Harumi terpukul banget sekarang, jadi cuma bisa nangis, nangis, dan nangis. Ibu sampe nyuruh Harumi tidur aja di kamar. Tapi udah di kamar pun bukannya tidur, tapi malah nangis lagi.
Besok siang jenazah baru di kebumikan. Harumi harusnya istirahat, tapi gak bisa.
Rasanya sakit. Semua sakit. Hatinya, badannya, lambungnya. Iya lambungnya, Harumi belum makan apapun dari pagi. Bahkan pas nugas tadi cuma pesen americano.
Tok tok tok
“Dek, Ayah boleh masuk?”
Harumi ngusap air matanya. “Iya Ayah,”
“Kamu makan dulu sana. Kakakmu beli nasi goreng keju,”
Denger kata 'kakakmu' Harumi kaget. Kirain kakaknya gak akan dateng karena jauh. Dia kan ngerantau ke Jogja.
“Kakak dateng kemarin, pas Mbah minta,”
Harumi bener-bener terpukul dengernya. Kakaknya yang ngerantau jauh aja masih sempet untuk pulang. Kemana dirinya kemarin-kemarin coba?
“Ayah....” Harumi nangis lagi. Ayah masuk dan memeluk anak sulungnya. “Sshh udah gapapa. Jangan nangis terus nanti Mbah malah sedih,” Harumi ngangguk walaupun matanya masih setia ngeluarin likuid bening itu.
“Ayah, nasi gorengnya habis. Aku gak tau ada Pakde udah dateng jadi gak beliin- Harumi?”
“Kak Yumna...”
“Kamu belum makan ya? Kakak beliin lagi ya nasi gorengnya?” Yumna ngelus lengan adiknya.
“Gak usah Kak,”
“Oh iya kamu ajak pacarmu makan juga sana. Kasian daritadi diem aja di luar,”
Astaga Harumi kelupaan. Pasti pacar yang dimaksud Yumna ini Sakula. Harumi bener-bener gak inget dengan keberadaan cowok itu. Tadi dikira sih udah pulang. Harumi auto bangkit untuk keluar.
“Yaudah aku cari makan aja sendiri,” katanya lalu keluar untuk menghampiri Sakula. Di luar bisa langsung keliatan Sakula duduk di sofa tepatnya di pojok. Kepalanya dongak ke atas sandaran ke tembok, matanya terpejam.
“Tidur?” Harumi samperin, duduk di sebelah Sakula. Belum juga dibangunin, Sakula melek duluan.
“Harumi?”
Dengan pandangan gak enak Harumi jawab. “Sorry ya gue lupa,”
“Gapapa. Gue nemenin lo aja di sini sampe lo balik ke Cimanggis,”
Harumi natap Sakula lumayan lama. Sedangkan oknum cowok sekarang lagi ngusap matanya sambil nguap.
“Lo belum makan kan?” tanya Sakula tiba-tiba.
“Hng?”
“Ayo cari makan,”
“Oh.. ayo,”
Keduanya keluar dari rumah Harumi. Sakula diem-diem ngeliatin cewek itu, kasian ngeliatnya. Dengan jiwa lelakinya, Sakula ngelepas jaket untuk dipakein ke Harumi. Gak, bukan dia yang pakein. Cuma dikasih aja dan Harumi nya malah planga-plongo.
“Dipake,”
“Gapapa kok gueㅡ”
“Pake, nanti kena angin malem,” akhirnya Harumi setuju, dia langsung pake jaket milik Sakula.
Kebesaran sih, tapi gapapa.
“Jam segini ada yang masih buka?”
Bukannya jawab Harumi malah nanya balik. “Gue boleh nyender gak?”
KAMU SEDANG MEMBACA
𝐥𝐞𝐦𝐦𝐞 𝐛𝐞 𝐲𝐨𝐮𝐫𝐬 ⨾ asahitomi
FanfictionIn which Harumi gabut tiap malming dan memutuskan untuk cari pacar. 2022 ©S16CANDLES