Part 2

3K 149 1
                                    

Azwar POV:
Gak lama gurupun masuk dan focus guru gue langsung ke pecahan kaca yang ada di depan kelas.

"Ini kenapa kacanya pecah? Siapa yang mecahin? Kalian baru hari pertama udah mecahin kaca, siapapun yang merasa mecahin cepat bereskan ini sekarang juga!" Ibu guru ngomong dengan nada tinggi tapi semuanya memilih untuk tetep diam ditempat duduknya masing-masing. Karena gak ada yang bergerak termasuk Nala, akhirnya gue yang berdiri dan inisiatif buat bersihin kaca yang pecah itu.

Gue maju kedepan dan mungutin satu persatu pecahan kaca itu.

"Kamu yang pecahin kaca ini Azwar?" Tanya Ibu guru yg ngeliat gue lagi mungutin pecahan kaca.

"Iya bu" jawab gue singkat lalu gak dibales lagi sama guru gue. Gue terpaksa bohong karna kalau gue jujur pasti masalahnya bakalan lebih panjang.

Gak berapa lama tiba tiba disamping gue muncul seseorang yang juga ikut mungutin pecahan itu, dan ternyata itu Nala tapi gue liat Ibu guru yang duduk di mejanya gak bereaksi apapun waktu ngeliat Nala ikut bantuin gue bersihin pecahan kaca itu.

Dan Nala? Dia diem, dia cuma mungutin pecahan kaca itu tanpa ngomong sepatah katapun sama gue.

Gue dan Nala ngumpulin pecahan kaca itu lalu sama-sama ngebuangnya ke tempat sampah yang ada di belakang sekolah.

Waktu cuma berdua sama Nala, gue memberanikan diri untuk bertanya sama dia

"Lo kenapa sih?" Tanya gue ke Nala yang sekarang ada di samping gue.

Nala cuma diem, dia mengabaikan pertanyaan gue dan jalan duluan mendahului gue, karena gue diabaikan dan dia udah jalan duluan, gue yang ada di belakangnya teriak

"Lo tuh udah nakutin semua orang, gak seharusnya lo gitu".

Nala berhenti jalan, lalu dengan jelas gue denger dia bialng

"Harusnya gue yang ketakutan, semua orang ngeliat tapi gak ada yang bantuin gue dan justru ngetawaiin gue. Kalau bukan gue yg nolong diri gue sendiri, lalu siapa lagi? Pengecut kaya kalian hanya akan buta saat menyaksikan kejadian seperti tadi" jawab Nala.

"Masalahnya tindakan lo tadi salah, mereka pasti akan balik lagi dan gak akan berhenti ngegangguin lo" gue coba ngomong baik baik ke Nala.0

"Lalu lo pikir tindakan yang bener itu gimana? diem aja saat diri sendiri dilecehkan?" Nala lalu jalan lagi ninggalin gue yang sekarang terpatung karena jawaban dia.

***

Gak kerasa hari ini udah hari ke 5 sekolah, gue udah lupaiin kejadian 5 hari yang lalu dan nyoba gak peduli, lagian bukan urusan gue.

Hari ini ada pelajaran olahraga. Seneng nih gue kalau pelajaran olahraga karna bisa bebas untuk sebentar dan bisa main futsal ama yang lain.

Di sekolah gue kalau pelajaran olahraga, dari rumah udah bisa langsung pake baju olahraga karna jadwalnya ada di jam pertama.

Semuanya kaya biasa, normal, sampai saat udah masuk jam ke 3 dan ganti pelajaran, semuanya harus ganti lagi ke baju seragam.

Semua cwe cwe pada bergantian pergi ke toilet buat ganti baju, tapi pandangan gue tertuju ke satu cwe yang dari tadi ngeliatin kebingungan dan kaya lagi nyari sesuatu.

Iya, cwe itu Nala. Dia seperti sedang mencari sesuatu ditasnya tapi gak ketemu.

Saat semua udah ganti baju, dan guru mau masuk, cuma Nala yang masih pake baju olahraga, otomatis focus guru jadi ke Nala, dan gurupun nanya,

"Nala, kenapa km gak ganti baju? Cepet sana ganti baju, kalau gak kamu keluar dari kelas Ibu! Kamu tau kan peraturan di sekolah ini?"

Nala cuma diem, lalu beberapa saat kemudian kedengaran suara riuh dari luar kelas, semua anak-anak dikelas gue jadi penasaran dan berhaburan ngeliat ke luar termasuk guru yang lagi ngajar di depan. Dan ternyata suara riuh dikarenakan ada satu baju seragam yang basah kuyup dan lagi di gantung di tiang bendera. Mereka semua yang ngeliat ketawa, tapi ada satu orang yang langsung nyamperin baju seragam itu.. orang itu Nala.

Dia sendirian ngambil baju seragamnya yang digantung di tiang bendera dan diliatin semua orang.

Gue ngeliat dari jauh ada satu gerombolan cwo yang lagi ketawa puas banget, dan gue liat gesture bibirnya dia kaya lagi ngomong "mampus" sambil ngacungin jari tengah ke arah Nala.

Gue ngeliat guru guru pada diem, bahkan guru yang ngajar di kelas gue juga gak bereaksi apapun, dan waktu Nala kembali ke kelas Guru di kelas gue justru ngomong "kamu pulang aja Nala, itu baju kamu basah".

"Tapi baju olahraga saya gak basah bu, saya bisa pakai ini" keukeh Nala.

"Peraturan di sekolah ini adalah memakai baju seragam saat jam pelajaran, dan ibu gak mau ngajar kelas kalau km belum ganti baju" tegas guru gue

"Pulang lu.. pulanggg, masa kita gak belajar cuma gara gara lu"
"Iya pulang sana pulang"

Semua yang ada di kelas gue bersorak dan nyuruh Nala pulang, Nala cuma diem, dia lalu ambil tasnya dan keluar dari kelas.

Besoknya, keadaan sekolah kembali seperti biasa, gue di kelas ketawa tawa sama temen temen gue, tapi ada satu meja yang ngebuat gue focus ke situ.

Mejanya Nala. Kosong. Bahkan sampai bel masuk berbunyi, gue liat kursi dia masih kosong. Mungkin gak sekolah karna trauma kejadian kemaren.

Jam pelajaran pertama dimulai, guru sejarah mulai ngejelasin materi tapi beberapa saat kemudian ada yang ngetuk pintu kelas gue, dan ternyata itu Nala.

Dia dateng dengan pakaian yang sangat lusuh, dan gue ngeliat diwajahnya kaya ada...

"Kamu kenapa telat?" Tanya guru ke Nala
"Tadi macet bu" jawab Nala
"Itu wajah kenapa? Kenapa ada kaya lebam gitu?" Tanya guru

Iya, lebam. Di pipi sebelah kiri ada lebam yang keliatan jelas banget.

"Saya kemaren jatuh naik sepeda bu" jawab Nala
"Saya boleh duduk bu?" Tanya Nala lagi

"Karna kamu telat, kamu berdiri dulu sana di depan tiang bendera sampai jam pelajaran ibu selesai, nanti kamu masuk lagi waktu jam pejaran yang lain udah mulai" tegas Ibu guru.

Nala dengan lesu keluar kelas lalu pergi ke arah tiang bendera.

Gak lama setelah Nala keluar dari kelas, gue denger pelan, dua temen kelas gue yang duduknya di depan gue persis pada bisik-bisik,

"Dia pasti lebam krn dipukul ama orang tuanya, di Sekolah aja kaya begitu, gimana dirumah? Pasti orang tuanya malu punya anak kaya dia"
"Tapi katanya dia anak orang kaya loh"
"Dih kaya apaan? Kaya monyet? Orang kaya mana ada yg dandanannya kaya gembel gitu"
"Iya sih.. hahaha"

Lalu mereka ketawa pelan. Gak nyangka gue, baru 6 hari sekolah tapi Nala udah dapet banyak hujatan.

Pelajaran sejarah selesai, Ibu guru sejarah keluar dan Nala masuk lagi ke dalam kelas.
Dia keliatan gak ambil pusing dengan apa yang barusan dia alamin dan ngelanjutin pelajaran selanjutnya kaya biasa.

***

Bel istirahat berbunyi, gue yang dari tadi agak pusing mutusin buat di kelas aja dan gak ke kantin tapi gak berapa lama gerombolan Alfa datang lagi. Anak kelas sebelah yang waktu itu pernah cium pipinya Nala.

Gue liat mereka menghampiri Nala yang lagi mau makan bekal makan siangnya. Si ketua geng, yang gue taunya namanya adalah Alfa. Dia duduk disamping Nala dan langsung ngerangkul Nala persis dilehernya, gue ngeliat Nala seperti agak tercekik.

"Gimana tangan lo? Udah sembuh?" Tanya Alfa. Nala cuma diem gak peduliin Alfa dan tetep lanjutin makannya.

Karna gak dipeduliin Nala, Alfa sekarang meluk leher Nala lebih erat yang ngebuat Nala susah nafas dan langsung batuk batuk.

"Aduh aduh kasian amat, makannya kalau gue nanya tuh dijawab.." kata Alfa sambil nyolek pipinya Nala

"Kalau lo baik mah gak mungkin kemaren baju lo gua gantung di tiang bendera, gua tuh punya kuasa di sini jadi lo nurut aja ama gua ya..." Alfa ngomong pelan tepat di samping wajah Nala, lalu Alfa perlahan ngedeketin wajahnya ke wajah Nala.. awalnya gue mau berdiri dan nolongin tapi gue liat Alfa langsung berdiri dan teriak

"ARGGGHHH CWE BGST!!!"

Alfa teriak dan megangin tangannya yang sekarang bercucuran darah karna ada garpu yang menancap ditangannya.

Iya, Nala yang nancepin garpu itu ditangan Alfa saat wajah Alfa tinggal sesenti lagi didepan wajah Nala dan mau nyium dia.. lagi.

SorryTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang