Jaemin menghela nafasnya gusar. Jam di tangan udah nunjukkin pukul sepuluh. Yang artinya, ini udah waktunya bagi mereka buat istirahat. Tapi daritadi dia enggak ngeliat satupun temen-temen kos nya ngibrit ke kantin buat makan. Apa diem-diem mereka ini ninggalin Jaemin dan justru malah milih buat nongkrong di lapangan?
Tapi serius, Jaemin rasa hal itu tuh enggak mungkin dilakuin sama Han. Mau gimanapun, dari semenjak SMP, cowok dengan pipi layaknya tupai itu sama sekali enggak pernah lewatin makan di kantin buat ngabisin waktu istirahat. Malah Han mungkin bakalan yang paling semangat mengingat dulu masih jam pelajaran aja, dia udah ngibrit lari ke kantin dengan dalih kelaperan.
"Wah, ini sih gue ditinggal." Jaemin mencibir kesal.
Baru aja dia mau jalan pergi dari kantin buat nyamperin Han yang sekelas sama Hyunjin dan Jeno, tetapi langkahnya berhenti waktu netra memandang sekumpulan orang di lorong sekolah. Kedua alis cowok mirip Dilan itu saling bertaut heran. Apa nih rame-rame?
Jaemin mengurungkan niatnya buat ke kelas tiga kecebong itu dan mutusin buat membelokkan langkah ke sekumpulan orang yang tampak berseru heboh nyautin nama jagoan yang mereka pilih.
"Ada apa sih?" Jaemin coba jinjit sedikit buat mastiin siapa yang ada di tengah-tengah lingkaran para siswa itu. Posisinya yang ada di belakang ngebuat Jaemin agak kesusahan. "Ah anjir, ada apasih?!" dia nge-gas kemudian sambil dorongin siswa-siswi itu buat menyingkir karena terlalu emosi gak ada yang mau ngasih dia jalan sedikitpun.
"Oh?"
Keheningan melanda, bergitu juga dua cowok yang lagi asik baku hantam di tengah. Ketiganya saling pandang satu sama lain, sebelum akhirnya Jaemin kembali berbalik untuk keluar dari kerumunan tersebut dengan muka penuh emosi. Di seberang Jaemin, cowok itu liat ada Seungmin, Renjun, Han, Haechan, dan juga Felix lagi nyorakin.
Ya gimana ya,
Bukannya Jaemin baperan,
Cuma nih ya,
Ditungguin daritadi di kantin, ternyata mereka asik nontonin pergelutan Jeno sama Hyunjin yang rebutin kakak kelas cantik.
"ZELVIIIIINNN."
Jaemin mendelik sebal ke arah si pemanggil. Itu Haechan yang nyoba ngejar dan raih tangan dia walaupun akhirnya ditepis lagi sama si cowok. Posisinya sekarang mereka yang jadi pusat perhatian karena keliatan kayak lagi india-indiaan di mana Jaemin jadi si cewek yang lagi kecewa sama pacarnya.
Ya, begitulah.
"JANGAN SENTUH AKU!" Jaemin menyahut ketika Haechan sekali lagi berusaha raih pergelangan tangannya. Dia nyilangin kedua tangan di depan dada seolah temen kost-nya itu mau ngelecehin. "AKU BENCI SAMA KAMU! JANGAN SENTUH!"
Haechan menutup mulutnya dengan dramatis seolah gak percaya sama respon enggan dari Jaemin. Mendramatisasi keadaan, Haechan coba gerakin tangannya untuk sentuh Jaemin lagi. "Aku bisa jelaskan! Dengarkan aku Adinda!"
Tapi lagi Jaemin tepis tangan Haechan. Dia pojokin dirinya ke dinding sambil geleng-gelengin kepala dramatis. "Enggak! Aku benci sama kamu! Apa lagi yang mau kamu jelasin????"
Enggak jauh dari Jaemin dan Haechan yang lagi memainkan peran dengan dramatis, Jeno udah beralih jadi pedagang kaki lima yang nyodorin cilok sebungkus ke arah penonton. Dengan muka watados, dia bilang, "Ciloknya? Beli dua, gratis satu. Lumayan buat nonton drama."
Tapi anehnya ada aja yang beli. Padahal tadi Jeno enggak jualan cilok sama sekali.
"Berisik banget perasaan." Shuhua yang baru aja balik dari perpustakaan bareng Chuu langsung berhenti tepat di samping Jaemin sama Haechan. Tatapan menusuk khas cewek itu sama sekali gak berubah, natap aneh ke arah dua cowok yang masih drama layaknya pasangan kekasih. Dia mendecih kasar. "Manusia jaman sekarang demen banget nge-homo, ya?" celetuknya jijik, membuat seluruh atensi siswa berfokus padanya.
Shuhua memang udah dikenal sama mulut pedesnya semenjak MOS. Cewek itu sama sekali gak bisa nahan apa yang mau dia keluarin dari kepalanya, sekalipun itu bentuk rasa enggak suka sama lawan bicara. Tapi anehnya, dia justru malah temenan deket sama Chuu yang punya sifat berbanding terbalik. Chuu-nya juga mau-mau aja padahal Shuhua pun sering bilang kata-kata jahat ke dia.
Cewek itu bukan antagonis, tapi sifatnya memang keliatan kayak antagonis. Serius, Shuhua bukan antagonis yang bakalan nyelakain pemeran utama layaknya cerita dongeng berakhir bahagia. Memang dasarnya sifat Shuhua nya aja begitu. Mau gimana lagi?
Meski enggak bisa nge-rem bibirnya, Shuhua masih tau yang namanya sopan-santun dan rasa hormat ke yang lebih tua. Kalau sama temen seangkatan apalagi temen sekelas sih, ya bodo amat.
"Wah, Arsha bertingkah lagi."
Bisikan itu yang pertama kali Jeno denger. Entah kenapa, dia rasanya agak enggak suka sama bisikan-bisikan jelek tentang si cewek setelahnya. Pengen sih Jeno sumpel mulut mereka sama cilok yang dia pegang, cuma kayaknya kebanyakan yang bisik-bisik begitu. Ciloknya gak cukup. Mending buat sumpel mulut sendiri.
Tapi Jeno sendiri sebenernya agak heran. Kok bisa orang-orang bilang hal jelek ke seseorang yang bahkan enggak mereka kenal sedikitpun? Walaupun ragu, Jeno yakin, Shuhua ini sebenernya cewek baik yang manis. Buktinya Chuu aja nyaman temenan sama dia.
"Caper gak sih dia tuh?"
Kening Jeno berkerut heran. Dia noleh ke kanan dan kiri untuk nemuin orang yang bilang begitu, tapi netranya sama sekali enggak bisa nemuin karena kelelep sama murid-murid lain.
Manusia tuh cangkemnya emang enggak bisa di rem. Cuma rasanya, modelan Shuhua lebih baik daripada yang ngomongin kejelekan di belakang.
"Caper sih menurut gue. Liat aja, dia mau narik perhatian Zelvin sama Radit. Secara emang mereka 'kan ganteng."
Oke, Jeno muak. Rasanya agak bikin perut mual karena orang-orang nyangka kalau Jaemin dan Haechan itu ganteng. Maksud Jeno tuh, coba liat lebih baik.
Gantengan juga gue dimana-mana, pikir Jeno.
"Zelvin, Radit!" Hyunjin manggil kedua cowok itu yang mulai asik nge-godain Shuhua. Shuhua sendiri sama sekali gak nampilin ekspresi apapun selain ekspresi enggak suka terpatri di wajah cantiknya. Begitu mereka noleh, Hyunjin kembali berujar, "Kantin enggak? Lama ah lo. Perut gue udah keroncongan."
Denger ucapan Hyunjin tentu ngebuat amarah Jaemin makin menggebu. Sambil angkat sebelah sepatunya tinggi-tinggi, Jaemin ngejawab, "Bilang lo sekali lagi!"
Hyunjin jadi keheranan ngeliat tingkah Jaemin. "YA KE KANTIN????"
"GUE NUNGGUIN LO SEMUA DARITADI DI KANTIN, MALAH SIBUK BERGELUT. LO PIKIR GUE GAK EMOSI???"
"SALAHIN JIO LAH, ANJIR."
Jeno menoleh dengan cepat menatap Hyunjin yang nunjuk-nunjuk dia. Kebiasaan! "Awas aja lo ya, Nan. Gue kunciin lo di luar," cibir Jeno pelan sambil natap Hyunjin dengan dengki.
"Arsha sama Harsa juga ayo ikut ke kantin." Kini Han yang bersuara. Ditariknya pergelangan tangan Chuu untuk ngikutin langkah dia, mengabaikan Shuhua yang berkerut enggak suka ngeliat cewek manis itu di pegang-pegang cowok modelan Han.
Belum sempet Chuu melangkah, tangannya kembali ditarik sama Shuhua. Sengit, cewek itu natap Han. "Enak aja lo bawa-bawa Harsa. Pergi duluan lo sana."
"Tapi lo berdua ikut, kan?" Han tatap Shuhua harap-harap cemas. "Ikut, kan????" belum sempat direspon, Han kembali bertanya dengan penekanan nada pada tiap katanya. Hal itu ngebuat Shuhua mau enggak mau mengangguk menyetujui.
Pada akhirnya, kedelapan cowok itu dan dua cewek yang lain mulai melangkah kembali ke kantin meskipun banyak protes dari Jaemin yang masih ngambek.
:::
KAMU SEDANG MEMBACA
Gone Days
Fanfiction"Kiw, kiw, cewek bohay tuh." "JINNANJING, LO KEMANAIN BONEKA PORORO GUE?!" "Bacot banget sih, heran." "Ya Allah, betapa tampannya makhluk di dalam cermin ini." "Waras bentar bisa?" "Wa ada fitur baru yang kalau di geser ke samping bisa langsung nge...