah sayang pada diri sendiri, kalian baru mulai bisa mengizinkan orang lain untuk masuk dan sayang sama kita.

Sekarang aku tanya ya..
Gimana caranya kalian bisa membiarkan orang lain masuk untuk menyayangi diri kalian, sementara kalian tidak menyayangi diri sendiri?
Atau gimana caranya kalian bisa sayang sama orang lain, sedangkan kalian belum sayang sama diri kalian sendiri?

Sudah menjadi kewajiban buat sayang sama diri kalian sendiri sebelum kalian menyayangi orang lain dan mengizinkan orang lain juga menyayangi kalian.
Tapi perlu diingat ya, jangan karena menyayangi diri kalian sendiri lalu membuat kalian menjadi orang yang egois.

Hal yang bisa kalian lakukan agar hidup kita jadi lebih baik tanpa keegoisan yaitu adalah bisa memfilter mana perkataan orang yang baik dan mana yang buruk.
Baik buruknya perkataan yang dimaksud disini pastilah berdampak pada diri kita.
Ya, kalian memang harus tetap menerimanya.
Namun, menerima bukan berarti melakukan yakan?

Kalian harus bisa memfilter lagi mana perkataan yang relate sama kita dan mana yang nggak.
Tanya juga sama orang lain, tapi orang lain yang kalian percayai.
Tanyakan pendapat mereka dan lain sebagainya.
Saat itu kalian akan berpikir "oke, kayaknya aku tau setelah ini harus apa."

Kita boleh saja sayang sama diri sendiri, tapi jangan sampai menutup orang-orang yang akan datang atau ingin memberi sesuatu.
Yang mungkin, sesuatu itu akan sangat berharga buat kita lewatin gitu aja.

Ingatlah, semua itu nggak selalu tentang fisik.
Ada sesuatu yang lebih dalam lagi untuk dihargai ketimbang paras, kecantikan, ketampanan dan sebagainya.
Karena, apa yang kalian lihat itu bisa membosankan tapi apa yang kalian rasakan itu akan selalu dikenang.

Misalnya kalian punya personality yang baik, itu akan terus diinget sama orang.
Atau kalian pernah membantu seseorang, lalu orang-orang yang kalian bantu itu akan inget terus sama kalian.
Dibanding kayak kalian punya kecantikan, seiring berjalannya waktu juga akan hilang gitu aja.
Tapi, kalau kalian punya personality yang baik orang-orang akan inget kalian terus bahkan jikalau kalian sudah tiada.

Gimana sih caranya agar kita berhenti membanding-bandingkan diri kita dengan orang lain?
Fokus pada diri sendiri.
Cari tau apa yang kalian mau dan kalian bisa.
Cari dan sadari kekurangan dan kelebihan yang ada dalam diri kalian.

Ketika kalian udah sadar dengan kekurangan diri kalian, maka kalian akan mudah berdamai dengan diri sendiri.
Kalian akan tau apa yang harus kalian perbaiki.

Dan ketika kalian menyadari kelebihan diri sendiri, maka kalian akan sadah bahwasannya "oh, ternyata aku nggak sejelek itu." atau "oh, ternyata gue itu spesial."
Jadi, kenali dan fokuslah pada diri kalian sendiri.
Dan juga sadari kelemahan dan kelebihan yang kalian miliki.

Saat sudah fokus dan sayang sama diri sendiri, maka kalian nggak akan banding-bandingin diri sendiri dengan orang lain.
Kadang ngebandingin itu terjadi ketika kalian terlalu punya banyak waktu luang.
Waktu luang itu kalian gunakan untuk merhatiin orang, peduli sama masalah orang lain.
Padahal hal-hal itu nggak penting buat dapet perhatian dan kepedulian kalian.
Percaya deh, hidup kalian akan lebih tenang kalo kalian tuh nggak mikirin atau peduli sama hal-hal yang nggak penting itu.

Kalo fokus kalian tuh sama orang lain terus,
Seolah-olah seperti kalian yang harusnya cuma fokus lihat jalanan didepan kalian.
Namun saat itu kalian malah melihat keatas, dan saat itu pula kalian akan melihat ada pohon yang indah diatas sana.
Tapi kalo kalian fokus pada jalanan didepan, mungkin kalian nggak akan pernah melihat ada pohon yang indah diatas sana.

^^^

Intinya mah fokus saja pada diri sendiri, berdamai dengan diri sendiri, sayangi diri sendiri, sadari kekurangan dan kelebihan yang kalian miliki, serta fokus pada tujuan kalian.
.
.
.
One again, jangan lupa bersyukur.

Thank you..

IG: hidayah_nr01

Untaian KataTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang