Alhamdulillah aku update lagi, hehe...
Okay, untuk chapter ini aku mau bahas tentang do and don't.
Banyak tuh yang biasanya suka salah kaprah kalau di Wattpad. Sebenarnya nggak di Wattpad aja, di manapun tempatnya juga. Untuk itu, aku ingin memberi tips 'bout do and don't-nya.
—DO
Di sini aku tidak bermaksud untuk menggurui, aku pure ingin memberi tahu pada kalian agar kita 'aman-aman' aja untuk menjadi seorang penulis yang hebat.
Yang pertama adalah...
Menulislah sesuai isi hati kalian. Kenapa? Karena intuisi itu selalu benar, ea...
Menulis itu harus ikhlas dari hati maupun niat kita. Seperti yang aku bahas sebelumnya, pun tujuan kalian juga apa dalam menulis itu? Menyebarkan benih positif di era ini, atau apa saja sesuai keinginan kalian.
Kedua
Bersikaplah ramah dan baik kepada pembaca.
Ini penting banget, sampai aku garis bawahi.
Kalau kalian ramah dan baik pada pembaca, mereka pasti bakal kaya, "Itu tuh author yang uname 'blabla', karyanya bagus, ramah dan baik juga sama pembacanya..."
Kan enak tuh, mereka nantinya juga kasih feedback yang baik juga ke kita. Misalnya, mereka apresiasi salah satu karya milikmu dan kamu balas atau bahkan sekedar mampir ke wall dia, "Haii, makasih ya sudah mampir ke karyaku, semoga kamu sehat selalu♡"
Biasanya, aku bakal berlaku gitu sama readers kalau sudah selesai baca ceritaku. Pun juga balasin komen pembaca satu persatu juga.
Jadi, apa yang kau tanam, itulah yang akan kau tuai.
Okay, mari kita lanjut babak yang kedua.
—DON'T
Di bagian ini mungkin lebih banyak pembahasan dan narasinya bakal panjang. Sebenarnya berupa-rupa di babak pertama, cuma aku bingung sama kata-katanya. Mungkin next chapter kali ya, bakal aku sisipin di sana.
Untuk yang pertama adalah
Dilarang Plagiat
Kalau sudah aku garis bawahi, tandanya itu penting.
Gini rek, plagiat itu dilarang banget. Entah untuk apapun itu tetap tidak diperbolehkan. Bahkan jika melanggar, akan dikenakan sanksi dan juga denda.
Menurut KBBI, Plagiat itu...
Kalau ada yang plagiatin karya kita, pasti bakalan merasa sedih, 'kan? Apalagi itu berasal dari ide, perjuangan, dan hasil referensi kita sendiri yang nggak semudah melakukan plagiat. Tinggal copy, terus paste, ganti nama tokoh apalagi.
Aduh... suwer, ngeselin kalau gitu caranya. Enak banget dong nggak ikut mikirin alur cerita?
Beda lagi dengan terinspirasi. Kalau terinspirasi itu ya nggak sama persis karyanya. Kita dapat ilmu, lalu dikembangkan sendiri nantinya.
Sampai di sini paham, teman-teman?
Kedua
Jangan star syndrome
Okay, ini juga penting sekali.
Star syndrome kalau kasarnya tuh, maaf— 'ngartis'
Aku ingatkan sekali lagi, aku nggak bermaksud apa-apa untuk ini. Mungkin di bagian kedua agak sensitif dibahasnya. Soalnya nggak semua orang bakal 'sepemikiran' 🙏
Bismillah bahas...
Semua orang sudah ada jalannya. Menjadi penulis terkenal atau bahkan masih merangkak dan meniti perjalanan yang nantinya akan menyusul para penulis hebat lainnya. Ah, aamiin.
Kalaupun nanti kalian jadi penulis yang mendapat banyak apresiasi dari pembaca setia, mendapat banyak pengikut dalam karya-karyamu, dan menjalin relasi kawan yang baru, tetaplah menjadi kamu apa adanya.
Bagaimana maksudnya?
Kamu ya kamu lah yang sebenarnya. Jangan nanti kalau sudah terkenal di segala penjuru, menjadi lupa dengan siapa yang menemanimu dari awal, teman-teman dekat yang mendukung ceritamu, dan mendadak, "Hah, siapa kamu?"
Ah, semoga nggak terjadi, ya 😃
Ingatlah selalu filosofi padi. Semakin ia tinggi, semakin ia merunduk.
Pas naik daun, jangan lupa turun.
Kalau sudah berada di lautan, jangan lupa sama daratan juga.
Baik, mungkin cukup sekian aku kasih tips tentang do and don't-nya. Ini berlaku bukan hanya di Wattpad aja, ya. Tapi di manapun, kapanpun, kepada siapapun, dan apapun keadaannya.
Selaku penanggung jawab CMP, aku minta maaf sebesar-besarnya jika ada salah prakata yang disengaja maupun tidak. Sebab pada dasarnya, manusia tidak ada yang sempurna 🙏
Ada yang mau bertanya? Tanya aja nggak pa-pa, biar banyak membahas tentang kepenulisan. Aku maksa nih😢
Next chapter aku akan bahas dari pertanyaan pembaca tentang Writer's Block.
Semoga bermanfaat, ya. Thank you and see u!♡
KAMU SEDANG MEMBACA
Carut Marut Pena
RandomKamu pemula? Intip yuk tips dan trik di Carut Marut Pena-! © lenteramalam1, 2O21🌌