Hari-hari berlalu dengan cepat, gak terasa udah hampir 3 tahun setelah kejadian berat itu terjadi. Gue dan Eric memutuskan untuk ikut Mama. Tiga tahun ini kami lalui dengan baik. Proses perceraian Papa dan Mama cukup lancar, gue akhirnya berhasil lulus SMP dan masuk ke salah satu SMA incaran gue, disusul Eric setahun kemudian, dan yang terbaik yaitu pekerjaan Mama yang semakin lancar bahkan mama dapet promosi jabatan yang lebih baik. Semenjak kejadian itu, Papa memutuskan untuk lost contact sama kami. That's okay, toh kami bertiga udah cukup bahagia sekarang.
■■■
Hari ini hari pertama tahun ajaran baru. Gue akhirnya duduk di bangku kelas 12. Suasana kelas mulai ramai meski masih pagi mengingat ini hari pertama masuk sekolah.
"Woi De, lah? Kita sekelas lagi nih?" gue mendengar suatu suara yang familiar.
Kenalin, ini Yeira Renata, biasa dipanggil Yeye atau Rara sesuai mood gue. Dia ini bestie gue dari jaman orok. Jelek baiknya dia, gue tau semua, begitupun dia yang kenal gue sampe ke permasalahan yang gue alami. Gue seneng bangett kita bisa sekelas di tahun terakhir SMA ini. Kita sempet kepisah di kelas 10, terus ketemu di kelas 11 karena penjurusan di IPS.
"Raaa... oemjii akhirnya kita bisa ngabisin waktu terakhir SMA bersama," kata gue dengan ekpresi sok terharu.
"Najis lu, sok imut," katanya sambil mukul lengan gue dan jalan ke salah satu tempat duduk. Gue meringis ngikutin dia.
"Hari ini lu ada acara gak?" tanya gue setelah kita duduk sebelahan.
"Nape lu? Mau traktir gua?" jawab Yeira.
"Ya kagak sih cong, lu ga kangen gua? Kita udah libur lama banget woi," jawab gue.
"Kangen banget lah conggg tapi sorry banget De, gue ga bisa. Gue udah mulai ekskul nih," jawabnya. Yeira ikut ekskul paduan suara alias padus yang notabene kebanggaan SMA kita. Gak heran sih kalau mereka bener-bener latihan hampir setiap hari sepulang sekolah buat persiapin lomba-lomba di luar kota bahkan luar negeri.
"Yahh... masih sibuk padus aja lu?" kata gue sedih.
"Hehehe iya, yaa lu tau sendiri lah Bu Berta orangnya perfeksionis dan 2 bulan lagi kita mau lomba di Bandung," terangnya. Fyi, Bu Berta adalah guru seni di sekolah kami sekaligus coach vokal di ekskul paduan suara.
"Hmmm yaudah next time ye habis lu kelar lomba, kalo menang traktir gua," jawab gua.
"Kampret lu ada maunya ternyata," jawabnya. Pembicaraan kita berlanjut penuh tawa sampai bel masuk berbunyi.
Karena baru hari pertama masuk sekolah, pelajaran hari ini terbilang santai. Terutama pelajaran terakhir, Bahasa Indonesia. Pak Eko, guru Bahasa Indonesia kami, seperti kebanyakan guru Bahasa Indonesia lainnya, minta beberapa siswa bercerita tentang kegiatan liburan mereka.
Di tengah rasa ngantuk gue, tiba-tiba bel pelajaran terakhir berbunyi. Sontak gue terbangun dan membereskan barang-barang gue.
"Pulang sama siapa lu Ra?" Tanya gue.
"Bawa motor gua sekarang, lu sama adek lu?" Tanyanya balik. Oiya, gue sama Eric satu sekolah guys.
"Weee akhirnya lu dibolehin bawa motor?" Tanya gue.
"Iya nih mau bareng gak?" tanyanya sembari kita berjalan keluar kelas.
"Gausah Ra, next time ye, ntar Eric nyariin gue," jawab gue.
"Yaudah deh kalo gitu, gua duluan ya," jawab Yeira.
"Iya atiati lu bawa motornya," jawab gue mengingatkan Yeira.
"Iyee, bye sayang," jawabnya sambil pose kiss bye.
"Idihhh hoekk," jawab gue sembari tertawa.
Gue memutuskan menunggu Eric di gerbang sekolah. Gak lama gue nunggu, akhirnya nongol tu bocah dengan motor H*nda Var*o hitamnya. Setelah Mama dipromosiin jabatannya, keadaan ekonomi kami semakin membaik. Mama memutuskan untuk beliin kita motor, meskipun kredit, tapi cukup lah buat tranportasi gue dan Eric. Secara mama cukup sibuk kerja dan jarang di rumah. Mau ga mau gue dan Eric harus lebih mandiri dalam segala hal termasuk dalam hal bepergian.
■■■
Akhirnya kita sampai di rumah. Gue langsung menuju kamar dan ganti baju rumah. Keluar kamar, gue menemukan Eric masih dengan seragam duduk di sofa ruang tengah main game.
"Dek, lu ganti dulu lah," tegur gue.
"Iye entar, sekalian mandi sore," jawabnya sedikit acuh.
"Ishh terserah lu dah," jawab gue sambil jalan ke dapur.
"Dek lu mau makan sekarang atau nanti?" Tanya gue sembari sedikit teriak dari dapur.
"Emang ada apa?" jawabnya.
"Gak ada apa-apa," jawab gue kesel ngeliat meja makan yang kosong. Sewaktu liburan sih gue selalu masak buat kita bertiga. Eittss gini-gini gue jago ngurus rumah, masak, sampe angkat galon. Yaa mau gimana lagi, kalo bukan gue siapa lagi.
Di tengah gerutuan gue,
TING TING TINGSeakan memanggil gue, abang mie ayam langganan gue lewat.
"Dek mie ayam aja ya?" Tanya gue ke Eric memastikan.
"Yaudah boleh" jawabnya.
"PAKK MIE AYAMM," teriak gue sambil keluar rumah.
Siang itu berakhir dengan gue yang kekenyangan sampe ketiduran.
KAMU SEDANG MEMBACA
[ Another Brother ] - The Boyz Juyeon & Eric
Fiksi RemajaTerlahir di keluarga broken home bukanlah pilihan gue. Belum selesai mengobati rasa sakit ditinggal bokap, sekarang gue dihadapkan dengan kenyataan bahwa nyokap gue bakal nikah lagi dengan duda pengusaha kaya raya satu anak.