Elemen Volta

144 40 5
                                    

"Pada Elemen Volta, arus yang mengalir hanya sebentar karena terjadi polarisasi, yaitu peristiwa timbulnya gelembung-gelembung gas hidrogen yang menempel pada anoda —kutub positif, yaitu tembaga."

Berulang kali Dahyun menghapal kalimat itu. Dia jadi kesal sendiri karena terus mengulangi kalimat yang sama, berkali-kali.

Memang, Dahyun tak terlalu menguasai Fisika, ia lebih condong ke arah biologi karena ia ingin menjadi dokter. Rasanya menghitung dan menghapal teori fisika itu memusingkan. Beda dengan Biologi yang tinggal dibaca —tak perlu pemahaman rinci seperti fisika.

Di sampingnya, Eunwoo mendengus. Kekasihnya sudah mengucapkan hal yang sama bahkan mungkin mulutnya sebentar lagi akan berbusa. Sedangkan dia sendiri sudah asyik dengan perhitungan arus, gaya gerak listrik (GGL), juga tegangan jepit pada rangkaian pararel.

"Pada Elemen Volta, arus yang mengalir hanya sebentar karena terjadi polarisasi, yaitu peristiwa timbulnya gelembung-gelembung gas hidrog—"

"Bisa kau hentikan itu, Dahyun?" Sela Eunwoo, ia sangat bosan mendengarkan hal yang sama.

"Ugh, tapikan aku harus hafal Eunwoo-ya! Aku ini masuk jurusan IPA! Jadi aku harus menguasainya," rengek Dahyun. Sebenarnya ia juga lelah mengucapkan hal yang sama terus-menerus.

"Kau tidak cocok di Fisika," ejek Eunwoo sambil menampilkan seringainya. "Lagipula, Elemen Volta memang sangat menyebalkan—ah semua elemen Primer menyebalkan. Lebih baik Elemen Sekunder. Bukankah kau juga sama?"

"Eh?" Dahyun mengangkat sebelah alisnya bingung. Bukankah kekasihnya itu begitu gila Fisika? Mengapa ia membenci salah satu teorinya? "Kenapa kau berpikir seperti itu?"

"Aku berpikir kau akan suka Elemen Sekunder karena bisa diisi ulang, jadi tidak akan habis." Jelas Eunwoo.

"Haah?!" Dahyun masih bingung akan arah pembicaraan Eunwoo. Apa lagi ini maksudnya?

"Bodoh!" Eunwoo menjitak kepala Dahyun pelan. "Cintaku untukmu kan seperti Elemen Sekunder—bisa diisi ulang jadi tak bisa habis. Tidak seperti Elemen Primer yang sekali pakai langsung habis."

Dahyun hanya bisa mengelus kepalanya yang habis dijitak Eunwoo— dengan wajah yang lagi-lagi memerah.

TBC

[RTP] PHYSICS ✔Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang