Hadis atau dalam bahasa Arab disebut Hadits (sunnah) merupakan perkataan, perbuatan, ketetapan, dan persetujuan Rasulullah SAW yang digunakan sebagai landasan syariat Islam. Ada banyak sekali hadits peninggalan Rasulullah SAW. Namun, ada 40 hadits pendek yang dapat kita ketahui dan menjadi pegangan hidup.
Apa saja kumpulan hadits pendek yang wajib kita ketahui tersebut? Simak daftar hadis beserta artinya berikut ini.
1. Hadits Imaniat
Canva.com, Edited by Romi Subhan
Hadits Imaniat adalah hadis yang berisikan tentang keimanan atau kepercayaan kepada Allah SWT. Apa saja Hadits Imaniat?
الَدِّيْنُ يُسرٌ
"Ad diinu yusrun." (HR Bukhari)
Artinya: "Agama itu mudah."
نمَا الأعْمَالُ باِلنِّيَةِإِ
Advertising
Advertising
"Innamal a'maalu bin niyyaat." (HR Bukhari)
Artinya: "Setiap amal sesuai dengan niatnya."
لاَ تَقُومُ السَّاعَةُ عَلَى أَحَدٍ يَقُولُ : اَللهُ اَللهُ
"Laa taquumus saa'atu 'alaa ahadin yaquulu Allah... Allah..." (HR Muslim)
Artinya: "Tidak akan datang kiamat selama masih ada yang mengucap Allah... Allah..."
الَدُّعَاءُ مُخُّ اْلِعبَادَةِ
"Ad du'aau mukhkhul ibaadah." (HR Tirmizi)
Artinya: "Doa adalah inti ibadah."
اِتَّقِ اللَّهَ حَيْثُ مَا كُنْتَ
"Ittaqillaha haitsu maa kunta." (HR Tirmizi)
Artinya: "Takutlah kepada Allah dimana saja kamu berada."
لدَّالُّ عَلَى الْخَيْرِ كَفَاعِلِهِا
"Ad daallu 'alal khairi kafaa'ilihi." (HR Tirmizi)
Artinya: "Orang yang mengajak kebaikan mendapat pahala yang sama dengan orang yang diajaknya."
مَنْ تَشَبَّهَ بِقَوْمٍ فَهُوَ مِنْهُمْ
"Man tashabbaha bi qaumin fa huwa min hum." (HR Abu Daud)
Artinya: "Barangsiapa menyerupai suatu kaum, maka ia akan digolongkan sebagai kaum tersebut."
مَنْ بَنىَ لِلّهِ مَسْجِدًا بَنىَ اللهُ لَهُ بَيْةً فِي الجَنَّةِ
"Man banaa lillahi masjidan banallahu lahuu baytan fil jannah." (HR Muslim)
Artinya: "Barangsiapa membangun masjid karena Allah, maka Allah akan bangunkan rumah baginya di dalam surga."
YOU ARE READING
Info Islam. Yuk Hijrah
Ficção AdolescenteBerisi konten Islam di kehidupan sehari hari. Berbagi ilmu... yuk Hijrah temen temen