Chapter 4 - Pramuka Siaga.

18 5 2
                                    

Pramuka Siaga.

"Hari pertama kegiatan pramuka siaga dengan kabar yang baik bagi seorang Faghirah mantan anak kecil, Faghirah menjadi ketua regu yang diberi nama regu bunga tulip".

Tiba lah saatnya kegiatan pramuka dimulai di hari Minggu (kegiatan pramuka dilakukan diluar jam sekolah). Pertemuan diawali di dalam ruang kelas untuk saling mengenal satu sama lain. Antara siswa siswi yang ada di ruang kelas dengan guru pengajar kegiatan pramuka. Perkenalan pertama di awali dengan sapaan terlebih dahulu lalu perkenalan nama oleh guru pengajar pramuka.

"Hallo semuanya. Apa kabar? " sapaan awal dari guru pengajar pramuka laki-laki.

"Halloooo, baik Pakkkk" sautan seluruh murid di dalam ruang kelas.

"Kalau Saya bilang hallo kalian jawab hay. Kalau Saya bilang hay kalian jawab halo. Dan kalau Saya bilang hay hay hay kalian jawab hallo hallo hallo begitu seterusnya. Bisa di mengerti?".

"Mengerti Pakkkkk" dengan rasa semangat semuanya menjawab mengerti.

"Oke Saya mulai ya. Halo?".
"Hayyyyyy".
"Hay? ".
"Halloooo".
"Hay hay hay?".
"Halloooo halloooo hallooo".
"Hay hay hay apa kabar? ".
"Hallooo hallooo hallooo baik Pak".

"Alhamdulillah kalau baik. Tepuk tangan dulu untuk kita semua. Luar biasa semangat kalian" bertepuk tangan melihat semangat dari siswa siswi di ruang kelas tersebut.

Etssss, sebelumnya udah ada yang tau belum nama Saya dan Bu guru yang di sebelah Saya ini?" sapaan oleh Guru Pengajar Pramuka masih dengan orang yang sama.

"Belum Pak" Faghirah, Mia dan gengnya secara kebetulan menyaut bersamaan dan murid yang lain tidak bersuara melainkan hanya menggelengkan kepalanya.

"Oke, baik. Sebelumnya Saya dan Ibu Guru cantik yang sebelah ini akan memperkenalkan diri terlebih dahulu. Saya Pak Cik dan Ibu guru cantik yang disebelah Pak Cik ini Bunda. Jadi, kalian semua bisa panggil Saya Pak Cik dan Bunda. Bisa dimengerti?" sang guru pengajar pramuka memperkenalkan diri di depan kelas.

"Mengertiiiii Pakkkkk" siswa-siswi semua mengerti.

Setelah perkenalan dari guru pengajar pramuka selanjutnya perkenalan masing-masing siswa di tempat duduknya masing-masing. Dimulai dari ujung depan sebelah kiri terus ke samping kanan dan memutar terus hingga berakhir di ujung belakang sebelah kanan dari arah hadapanya siswa-siswi duduk.

***

Perkenalan di dalam kelas selesai dan selanjutnya bersiap-siap membawa alat tulis untuk menuju ke lapangan untuk tes fisik dan sedikit materi yang akan disampaikan di tengah teriknya matahari pada saat itu jam menunjukkan 13.00 WIB siang. Semua menuju kelapangan untuk berbasis membentuk dua bagian yang mana terdiri dari regu putri dan regu putra. Regu putri yang akan di bina oleh Bunda. Regu putra yang akan di bina oleh Pak Cik. Lalu, setelah terbentuk dua bagian putri dan putra, dibentuk lagi dua regu dari regu putri dan dua regu dari regu putra. Yang mana satu regu putri terdiri dari sepuluh anggota dan satu regu putri lagi terdiri dari sembilan anggota. Sedangkan regu putra seimbang kedua regu terdiri dari sepuluh anggota. Saat itu Faghirah dan Mia tidak satu regu. Yang mana Faghirah masuk ke dalam regu yang beranggotakan sembilan sedangkan Mia regu yang beranggotakan sepuluh. Yang mana anggota Mia tidak lain satu gengnya. Tampak sekali terlihat dari dua regu yang sedari awal memang tidak pernah menyatu yang mana Mia tidak suka akan kehadiran Faghirah sang mantan anak kecil tersebut di kelas. Ditambah lagi Faghirah ikut bergabung kegiatan pramuka. Semakin menjadi lah ejekan kepada Faghirah mantan anak kecil tersebut.

"Oke, semua sudah sesuai dengan barisan masing-masing. Teruntuk regu putri dengarkan arahan dari Bunda! Fokus apa yang Bunda sampaikan ke kalian semua. Paham?" aba-aba dimulainya tes fisik di tengah teriknya matahari dari Bunda untuk fokus dalam kegiatan pramuka.

"Pahammm Bundaaa..." semua murid menjawab paham dengan lantang meskipun di tengah terik matahari.

"Oke. Bagus. Dari kedua regu yang telah dibentuk. Bunda mau kalian berdiskusi siapa yang akan menjadi ketua regu kalian masing-masing dan apa nama lambang regu kalian masing-masing beserta maknanya. Nama regu ambil dari nama bunga; semisal regu bunga matahari melambangkan bersinar sepanjang masa dan seterusnya. Kalian mengerti sampai sini?" arahan Bunda yang sangat tegas.

"Mengerti Bundaaaa" dengan lantang kedua regu putri menyaut.

"Bunda akan kasih waktu kalian untuk diskusi membuat lingkaran per masing-masing regu dan jangan lupa dicatat dalam kertas satu lembar. Dan ketika sudah selesai serahkan ke Bunda dalam waktu 10 menit dari sekarang!!" dengan tegas Bunda mengarahkan semua anak didiknya itu.

Setelah itu berembuk lah kedua regu putri dengan membentuk lingkaran untuk berdiskusi.

***

Waktu diskusi 10 menit pun berlalu. Dan tiap regu menyerahkan hasil diskusi selembar kertas yang telah ditulis. Perwakilan regu membacakan hasil ke depan. Dan hasilnya regu yang ada Faghirah di dalamnya semuanya sepakat Faghirah menjadi ketua bahkan teman satu meja nya pun yaitu Ayu Lestari sangat setuju Faghirah mantan anak kecil menjadi ketua regu. Dan regu yang di ketuai oleh Faghirah mantan anak kecil diberi nama regu bunga tulip dengan makna keceriaan, persahabatan yang erat. Sedangkan regu yang ada di dalamnya Mia beserta satu gengnya itu tidak lain di ketuai oleh Mia yang diberi nama regu bunga mawar yang memiliki makna cinta sesama.

"Selamat kepada Faghirah dan Mia yang telah terpilih menjadi ketua regu. Untuk kedua ketua regu maju kedepan barisan" Bunda memberikan selamat dan salam kepada kedua ketua regu putri yang terpilih.

"Terima kasih Bu" kebetulan mereka menyaut secara bersamaan dengan menunduk menyalami tangan Bunda.

Tidak disangka-sangka begitu percaya nya teman-teman Faghirah terhadapnya sehingga terpilih menjadi ketua regu. Faghirah mantan anak kecil pun saat itu berkaca-kaca dan ingin segera pulang menyampaikan kabar baik ini kepada kedua orang tuanya. Karena kegiatan pramuka belum selesai, Faghirah harus menyelesaikan kegiatan pramuka hingga akhir. Selanjutnya, pemberian materi awal dari Bunda mengenai pramuka siaga yang mana ada tiga tingkatan yang pertama mula, bantu dan tata. Dan materi kedua pada hari itu mengenai pramuka siaga memiliki dua kode kehormatan yang wajib tau bagi pramuka siaga yaitu Tri Satya dan Dasa Darma. Dan materi ketiga yang mana materi akhir di hari pertama yaitu mengenai seragam pramuka siaga dibagi menjadi dua jenis yaitu seragam pramuka putri dan putra dilengkapi dengan atribut.

Setelah semua telah selesai di jelaskan oleh Bunda. Bunda memberikan tugas kepada masing-masing individu untuk menghafal Tri Satya dan Dasa Darma. Pertemuan berikutnya (minggu depan) semua sudah wajib menghafalnya begitu ujar Bunda.

Dan selepas itu semua bersiap-siap untuk balik kerumah masing-masing. Karena hari sudah jam 17.00 WIB sore. Faghirah bergegas pulang untuk melakukan kegiatan rutinnya yang dilakukan selepas dari pulang sekolah atau kegiatan sekolah.

***

#FDWMChallenge #WALxSPA2021

Portrait Of Life A Muslimah [Tamat]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang