Abad Pertengahan

35 3 0
                                    

...hanya menempuh separuh jalan bukan berarti salah jalan..

Seminggu berlalu tanpa kabar dari Alberto Knox. Juga tidak ada kartu pos dari Lebanon, meskipun dia dan Joanna masih membicarakan tentang kartu-kartu di gubuk sang mayor. Joanna tidak pernah setakut itu sebelumnya, tapi karena tidak ada lagi kejadian lanjutannya, rasa takutnya mulai menghilang dan tenggelam ditelan pekerjaan rumah dan badminton.

Sophie membaca surat-surat Alberto berulang kali, mencari-cari petunjuk yang dapat memberikan penjelasan tentang misteri Hilde. Dengan melakukan hal itu dia mendapatkan kesempatan untuk mencerna pelajaran tentang filsafat klasik. Dia tidak lagi kesulitan untuk membedakan antara Democritus dan Socrates, atau Plato dan Aristoteles.

Pada hari Jumat, 25 Mei, dia sedang berada di dapur mempersiapkan makan malam sebelum ibunya tiba di rumah. Itu adalah kebiasaan mereka pada setiap hari Jumat. Hari ini dia membuat sup ikan dengan bakso ikan dan wortel. Mudah dan sederhana.

Di luar udara semakin berangin. Ketika Sophie berdiri mengaduk masakannya, dia berpaling ke jendela. Pohon-pohon birkin terayun-ayun seperti batang jagung.

Tiba-tiba sesuatu memukul kaca jendela. Sophie berputar lagi dan melihat sebuah kartu tertempel di jendela.

Itu sebuah kartu pos. Dia dapat membaca melalui kaca: "Hilde Moller Kag, d/a Sophie Amundsend."

Dia berpikir keras! Dia membuka jendela dan mengambil kartu itu. Tidak mungkin ia diterbangkan langsung dari Lebanon!

Kartu ini juga bertanggal 15 Juni. Sophie menurunkan masakannya dari kompor dan duduk di meja dapur. Kartu itu berbunyi:

Hilde sayang, aku tidak tahu apakah sekarang masih hari ulang tahunmu ketika kamu membaca kartu ini. Kuharap begitu; atau setidak-tidaknya belum terlalu banyak hari yang telah lewat. Seminggu-dua minggu bagi Sophie tidak harus berarti selama itu bagi kita. Aku akan pulang pada pertengahan musim panas, agar kita dapat duduk bersama selama berjam-jam di peluncur, memandang ke laut lepas, Hilde. Banyak sekali yang akan kita bicarakan. Penuh sayang dari Ayah, yang kadang-kadang menjadi sangat tertekan menghadapi pertikaian yang telah berlangsung seribu tahun antara orang-orang Yahudi, Kristen, dan Muslim. Aku harus selalu mengingatkan diriku sendiri bahwa ketiga agama itu berasal dari Ibrahim. Jadi kukira mereka berdoa pada Tuhan yang sama. Di sini, Habil dan Qabil belum berhenti saling membunuh.

N.B. Sampaikan salam pada Sophie. Anak malang, dia masih belum mengerti bagaimana semua ini saling berkait. Tapi barangkali kamu tahu?

Sophie meletakkan kepalanya di atas meja, kelelahan. Satu hal telah jelas dia tidak tahu bagaimana semua hal ini saling berkait. Tapi Hilde tahu, mungkin.

Jika ayah Hilde memintanya untuk menyampaikan salam pada Sophie, itu tentunya berarti bahwa Hilde mengetahui tentang Sophie lebih banyak daripada Sophie mengetahui tentang Hilde. Semua ini begitu rumitnya sehingga Sophie kembali menyiapkan makan malam.

Sebuah kartu pos yang memukul jendela dapur dengan sendirinya! Kita dapat menyebutnya pos udara!

Begitu dia meletakkan masakan ke atas kompor lagi, telepon berdering.

Kalau saja itu Ayah! Dia sangat berharap ayahnya akan pulang sehingga dia dapat menceritakan padanya tentang semua yang telah terjadi dalam beberapa minggu terakhir ini. Tapi itu mungkin hanya Joanna atau Ibu. Sophie mengangkat telepon.

"Sophie Amundsend," katanya.

"Ini aku," sebuah suara berkata.

Sophie yakin akan tiga hal: itu bukan ayahnya. Tapi itu suara pria, dan dia tahu suara itu pernah didengarnya sebelumnya.

Dunia SophieTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang