*1

21 5 0
                                    

Rabu siang ini panas banget. Hawanya paling enak nongkrong di warkop sambil minum es teh ditemani mie kuah soto toping cabe 3 biji. Tapi Gesta punya tanggung jawab buat ambil album magazine wedding klien ke studio cetak karena besok harus dikirim. Jadi minum es teh sama makan mienya harus ditunda dulu sebelum ditelpon Bang Faiz dari kantor.

Jadi Gesta ini kerja di production house photo wedding alias tukang foto nikahan orang. Tadinya cuma freelancean, tapi ternyata ada rejeki keterima di kantornya sekarang. Baru di training, rencananya mau di tempatin di kantor utama yang katanya lebih gede karena hasil potretnya dia bagus. Editannya juga cocok sama style kantor karena dia gak kesusahan buat paham padahal baru sekali di ajarin.

Gesta enggak kuliah. Gak punya cukup biaya karena Ayah habis pensiun dini habis kecelakaan kerja pas setelah dia kelar ujian. Dia gak mau nyusahin Ibu meskipun dari jauh-jauh punya kepengenan lanjut kuliah ke Jogja ambil Broadcasting sesuai passionnya. Tapi musibahnya bikin Gesta mikir kalau duit pensiunan Ayah buat biaya berobat sama usaha aja. Lagi pula Gesta ngerasa lebih enak kerja karena tahu rasanya duit dari keringat sendiri itu nikmatnya kayak apa.

Lebih bikin puas.

Lebih bikin bangga.

Pentingnya bisa bantu kasih uang jajan adiknya.

Adiknya juga mau ujian. Terus lulus dan pengen kuliah ambil DKV. Tekadnya Galang gede banget. Nilainya juga bagus yang buat Gesta ngerasa bakal sayang banget kalau disia-siain. Gesta pikir, Galang lebih butuh dana buat kuliah, dan dia nyoba berusaha buat bantuin Ibu sama Ayah.

Gaji di PH ya gak segede orang kantoran. Tapi seenggaknya cukup, buat makan, di tabung sama bayar bulanan kos. Masalahnya, Galang bilang butuh motor. Adeknya itu udah dibeliin kamera jadi enggak mungkin buat minta motor lagi. Itu yang jadi pikiran buat Gesta akhir-akhir ini. Solusi yang kepikiran Gesta ya pindah kos ke yang lebih murah sama deket kantor utama yang kalau dari kosannya sekarang emang jauh banget. Kan lumayan duit bensin sama penghematan kosannya bisa ditabung buat tambahan beli motornya Galang.

Setelah ambil beberapa album magazine, Gesta mampir ke minimart di jalan. Masih jam makan siang, kayaknya enggak bakal di buruin suara cemprengnya Bang Faiz yang demen grasak-grusuk macem dikejar razia.

Habis ngestandarin motor scoopynya yang baru lunas, Gesta masih duduk di jok karena ada telepon dari Galang.

"Apaan?"

"Belom juga salam udah digas duluan buset dah. Gue bilangin Ayah, lo."

Gesta narik napas dalem, "Gue lagi di jalan, ngambil magazine. Mau ngapain, buruan."

"Yah, kirain lagi istirahat. Mau ngajak diskusi."

"Diskusi apaan? Ngomongin kambingnya Pak Basori lagi gue kirim santet beneran lo, Lang."

Galang ketawa ngakak sebelum lanjut ngomong, "Kagak, kelas gue bentar lagi dapet giliran konseling, menurut lo gue beneran lanjut DKV apa bilang langsung kerja?"

"Kuliah!" Jawab Gesta cepet, "Kuliah sesuai jurusan yang lo mau. Kemaren kan udah gue bilangin. Lo cowok, bakal punya tanggung jawab gede kedepannya, ngurusin anak orangㅡ"

"Gue takut gak lulus SNM, Kak."

"Semesteran lo kan bagus mulu."

"Tapiㅡ"

"Gue udah ngusahain biaya motor ya, jangan bikin tekad gue sia-sia. Dijanjiin motor bukannya makin semangat malah kendor."

Ada jeda sebentar dari Galang. Cuma suara napas sama suara temen-temennya aja yang kedengeran dari Gesta.

"Gue gak mau nyusahin Ibu, Ayah sama lo. Kan kalau gue kerja bisa bantu keuangan. Biar duit Ayah buat obat kakinya aja."

Lagi-lagi Gesta ngehela napas, "Gini aja deh, lo niat kuliah gak? Jadi cowok yang tegas, kalau dari dalem diri lo mau ya lanjut, kalau enggak, terserah. Mau gue dorong sama dukung lo, kalau lo nya gak ada niat ya percuma. Beneran bakal sia-sia. Tapi kalau lo ada kemauan buat maju, gak ada yang namanya sia-sia, Lang. Passion lo itu pegang kamera, ngedesainㅡlebih dari itu pengalaman lo bakal lebih luas. Jangan kayak gueㅡpokoknya jangan kayak gue, Lang. Senengin Ayah sama Ibu."

Bujang KosanTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang