Tanggung jawab

115 6 1
                                    

Hari ini aku dapat notes yang membuat hati ku bergetar dari salah satu penulis di wattpad.

Terimakasih kepada @Bimadiaz untuk notes nya dan untuk izin nya jadi aku bisa post ulang notesmu di "Suara Hati"

Part ini aku dedikasikan kepada @Bimadiaz

#####################

          Tanggung jawab

               by Bimadiaz

Manusia adalah makhluk paling sempurna. Diberi akal dan pikiran sehingga mampu menentukan langkah apa yang akan dilakukan yang terbaik bagi hidupnya.

Beberapa langkah dan keputusan yang kita ambil nantinya harus kita pertanggung jawabkan dengan baik.

Tanggung jawab merupakan wujud sempurna dari kesadaran manusia akan kewajibannya. Tanggung jawab juga berarti sanggup menerima berbagai konsekuensi yang terjadi sebagai akibat dari perbuatan.

Banyak orang yang tua hanya di “umur”, namun pola pemikiran dan tingkah laku masih labil dan kekanakan. Mereka dengan gampangnya melimpahkan tanggung jawabnya kepada orang lain dimana orang tersebut sangat sulit untuk membela diri.

Orang yang mengingkari tanggung jawabnya banyak kita temui dimana saja. Jangankan pada lingkup masyarakat yang luas, perusahaan, sekolah atau komunitas pribadi, namun dalam lingkup kecil seperti keluarga, kita juga bisa menemukan salah seorang anggota keluarga yang lari dari tanggung jawab.

Seandainya, kita berani berbuat namun tidak berani bertanggung jawab alangkah baiknya sebelum melakukan sesuatu itu kita pikirkan baik-baik. Jangan hanya maunya enak sendiri yang akhirnya merugikan orang lain.

Pengecut itu menghinakan. Para pengecut itu bermuka dua, yang satu bermuka lugu dan sebelahnya bermuka dengki dan culas. Kata pengecut disematkan bagi orang yang tidak bertanggung jawab. Selalu takut akan imej jelek akan ditimpakan kepadanya jika ia berbuat kesalahan. Hatinya akan dipenuhi selalu oleh gundah dan perasaan kacau. Pengecut sama sekali tidak bernyali saat bertempur, namun dia akan muncul, menyombongkan dan meng ‘aku’ kan diri setelah pertempuran selesai.

Apa yang harus dilakukan untuk menghadapi orang seperti ini? 

Jawabannya ada di diri kita masing-masing karena pola pemikiran kita dalam menentukan langkah apa yang kita ambil berbeda-beda. Tapi saya yakin kita bukan orang pengecut yang takut akan bertanggung jawab

################
22 April 2015

Suara HatiTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang