Could you do better than your father or her father

1 0 0
                                    

Nggak ngerti saya udah pernah nulis ini apa belum, tapi seketika hal ini muncul dipikiran saya ketika ngeliat harga mainan di Kidz Station ketika jalan sama Mama kemarin, jangan salah meski sudah termasuk tua, tapi saya masih suka liat action figure atau mainan yang keren-keren, bagi saya mereka bisa mengingatkan saya kepada childhood memories. Saat liat liat harga, cek-cek dulu deh "harga mainan anak jaman skrg berapa sih ?" Ternyata lumayan mahal, tapi ya harganya masih masuk diakal lah.

Saya selalu inget kalau dulu pengen mainan, Papa kadang gak semerta-merta ngasih dengan begitu aja, ada yang harus dicapai dengan cara menabung (jadi biasanya nanti almarhum ngasih uang receh atau lembaran seribu, dan nanti uangnya dimasukan celengan), ada yang harus dapat nilai bagus dulu (meskipun nilai matematika saya gak pernah oke), ada yang lewat cara bekerja (dulu ketika ada era digitilasasi arsip, papa suka baaa dokumen hasil audit ke rumah nanti saya kerja scanin satu satu dokumennya, kadang sampe larut malam) pokoknya beliau mengajarkan ku bahwa sesuatu harus dicapai dengan kerja keras. Ini ilmu parenting yang bisa dicontoh dari beliau.

Beliau mendidik saya kadang sangat keras, hal-hal yang membuat trauma kadang ketika ambil rapot. Saat nilai matematika jelek, nanti beliau seolah berubah jadi "penyiksa" siap-siap diomel (tak jarang kata-kata kasar keluar dari mulutnya), nanti sebagai hukuman nilai jelek biasanya saya langsung dibawa ke Gramedia lalu nanti beliau membelikan ku buku-buku pelajaran yang nantinya harus aku kerjakan sampai liburan usai 😭. Pokoknya saya setakut itu dengan beliau. Dari ketakutan itulah yang kadang membuat saya tidak dekat dengan beliau sehingga lebih dekat ke mama, tapi saya tau beliau selalu memperhatikan tumbuh kembang anaknya.

Saat lihat mainan kemarin, saya tersadar.. sebenarnya ketika ada di posisi orang tua nanti "gue ini bisa gak sih mengupayakan yang lebih baik dari pada bokap gue ? Atau berperilaku lebih baik terhadap anak gue nanti ?" Wah ancur sih ini.. jadi ketakutan plus tantangan dalam hidup.. Tapi semoga Allah selalu melancarkan dan membantu saya dalam mewujudkan niat baik.

Pertanyaan itu juga menjawab sebenernya, tantangan-tantangan orang yang mau nikah. Tentu ketika sudah tau siapa yang dipinang, maka tantangan berikutnya adalah berhadapan dengan orang tuanya !! Kalian menyadari gak sih ? Kenapa kadang orang tua si cewe ini suka strict banget sama cowo-cowo yang niatnya emang nikahin anak gadisnya ?

Kalau dikalangan masyarakat kota pasti pertanyaan kayak ditanyain kerjanya dimana. Karir kamu kedepan mau jadi apa dan segala pertanyaan yang lebih ruwet dari pada interview kerja.

Atau kalangan pondokan, pasti ditanya kamu bisa ngaji gak ? Bisa baca kitab apa nggak ? Berapa surat yang kamu hafal ? Dsb.. yang seolah-olah kita dituntut buat jadi seorang ustad.

Hal itu sebenernya, orang tua si cewe pengen lihat seberapa meyakinkan kalian ketika nanti sang ayah menyerahkan putrinya ke kalian.. yang tentunya akan menjadi tanggung jawab kalian sepenuhnya sebagai suami. Tentu sang ayah yang begitu sayang dengan putrinya, menginginkan putrinya dapat seseorang yang minimal setara dengan cara sang ayah memperlakukan dan merawat putrinya. Pengen dapet seseorang yang bisa memberikan yang terbaik, seperti ayah memberikan yang terbaik untuk putrinya.. pokoknya mindset orang tua yang baik dan benar, pasti pengen memberikan segala hal yang terbaik untuk anak-anaknya..

Analogi. Kasarnya kalau lo seorang founder start up, lo pitching deh tuh ke investor.. kalau meyakinkan dengan planning dan track record lo, lo bakal dapet duitnya deh.. makannya besok-besok kalau lamar seseorang yang kalian suka, bawa juga Curriculum Vitae kalian. Setidaknya buat meyakinkan kalau lo proper buat ngelamar.

Dari tantangan-tantangan itu, lo bisa gak jadi sesuatu yang lebih dari your father atau her father. Merefleksikan diri mengenai kesiapan nanti kalian bakal jadi seorang ayah yang penuh dengan tanggung jawab.

LOVE : The UniverseTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang