Gerbang sekolah udah ketutup rapet ternyata. Sial, kalau kaya gini mah dari jarak satu kilo juga jalan sehat aja jangan lari lari.
Haikal jadi dapet capeknya doang kan.
"PAK!" teriaknya susah payah.
"MASIH NIAT SEKOLAH LO KAL??"
Haikal nyengir. Melambai singkat kemudian lanjut jalan lebih dekat ke arah gerbang.
"Ini lagi, mau sekolah apa mau nongkrong di pasar jadi preman? Udah ga karuan begitu seragam lo."
Kenalin aja, namanya Pak Wahid. Pengabdi SMA NEO ini, katanya mau sampe mati jadi satpam disini. Dih, Haikal mah mending jualan cupang.
"Hehehe. Masuk dong pak," katanya sambil meringis ke depan gerbang.
"Ngomong, enak bener."
Lagi lagi cuman bisa meringis. "Pak, saya ini mau menuntut ilmu lho. Hayo, belajar kan wajib, kalau bapak menghalangi kewajiban saya berarti bapak dosa."
Ini cuman trick , Pak Wahid yang udah menjabat sebagai satpam sesepuh gabakal mempan dikasi dalih kaya gini.
"PAKK!"
"SALAH SIAPA SIH TELAT."
Haikal masih terus merengek, membujuk Pak Wahid berharap laki laki tua di depannya ini mau bersuka membukakan gerbang buat dia.
"Gini aja pak. Ayo bikin kesepakatㅡ"
"GAK."
Haikal mendengus. "YAELAH DASAR BAPAK BAPAK."
Pak Wahid hampir mau mukul Haikal pake pentungannya, tapi keurung gara gara satu mobil yang berhenti tepat di depan gerbang.
Haikal lirik lirik kecil ke sekitar mobil itu, kaya ga asing tapi faktanya dia baru lihat hari ini.
"Pak? Raffatar udah SMA ya? Ini mobilnya nyasar gasih ke sini?"
Soalnya dari pawakaan mobilnya, ini bau bau mobil mahal, apalagi ban mobilnya pasti ga pernah nginjek tai kucing.
Mereka diam sampai akhirnya pintu mobil kebuka, munculin satu kepala yang keluar dari sana.
Suara gemuruh dari belakang ngebuat Haikal buyar lamunannya. Ternyata Pak Wahid bukain gerbangnya.
"Buat gua kan," katanya dan berniat buat langsung mlongos.
Tapi mendadak, tangan Haikal di tarik buat langsung berhadapan sama diaㅡ cewe cantik ini, Haikal makin yakin dia lagi nyasar.
TAPI APA TUJUAN DIA DITARIK KESINI???
"Selamat pagi Non Aiㅡ" Pak Wahid ga sempet seesaiin ucapannya, cewe ini udah lebih dulu nyela dan natap Haikal excited.
"LOH KAMU??" serunya.Haikal angkat satu alisnya. Tapi ga lama energinya nyebar. "IYA INI AKU!" Sambil nyengir ga berdosa. "Lo siapa?" lanjutnya santai.
"Aku Aila, cewek yang tadi kamu tolongin!!" Dia excited banget, gatau deh kenapa.
Haikal ngerasa ga nolongin cewe sebening ini deh, cuman tadi pagi pas berangkat ke sekolah, dia emang nolongin mobil yang lagi kebegal.
Jelas, Haikal ga pinter gulat. Dia cuman ngandelin kepinteran dan kereflekannya aja.
Kaya tadi, waktu orang orang sangar ngepung mobil putih ini, Haikal santai aja jalan ke arah mereka sambil bilang. "Woi bang, boss lo dikepung polisi noh depan bangjo."
Asal nyeplos aja, berakhir sekitar tiga orang gede gede tadi langsung pergi ke arah yang Haikal tunjukin.
Ya, dia pikir selesai. Makanya Haikal langsung pergi, perkara telat juga sih.
"Makasih ya!" lanjut cewe itu.
Haikal ngangguk ganteng. "Udah seharusnya cowok ngelindungin cewek cantik."
"HAlah halah." Pak Wahid mencela. "Berarti kalau jelek ogah gitu? Gak adil itu Kal!"
Melirik. "Emang ada cewe jelek?"
Kan diam, kan.
Aila tersenyum tipis. "Aku anak baru di sini, salam kenal ya. Aku Aila." Sambil kasih telapaknya ke depan, berharap Haikal juga mau balas jabatannya.
"Haikal." Sambil senyum juga, yakali dia nolak rejeki.
"Maaf non." Mendadak Pak Wahid menyela, dorong Haikal mundur sampe anak itu mundur beberapa langkah dari awal. "Non kenal sama nih preman pasar?"
Aila lagi lagi ketawa tipis. "Dia tadi yangㅡ"
"OH ELO KAL YANG BIKIN NON AILA TELAT? YAALLAH YAALLAH."
Haikal melotot heran. "NAPE SI NI BAPAK BAPAK, DENGERIN DULU KENAPA SAMPE SELESAI."
"Pak, Haikal yang tolongin aku. Bukan bikin aku telat, jadi dia g salah ya. Dia telat juga karena aku."
Pak Wahid merenges. "Oh gitu non, iya deh iya. Kalau gitu, kenalin non saya satpam disini, nama saya Bapak Wahid."
Aila ngangguk. "Haikal, nanti ketemu lagi ya. Makasih." Dia lambaiin tangannya lembut dan masuk lagi ke mobil.
Pak Wahid narik Haikal buat nepi dan biarin mobilnya masuk ke dalem.
"SEMANGAT PAGI YA NON AILA, SEMOGA HASIL BELAJAR HARI INI BISA BERMANFAAT BAGI JIWA JIWA NON, SALAM SAYA WAHID."
Haikal ketawa. "Puitis banget pak? Lulusan mahasiswa sastra semester berapa?"
Pak Wahid meringis bangga. "Bagus ya Kal? Saya udah latihan dari kemarin."
"Btw apasih nan non nan non, kita lagi diperbudak kah??" katanya, suksess membuat satu tampolan mendarat di jidatnya.
"Itu putri tunggal direktur sekolah ini."
"Waduh waduh."
Pak Wahid meirik intens. "Awas ya kalau macem macem. Elu tuh kadang nyremin" Sambil maju mundurin pentungannya.
Haikal meringis. Tiba tiba cowo itu ngedeket pelan. "Tau ga pak apa yang lebih nyeremin daripada itu?"
Laki laki paruh di depan cuman natap penuh tanya, keliatan nunggu jawaban juga dari Haikal.
Cowok itu ngedeket ke Pak Wahid, terus megang bahunya. "Gerbang sekolah lupa ditutup." Detik sebelumnya dia senyum singkat.
Dan, langsung lari masuk ke dalam gerbang yang masih kebuka lebar. Jelas Haikal sangat leluasa buat masuk.
Pak Wahid auto kamjagya. "HAIKAL!!"
"LARI DONG PAK, KEJAR!! OLAHRAGA! JANGAN OLAHRAGA MALAM DOANG DIJABANIN."
"BOCAH KURANG AJAR.
ㅡ