9. X: Enigma

40 6 4
                                    

Data CeritaJudul: X: EnigmaPenulis: KaiElianJenis cerita: novelGenre: misteri, thrillerPanjang: 42 part + Prolog dan EpilogRating: 15+ (violence)

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Data Cerita
Judul: X: Enigma
Penulis: KaiElian
Jenis cerita: novel
Genre: misteri, thriller
Panjang: 42 part + Prolog dan Epilog
Rating: 15+ (violence)

Ulasan
Sudah jatuh, tertimpa tangga, kecemplung got. Itu agaknya pas untuk mendeskripsikan nasib Alexandra. Setelah ayahnya meninggal misterius, ia kehilangan harta benda hingga harus hidup menumpang di rumah tantenya. Sewaktu Alex mendatangi biro detektif demi mencari tahu kebenaran di balik kematian ayahnya, eh, dia malah memecahkan guci nan mahal! Yup, itulah awalan yang cukup chaotic untuk cerita ini.

Seolah belum cukup, Alex terpaksa bekerja bareng duo detektif amatir absurd di biro detektif X, Rama dan Seiji. Kasus pertama, mereka langsung dihadapkan oleh pencurian lukisan Enigma, yang konon menyimpan petunjuk lokasi harta karun. Maka, dimulailah petualangan fantastis mereka, yang penuh aksi, teka-teki, dan tentu saja misteri!

(P.S: maaf kalau aku terlalu berbunga-bunga 😇 Habisnya, ceritanya memang seasyik itu)

Jujur, cerita ini keren banget. Tidak tanggung-tanggung, penulis membuat sendiri ilustrasi lukisan-lukisan yang jadi teka-teki utama cerita. Kisahnya ditulis dengan sangat mengalir. Untuk ukuran cerita dari penulis yang karyanya pernah diterbitkan di GPU, kualitasnya memang sesuai ekspektasi. Aku juga suka cara penulis mengolah thriller yang tetap menegangkan walau minim adegan kekerasan dan sadisme. Lalu, ada unsur komedi juga! Serius, bolak-balik aku dibuat tertawa oleh tingkah bobrok Rama dan Seiji. Endingnya? Benar-benar plot twist, tetapi masuk akal.

Akhir kata, cerita ini cocok buat kalian yang penggemar thriller, tapi enggak tahan sama adegan sadis dan gore. Oh ya, karena ada beberapa poin cerita yang sayang banget kalau dilewatkan, pastikan kalian punya waktu luang untuk membacanya, ya! Serius, rugi banget kalau dibaca mode ngebut. 😊

Plus
- Misteri yang rapi dan mind-blowing!
- Tempo cerita yang pas. Tidak terlalu lambat, tetapi tidak terburu-buru.
- Teka-teki yang bikin penasaran.
- Alur cerita anti mainstream.

Minus
Aku tidak menemukan sisi minusnya, sih. Mungkin sebagian pembaca yang terbiasa dengan cerita yang lebih bernuansa "psikologis" bakal merasa kalau bagian ending agak kurang pendalaman karakter, tetapi menurutku porsinya sudah pas.

Final Verdict: 10/10

Review Si KucingTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang