Data Cerita
Judul: Hostel for Singles
Penulis: sweet-stripes
Jenis: novel
Genre: romance
Panjang: 30 bab
Rating: 13+Ulasan
Setelah dua kali berturut-turut membaca cerita yang cukup "berat", kali ini aku memilih novel rom-com yang ringan bin menggemaskan. Berlatar belakang negara Thailand, novel ini menceritakan kisah petualangan Abella, cewek yang nekat liburan sendirian buat mengobati patah hatinya. Sialnya, belum lama mendarat di Bangkok, tiba-tiba saja tasnya dicuri orang! Praktis Abella terpaksa bertahan di negeri orang tanpa paspor dan kartu ATM. Dengan uang simpanan pas-pasan, cewek ini menginap di Hostel for Singles, penginapan murah tempat para jomlo dari berbagai penjuru dunia berkumpul. Di sana ia bertemu Damar, cowok asal Semarang yang pergi ke hostel itu setelah ditikung sahabat sendiri. Mulai dari situ, petualangan pahit-manis mereka dimulai!Cerita ini ditulis cuma dalam waktu 30 hari, menggunakan sistem one day one chapter. Untuk ukuran sebuah cerita maraton, novel ini ditulis dengan rapi dan minim saltik. Alurnya sederhana dan relatable dengan kehidupan dewasa muda zaman sekarang. Karakter-karakter sampingan yang dihadirkan juga turut andil membuat kisah ini jadi lebih hidup.
Bukan hanya romansa, kisah ini juga menyimpan beberapa pelajaran hidup. Ada nilai-nilai hubungan keluarga di dalamnya, dan juga nilai kemandirian dan persahabatan. Latar tempat-tempat wisata di negara Thailand digambarkan dengan baik. Meski awalnya aku sempat gemas dengan sikap Abella yang kadang ceroboh, kisah ini mampu membuat hal itu jadi dimensi karakter yang bisa diterima, dan tidak berkesan alay macam sinetron.
Secara keseluruhan, cerita ini terasa seperti film-film komedi romantis yang jamak muncul menjelang liburan musim panas, tetapi dengan kearifan norma-norma Indonesia. Yang jelas, cerita ini membuktikan kalau tidak perlu adegan sentuhan fisik yang berlebihan untuk membuat cerita romansa jadi terasa gregetnya.Plus
- Karakter menarik.
- Latar digambarkan dengan baik.
- Konflik cerita yang membumi.
- Cerita yang fresh dan anak muda banget.Minus
- Penyelesaian beberapa konflik terasa terlalu mudah.
- Beberapa salah ketik.Final Verdict: 8/10
KAMU SEDANG MEMBACA
Review Si Kucing
Não FicçãoKumpulan review ala kadarnya dari cerita-cerita yang kubaca di Wattpad. Bukan untuk dipercaya seratus persen, karena selera tiap orang beda-beda. Silakan mampir untuk mencari referensi bacaan dan hidden gems! 😊 Update setiap Claire selesai baca cer...