Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh.
_*🗣️DICACI TIDAK TUMBANG DIPUJI TIDAK TERBANG.*_
Bismillahirrahmanirrahim...
Memang, dalam hidup antara pujian dan cacian dua kutub yg berbeda, tapi selalu dihadapi manusia. Khususnya, dalam kehidupan sehari-hari di tengah masyarakat.Dua hal yg berhadap- harapan bisa ditangkis dengan sikap sebagaimana diajarkan Islam, yg dipraktikkan dalam kehidupan para alim dan ulama di masa kini.
*✍️Tiga Ajaran Tasawuf tersebut adalah As Shofa, Al Wafa dan Al Jafa :*
*✅Pertama adalah As Shofa, belajar membersihkan hati dan Mencintai semua hal-hal yg baik :* Hal tersebut dapat dicapai ketika kita tolabul ilmi, mengerti mana yg benarr dan mana yg kurang benar.
*✅Kedua Al Wafa, harus memiliki komitmen kejujuran terhadap diri sendiri :* Mengatakan 'iya" jika iya, dan mengatakan "tidak" jika memang tidak. Tidak boleh menjadi seorang yg munafik, karena akan berdampak dan berbalik kepada diri sendiri.
*✅Yang ketiga adalah Al Jafa, di caci tidak tumbang di puji tidak terbang :* Maksudnya yaitu kita sebagai hamba Allah harus mengedepankan sifat tawadhuk. Tidak perlu terlalu bahagia ketika dipuji oleh sesama, dan tidak perlu terlalu sedih ketika dicaci oleh orang lain.
_👋Demikian Ajaran Tasawuf tentang SHOFA, WAFA, JAFA semoga bermanfaat bagi kita semua. *Aamiin Allahumma Aamiin.*_
*Selamat menjalankan ibadah shalat TAHAJUD...!™️🤺*
KAMU SEDANG MEMBACA
Dari Budi di sepertiga malam
Spiritualberisi tausiyah yang saya sayangi karena Allah.