Mau pakai 'tema' gak, sih?

895 134 87
                                    

Haloh, kembali lagi bersama Grassmin yang cetar membahana di lapak ini.

Sebelum Grassmin buka lapak, Grassmin mau nanya. Kalian kepo gak, sih, sama akun sosmed pribadi Grassmin?

Kalau dibagi, mau polow gak, sih? Kasian, loh, akun Grassmin sepinya ngalahin kuburan. Padahal Grassmin di sini pemes😭

Grassmin tunggu jawaban kalian, ya.

Oke, untuk perkara 'tema' yang disenggol banyak di judul kali ini, seperti yang pernah Grassmin bilang, kalian mau gimana?

Untuk event sebelumnya, baik itu event seleksi naskah maupun GMG, tidak pernah mengkhususkan tema apa pun.

Nah, bagaimana dengan tahun ini?

Apa kalian ingin, di event selanjutnya, kita mengkhususkan sebuah tema?

Atau malah ingin tidak menggunakan tema apa pun agar bebas mengajukan naskah jenis apa saja?

Sebelum kita putuskan ingin menggunakan tema atau tidak, Grassmin mau menjelaskan perihal tema yang akan menjadi ketentuan, jika banyak penulis yang menginginkannya.

1. Tema akan memiliki poin penilaian paling tinggi dari seluruh aspek penjurian.

Misal, tema yang diambil adalah CEO. Maka penulis harus piawai dalam memaparkan bagaimana pekerjaan, keseharian, rutinitas seorang CEO.

Bukan hanya perihal kehidupan mewah dan penuh romansanya, tapi perjuangannya dalam menjalankan perusahaan.

2. Tema yang akan diambil adalah topik universal, yang pasti dimiliki oleh setiap naskah cerita. Penulis bebas pilih ingin ambil topik apa saja, tinggal dalami dan aplikasikan ke dalam cerita.

Menurut kalian, selain tema pekerjaan, apa saja tema universal lain yang bisa dijadikan ketentuan?

3. Jika kita menggunakan tema dalam event selanjutnya, secara otomatis, sebagian besar dari kalian akan melakukan pembuatan naskah baru atau perombakan naskah lama untuk memberikan detail tema yang kita tentukan.

Nah, dari penjelasan di atas, sekali lagi Grassmin tanya, kalian mau pakai tema atau tidak?

Oh, tolong vote di feed sama story IG grassys.friend, ya. Buat perkara tema.

Kita bener-bener mau tahu pendapat kalian, lhooo.

GMG WRITERS 2022Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang