Ujian, Rapor, dan Kenaikan Kelas

194 118 47
                                    

Minggu besok ujian semester di mulai,dan dari jauh jauh hari, gue liat udah banyak yang mulai belajar, rajin ke perpustakaan,walau ada juga yang masih santai santai kayak gue.

Sejujurnya karna gue ngerasa tersaingi, gue berencana mulai hari ini bakal rajin belajar,biar ngak malu maluin jadi anak pindahan.

Oh yaa, akhir akhir ini gue deket sama Seno. Dalam artian teman sekelas yaa, karna kita sering bahas soal matematika bareng, ternyata Seno ini dulunya masuk kelas MIPA tapi tau tau pindah kelas IPS ntah bagaimana ceritanya.

Dia masuk golongan orang yang sama kayak gue, walau di kelas IPS tapi suka mapel matematika.

Sekarang gue lagi debat sama dia,karna kita berdua tadi beselisih paham mengenai jawaban bilangan eksponen yang pada awalnya biasa biasa saja namun semakin kesini kok soalnya tambah rese yaa?. Gue sama dia memiliki jawaban yang berbeda tapi ngak ada satupun jawaban kita ada di obsen A B C D E nya, kan ngeseli...

Tiba tiba Zaza nimrung,"ihh itu tu gini loh caranya".

Dan yaa Zaza jelasin panjang kali lebar ke gue sama Seno buat kita paham.

Gue jadi iri sama Zaza.

Dia anaknya diam diam aja, tapi pinter. Kayaknya Zaza bakal jadi saingan gue deh sama kayak Seno.

Kalau Rere, dia udah nyerah untuk matematika, makanya dia masuk IPS. Tapi jangan salah tu anak, kalau ngafal kuat bener.







Ujian sudah dimulai,hari demi hari gue habisin buat belajar dan bahas bahas soal. Kadang kalau ngak paham gue nanya Seno, Zaza, ataupun Rere.saat sebelum bel masuk tiba. Kita jadi kompak aja.buat memperdebatkan suatu materi yang tau tau ngak keluar di ujian. Udah capek capek mempelajarinya, ngafal ehh ngak masuk soal, mana tadi pake acara berdebat segala.

Dipenghujung ujian gue rasanya udah mau nyerah aja deh.

Emang gitu kalau gue, awalnya aja rajin belajar, akhir akhir ujian udah deh, kumat malasnya.





Gue udah bernegatif thinking aja kalau gue ngak bakalan masuk peringkat kelas.

Yaa gimana yaa...

Otak gue kapasitanya terbatas deh

Belum lagi, mikirin saingan saingan gue, yang mana semua pada pinter pinter. Yang padahal itu tu sebenarnya ngak penting. Yang penting itu tunjukin aja kemampuan diri kita sendiri.


Dua minggu setelah ujian sudah terlewatkan, dan ini adalah saat saat dimana pembagian rapor.

"peringkat satu diraih oleh.... Reno"hal itu sontak buat gue melongo, pasalnya si Reno ini ngak ada tu keliatan belajar belajarnya, dia juga waktu unjian berisik amat, liat kanan kiri, tidak mencerminkan siawa pintar.tapi apa boleh buat ada sebagian orang yang udah terlahir pintar.beda sama gue yang harus usaha keras dulu.

Rere peringkat kedua walau nilai matematiaknya merah. Tapi bahas inggrisnya mencetak rekor nilai tertinggi sejurusan.

Diposisi ketiga ada Dena. Gue ngak terlalu tau tentang Dena,karna kita ngak pernah deket, cuma kayak dua orang yang setiap hari bertemu dikelas yang sama.

Dan gue mendapat peringkat keempat. Kecewa?
Hmm sedikit. Karena biasanya dulu gue juara satu atau dua, tapi sukur sukur gue masuk lima besar.

Diperingkat kelima ada Zaza, dan peringkat keenam velin, Seno peringkat ketujuh,Yaya peringkat delapan, Lilin sembilan, dan Wozi sepuluh.







Dirumah.
"kok bisa peringkat empat kak? "tanya bunda. "ya bisalah bun, namanya juga kehendak yang maha kuasa"jawab gue asal.

"udah udah, ngak papa, lagian kan ayi lagi masa penyesuai di SMA Satu Bangsa bun"uhh ayah ku... Memang paling pengetian deh.

"besok ni harus ditingkatkan lagi yaa kak,buktikan kalau anak ayah ini hebat"katanya memberi gue semangat. Gue ngangguk.

Libur semester pun tiba, dan cuma gue habisin buat rebahan dan ngebabu di rumah.

Selama libur sekolah gue tuh udah kayak emak emak, yang bersihin rumah tiap hari,mana sering pake baju daster lagi. Tinggal suaminya aja yang kurang.

Diam-diam SukaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang