Tidak Selalu Indah, Inilah 5 Fakta Tentang Kehidupan Di Korea Selatan

2 2 0
                                    

Musik, drama, film, hingga budaya tradisional Korea Selatan seakan menjadi milik dunia saking banyaknya orang yang terus-menerus mengelu-elukan kehidupan di negeri ginseng ini. Namun perlu diketahui, segala tentang Korea Selatan tidak selalu indah.

Banyak orang yang mengatakan bahwa drama Korea yang selalu ditonton oleh masyarakat Indonesia selalu memotret Korea Selatan dari sisi baiknya saja. Ternyata tidak. Banyak fakta tentang kehidupan di Korea Selatan yang tidak indah juga terpotret di dalam drama.

Mulai dari standar kecantikan yang memaksa semua orang harus tampil sempurna hingga praktik bullying yang selalu meresahkan.

1. Misaeng dan budaya ppali-ppali.

Ppali memiliki arti cepat diartikan secara literal dalam bahasa Indonesia. Ya, sesuai dengan namanya, budaya ppali-ppali adalah budaya supaya semua orang bergerak dengan begitu cepat karena orang Korea Selatan tidak suka menunda waktu, seperti halnya budaya di Jepang.

Fakta tentang kehidupan di Korea Selatan yang satu ini terpotret dalam drama Korea berjudul Misaeng. Drama ini sebenarnya menceritakan seseorang yang hanya lulusan SMA paket C yang mencoba bekerja di perusahaan ekspor terkenal. Ia yang memang terlambat dan berbeda dari rekan lainnya dituntut untuk selalu cepat supaya tidak tertinggal lebih jauh lagi.

2. Operasi plastik yang sudah lazim dalam My Id Is Gangnam Beauty.

Selama ini banyak anggapan bahwa semua artis di Korea Selatan, baik penyanyi maupun pemain perannya, melakukan operasi plastik karena penampilan wajah mereka yang selalu tampak "tanpa cela." Itu tidak benar. Namun, bagian tentang "operasi plastik lazim dilakukan di Korea Selatan" adalah benar adanya.

Masyarakat Korea Selatan menganggap bahwa lebih baik melakukan operasi plastik dibanding hidup dengan wajah yang tidak enak dipandang. Fakta tentang kehidupan di Korea Selatan ini terpotret dalam drama My Id Is Gangnam Beauty.

Sebenarnya, Gangnam Beauty sendiri adalah julukan untuk orang yang tampil cantik dari hasil operasi. Seperti yang diketahui, Gangnam merupakan daerah paling glamor di Seoul dan banyak praktik operasi plastik legal di sana.

3. Bullying yang merajalela seperti di Beautiful World.

Bullying menjadi masalah serius di Korea Selatan. Mirip seperti Jepang, Korea Selatan juga tercatat dengan angka kematian akibat bunuh diri. Bunuh diri ini terefleksi karena adanya perundungan sehingga mental seseorang tersakiti dan akhirnya memilih untuk mengakhiri hidupnya.

Praktik bullying ini banyak terpotret dalam drama Korea, salah satunya adalah Beautiful World. Dengan alur yang mengisahkan tentang seorang siswa yang koma setelah terjun dari gedung sekolah dengan tuduhan dirundung ini seperti usaha untuk menyentil Korea Selatan bahwa kejadian tersebut nyata adanya.

4. Sky Castle sebagai potret standar akademik yang terlalu tinggi.

Sky Castle banyak dibicarakan di sosial media sejak kemunculan pertamanya di tahun 2018 lalu. Fakta tentang kehidupan di Korea Selatan sangat mengkotak-kotakkan status sosial mereka.

Status sosial tersebut tercermin dari bagaimana tingginya pendidikan akademik mereka. Semakin terkenal sekolah yang mereka masuki, semakin hebat status mereka di masyarakat. Inilah yang membuat pelajar di Korea Selatan sudah terbiasa untuk mengikuti les hingga tengah malam karena bagi mereka, nilai akademik adalah segalanya.

Dibanding dengan di Indonesia yang berangkat sekolah sejak pukul 07.00 pagi, di Korea Selatan memang lebih siang sehingga terlihat lebih santai. Namun, diluar perbedaan itu, Korea Selatan lebih ketat dalam penuntutan kesempurnaan nilai pelajar sehingga banyak murid yang merasa stress karena tuntutan tersebut.

5. True Beauty dan standar kecantikan Korea Selatan.

Seperti halnya fakta tentang kehidupan di Korea Selatan mengenai operasi plastik di atas, fakta satu ini juga berkaitan mengenai standar kecantikan. Menjadi negara dengan industri kreatif besar di dunia memang membuat Korea Selatan semakin meningkatkan standar penampilannya supaya selalu terlihat apik d mata dunia.

Tidak heran jika semua orang di Korea Selatan baik perempuan maupun laki-laki, mengenakan riasan untuk menunjang penampilannya. Standar ini digambarkan dengan jelas di drama berjudul True Beauty yang didalamnya juga terdapat konflik mengenai bullying akibat tokoh utama memiliki wajah yang tidak sesuai dengan standar kecantikan masyarakat.

FAKTA FAKTA TENTANG KOREA✓Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang