Self Healing
Self healing adalah sebuah proses penyembuhan diri dari luka batin. Metode ini biasanya dilakukan saat seseorang sedang menyimpan luka batin yang sangat mengganggu emosinya. Self healing berguna untuk menyelesaikan unfinished business yang juga berakibat pada kelelahan emosi seseorang.
Sebagian besar orang tentunya pernah mengalami berbagai kelelahan emosional dalam berbagai bentuk seperti sedih karena kepergian orang tua, cemas terhadap masa depan, gagal meraih sesuatu, mengalami peristiwa yang tidak diinginkan, marah pada kesalahan diri sendiri, dan sebagainya.
Lalu, metode apa yang harus dilakukan untuk menyembuhkan masalah ini? Serta siapa yang seharusnya dapat menyembuhkannya?
🛡️ Sadari Mulai dari Diri Sendiri dan Berdamai pada Keadaan
Me Time
Self healing adalah sebuah proses untuk penyembuhan diri dari luka batin. Luka batin ini biasanya akan tak bisa diselesaikan berkat adanya sebagian orang yang pada umumnya berkaitan dengan kehadiran orang lain.
Me time berguna untuk membuat setiap orang memikirkan dirinya sendiri terlebih dahulu. Bagaimanapun orang lain memperlakukannya, diri kita masih bisa memilih untuk bahagia.
Lakukan Dialog pada Diri Sendiri
Self healing adalah sebuah proses untuk penyembuhan diri dari luka batin yang memerlukan metode-metode khusus menggunakan perasaan pada dirimu. Bicaralah pada diri sendiri tentang apa yang sebenarnya diinginkan.
Jujur pada diri sendiri lebih baik ketimbang melampiaskan segala perasaan buruk kita pada sesuatu. Satu-satunya orang yang mampu berbicara dengan lubuk hati terdalam adalah diri sendiri. Saatnya mulai memahami diri sendiri untuk bisa bersyukur atas apa yang hidup ini berikan.
Berdamai dengan Keadaan
Self healing tentunya butuh ketenangan serta kedamaian yang diperlukan guna mempercepat luka batin tersebut hilang. Mengingat kembali peristiwa-peristiwa buruk yang masih membekas di hati memang tak terhindarkan. Setiap orang berhak marah atas hal itu.
Orang yang hatinya terluka sangat dalam tidak akan dengan mudah melupakannya. Namun, kamu harus berpikir apakah dengan menyalahkan keadaaan atas atas semua peristiwa buruk itu bisa dibenarkan?
🛡️ Mindfulness dan Meningkatkan Self-Compassion
Mindfullness
Self healing adalah suatu cara untuk menghilangkan luka batin yang terpendam. Dengan cara mindfullness, seseorang akan dapat berpikir dengan kesadaran yang penuh. Mengelola pikiran, perasaan, dan lingkungan untuk menghubungkan titik-titik yang ada dalam pikiran kita. Memaknai setiap peristiwa dan kejadian yang pernah kita alami dengan lebih sehat. Mindfulness dapat meningkatkan self-compassion dan kebermaknaan hidup.
Tingkatkan Self-Compassion
Self healing adalah metode menghilangkan luka batin yang ada serta akan dapat diobati dengan kita meningkatkan self compassion kita. Maksud dari self-compassion adalah suatu kemampuan dalam memahami keadaan emosi diri sendiri serta respon emosi atas penderitaan yang telah dialami serta disertai keinginan untuk menolong diri sendiri. Melalui metode ini, kebanyakan orang dapat memahami dirinya sendiri.
🛡️ Jadikan Penyesalan Sebagai Kekuatan dan Buang Masa Lalu
Menjadikan Penyesalan Sebagai Kekuatan
Sebagian orang pastinya pernah mengalami hal yang melakukan dan berujung penyesalan di dalam hidupnya. Namun, dengan adanya hal tersebut juga biasanya akan membuat seseorang menjadi miliki penyesalan yang tak ada habisnya. Biasanya, hal ini juga dapat menimbulkan rasa gelisah, cemas, serta terus memikirkan hal tersebut dan membuat hatinya lelah.
Jalan yang terbaik adalah jadikan penyesalan yang terberat sekalipun di dalam hidup kita sebagai pelajaran berharga. Boleh sesekali untuk mengingat, namun cobalah dengan sudut pandang berbeda. Tanamkan bahwa kesalahan merupakan hal yang wajar. Yang paling penting adalah tidak mengulanginya.
Menempatkan Masa Lalu pada Tempatnya
Pastinya, tiap orang akan miliki masa lalunya masing-masing. Tak sedikit juga yang miliki masa lalu kelam yang akan membuat masa kininya tak tenang.
Namun, perlu disadari bahwa apapun yang telah terjadi, kita tak bisa mengubah peristiwa yang telah terjadi. Yang perlu dilakukan adalah sebagai manusia kita hanya bisa mengubah respon seseorang terhadap masa lalu itu. Maka dari itu, jadikanlah masa lalu tersebut sebagai guru yang mendewasakan dirimu.
Masa lalu hadir di masa kini bukan untuk terus disesali, tapi untuk dimaknai. Memaknai kembali pengalaman masa lalu dengan respon yang positif sangat membantu penyembuhan hati kita.
=========={^∆^}==========
QNA Self Healing
Question:
🌷: "Kak kalo berusaha melupakan sesuatu yg nengganjak batin, tapi keinget lagi keinget lagi gara gara tekanan gimana kak?"
🌷: "Mengganjal*"Answer:
Untuk 🌷Kamu harus bisa menyuburkan diri sendiri, agar kamu tidak mengingat dia lagi, terus kamu juga bisa curhat kepada orang terdekat kamu untuk mengurangi tekanan yang ada pada diri kamu, kamu juga harus bisa menerima kenyataan, dengan cara itu mungkin bisa membantu kamu melupakan seseorang itu, kunci utamanya adalah kamu harus ikhlas, karena kali kamu ikhlas, kamu bisa melupakan dia, mungkin bisa sih ngingat lagi, tapi gak akan sampe ke batin cuman sekedarnya aja.
🛡️🛡️🛡️🛡️🛡️🛡️🛡️🛡️🛡️🛡️🛡️
Question:
🌹: "Kalau kita udah lupa nih, tapi suatu ketika kalo inget lagi itu masih ada nyeri, itu gimana? Pada beberapa kesempatan merasa kalau dia udh sembuh, tapi di kesempatan berbeda dia merasa gagal lagi, sebenernya gimana?"Answer:
Untuk 🌹Artinya kamu belum melupakan dia, kalo kamu ngelupain dia benar-bener ngelupain, mungkin kamu ingat tapi gakan sampe seperti yang kamu bilang itu, nyeri.
Nah untuk pada beberapa sampe seterusnya aku belum ngeh sama pertanyaan, entah dia sembuh atau gagal dalam bentuk apa, sakit? Atau apa?
Tapi, selama kita yakin dia sembuh, dan dia merasa gagal kita harus bisa memberikan support ke dia. Supaya apa? Supaya dia yakin kalo dia sembuh.
Ingat, di dunia ini gak ada yang gak mungkin selama kita berusaha, berdoa, dan yakin. So? Kalo emang orang itu kena suatu penyakit kamu sebagai teman or sahabat harus bisa memberikan apa yang terbaik buat dia seperti kataku tadi, berikan dia support.
Nah kalo dia bukan teman or sahabat, maybe orang yang disukai. Kamu bisa berdoa kepada Tuhan karena kalo usaha tanpa doa itu sia-sia dan sebaliknya. Tapi karena kondisi dia gak tau kita suka, bisakah sih. Kita bisa berdoa dan yakin. Ok?
Note:
Ingat, di dunia ini gak ada yang gak mungkin. Perlakukan diri kalian dengan baik, sesuai aturan dari versi kalian.==========[^×^]==========
Sekian untuk materi self healing ini, silahkan pahami dan resapi setiap kata yang ada. Bila ada pertanyaan, kalian bisa comment di bawah, atau di paragraf yang tidak kalian mengerti. Nanti kita akan liat, dan insyaallah akan dibahas di pertemuan selanjutnya. Thanks..
Jangan lupa ⭐ untuk meninggalkan jejak berharga kalian. See you the next time 👋
KAMU SEDANG MEMBACA
Materi Member Gen¹
RandomSebelum membaca jangan lupa follow terlebih dahulu! Sesudah membaca jangan lupa tinggalkan jejak kalian.