epilog

9 1 0
                                    

Catatan Ramadhan | Adimas
epilog

_____

Allahu akbar allahu akbar, la ilaha illallah wallahu akbar allahu akbar walillahil hamd!

Suara gema takbir udah ribut dari tadi malam.

Tapi gue merasa kosong. Gaada takbir keliling, gaada takbir ramai ramai di pondok, gaada kumpul bareng main kembang api, dan di jam dua belas malam gaada pesta besar kembang api di lapangan desa.

Demi Allah gue rindu masa masa menyambut idul fitri sebelum kopit. Semua bahagia, semua orang pulang kampung, semua kumpul tanpa rasa takut.

Malam takbir gue cuman di kamar, scroll twitter bacain postingan orang orang. Ya, segabut itu.

Cuman scroll twitter, nonton youtube sama baca wattpad. Tapi gue berhasil tanpa sadar begadang sampe jam tiga pagi, padahal jam setengah enam gue udah harus ke pondok buat sholat ied bareng jamaah lain.

Dan, ketemu Adimas pastinya.

Entah, gue cuman ngerasa kayak ini tuh pertemuan terakhir sebelum perpisahan panjang gitu(?)
Ya gue yakin aja sih, dia pasti besok sibuk entah apa dan gue juga punya kesibukan gue sendiri.

Gue, mak bapak sama dua curut ke pondok naik 2 motor bareng. Gue ofc pasti bawa motor sendiri boncengin emak, sementara dua curut bonceng bapak pake motor supra bersejarah.

Ini udah jam enam lebih, tapi gue sama emak bingung sendiri kok gaada jamaah perempuan. Dan juga sepiii banget, cuman ada orang orangan pondok.

Gue liat motor butut Adimas, tinggalan dari emaknya setahu gue. Dengan begitu Adimas udah di pondok berarti.

Untung aja gak lama rombongan buibu mulai berdatangan. Pantes aja lama sih menurut gue, menor menor soalnya.. 😔

Bapak ngambil mic dan mulai takbir, suaranya serak nahan nangis. Ah.. bapak bilang entah kenapa merasa sedih banget lebaran kali ini, lebih daripada tahun lalu.

Setelah solat ied dan ceramah, kita semua saling jabat tangan sesama perempuan dan sesama lelaki. Banyak banget yang nangis, gue kan jadi meler hikd.

Rombongan santri kompak semuanya pake sarung item, baju koko putih sama peci item. Kan damage nya- MASYAALLAH 😭

Gue baru sekali ini liat anak pondok full semua santri ada, astagfirullah kasian jantung gue serius.

Kampretnya, selesai jabat tangan mereka serempak ngaso di parkiran. Bahkan gue liat Satria duduk diatas motor gue tadi, dan Adimas ada di belakangnya.

Ganteng banget serius, kalo boong santet aja aku.

Hushh udah mopon kok, udah 😭

Karna motornya ada dibelakang, gue mintol si bapak buat ngeluarin motornya. Mana banyak santri gitu kan, nnti maloeee.

Gue nunggu sambil bales salamin buibu yang lain. Gak nyadar kalo bapak udah standar in motor gue dan hidupin langsung. Gue masih asik jabat tangan jadi kaget pas Satria sama Adimas teriak manggil gue.

Ternyata tuh motornya udah siap, tinggal jalan.. KAN MALU ANJIR.

Ya Allah si bapak kenapa naruh motornya disitu sih, di kerumunan santri 😭.

Gue jalan sambil nunduk dan jalan cepet buat ngambil motornya. Adimas senyum, bye world gue pingsun.g

Sebelum gue ninggalin pondok, gue beraniin diri liatin Adimas yang sama juga ngeliatin gue.

Banyak banget kenangannya, makasih Adimas. Sampai jumpa entah ke berapa banyak waktu yang bakal terlewati. Gue ga nyesel pernah secinta itu sama lo. Untuk yang kesekian kalinya Adimas, GUE SAYANG LO! GAMAU TAU POKOKNYA LO HARUS BAHAGIA! HARUS!

anj malu, santri lain ngeliatin sambil ngejek. dahlah pulang aja gue, nyiapin mental buat sungkeman sama bapak 😔.

Untuk yang terakhir, ilysm Adimas.. thanks.

_____
FIN

Catatan Ramadhan | Adimas
epilog

13 Mei 2021

[2] Catatan Ramadhan | Adimas (✓)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang