Indonesia mulai berkembang dari mulai kerajaan hindu dan Buddha berkat berdagang. Pada abad ke 4 atau 7 Masehi, di Jawa terbentuk kerajaan yang bercorak Buddha yaitu Tarumanagara, kerajaan taruma adalah kerajaan yang pernah berkuasa di bagian barat pulau Jawa, kerajaan ini juga adalah kerajaan tertua yang meninggalkan catatan sejarah, kerajaan ini adalah kerajaan Buddha beraliran Wisnu.
Kerajaan tarumanegara adalah lanjutan dari kerajaan salakanagara yang diyakini leluhur suku Sunda, raja yang terkenal dan dicatat di sejarah adalah raja Purawarman, pada 417 Masehi dia memerintahkam sungai gomati dan candra baga [kali bekasi]. Kerajaan ini juga meninggalkan banyak prasasti contohnya,
Prasasti kebun kopi, tugu, cidanghiyang/munjul, muara cianten, jambu, dan prasasti pasir awi. Karena kerajaan Tarumanagara mengalami perpecahan maka pemerintahan Jawa Barat dan banten pun dilanjutkan dengan kerajaan Sunda atau pasundan 932 dan 1579 Masehi. Pada abad ke-6 masuklah agama Islam, agama Islam telah membuat banyak perubahan kepada masyarakat maupun kepemerintahan, pada saat ini jugalah muncul 2 kerajaan besar yakni sriwijaya dan Majapahit. Pada abad ke 7 hingga 14 sriwijaya berkembang pesat di Sumatra. Sekitar 670 Masehi, penjelajah tiongkok I-Tsing mengunjungi ibu kota palembang dalam rangka kunjungan studi. Pada puncak kejayaan sriwijaya, sriwijaya menguasai wilayah Jawa Tengah sampai kamboja. Pada 718 Masehi raja sriwijaya jambi srindravaman mengirim surat kepada khalifah umar bin abdul aziz meminta dikirimkan da'i yang bisa menjelaskan islam.
Tahun 270 Masehi raja sridravarman yang semula buddha sekarang memasuki agama Islam, sriwijaya jambi juga dikenal sebagai sribuza islam.
Tahun 730 sriwijaya jambi ditawan oleh sriwijaya palembang yang masih menganut Buddha. Perubahan perubahan besar pun mulai terlihat dari banyak kerajaan yang bercorak islam di abad ke-8 seperti Kesultanan jeumpa dan peureulak, lalu dilanjut dengan kerajaan islam, munculnya kerajaan kerajaan ini menghancurkan Sriwijaya. pada abad ke-14 puncak kejayaannya Majapahit terlihat, tahun 1331 hingga 1364 patih gajah Mada berhasil menguasai hampir seluruh nusantara dan semenanjung Melayu, menjelang akhir abad ke-15 kerajaan majapahit mengalami kemunduran, wilayah wilayah majapahit semua ingin pisah saling serang menunjukan siapa pewaris majapahit selanjutnya.
Sementara itu kerajaan Demak, kerajaan Islam pertama di Jawa, Demak sebelumnya adalah kadipaten dari majapahit setelah itu mewarisi kekuatan dari majapahit. kerajaan ini adalah kerajaan yang menyebarluaskan agama Islam dijawa dan indonesia, kerajaan ini juga mengalami kemunduran karena meributkan pewaris selanjutnya, pada saat itulah Portugis mulai masuk ke indonesia dan berhasil menghancurkan kerajaan malaka. Pada tahun 1960 kekuasaan kesultanan Demak beralih ke kerajaan pajang yang didirikan oleh jaka tinggi / hadi Wijaya. Pada abad ke 16 islam menggantikan hindu sebagai kepercayaan utama, hanya dibali yang masih memegang erat kepercayaan hindu. Kristen, agama terbesar kedua (pada dulu) mayoritas pemeluk agamanya dari timur.
KAMU SEDANG MEMBACA
Sejarah Indonesia
Non-FictionMengenal sejarah Indonesia, masa terbentuk nya Indonesia, era pra-kolonial sampai era revolusi.