Antropologi adalah suatus studi ilmu yang mempelajari tentang manusia baik dari segi budaya, perilaku, keanekaragaman, dan lain sebagainya. Antropologi adalah istilah kata bahasa Yunani yang berasal dari kata anthropos dan logos. Anthropos berarti manusia dan logos memiliki arti cerita atau kata.
|| BAGIAN 3 ||
" Bagaimana Fira? Apakah sudah dapat dipahami? " Guru wanita itu bertanya halus pada Fira, gadis berkacamata yang selalu terlihat gugup jika ditanya." S-sudah, Bu. "
" Bisa jelaskan kembali salah satu teori antropologi yang sudah saya jelaskan? "
Fira langsung gelagapan, menarik kertas di mejanya untuk melihat catatan yang ia buat. Sialnya tidak ada tulisan apa pun selain kalimat,
Antropologi adalah ilmu tentang manusia.
Hanya itu, kalimat yang bahkan belum selesai ia tulis tetapi pikirannya sudah berkenala ke tempat lain sehingga tidak bisa mencerna dengan baik penjelasan yang guru di depannya itu sampaikan.
" Masih belum bisa, Bu, " jawab Fira takut takut sembari menundukkan wajahnya.
30 menit kedua setelah jeda istirahat 15 menit diberikan, dan gadis itu belum bisa memahami apa pun selain ilmu tentang manusia. Bahkan ia tidak tahu makna kalimat itu.
" Pelan-pelan saja, Fira tidak perlu takut. Sampaikan apa pun yang kamu tangkap dari penjelasan saya. "
Fira mengangkat wajahnya, meremas kedua tangannya yang mulai berkeringat. " S-saya cuma catat pengertian antropologi, Bu. "
" Bisa dijelaskan? "
" A-antropologi adalah ilmu y-yang mempelajari manusia. "
" Ilmu yang mempelajari manusia? "
Fira merutuki dirinya sendiri, memukul kepalanya kuat, bodoh sangat bodoh! Bukan kalimat itu yang ingin ia ucapkan tetapi mengapa bisa keluar seperti itu yang membuatnya jadi bahan tertawaan di kelas.
" Antropologi adalah suatu studi ilmu yang mempelajari tentang manusia baik segi budaya, perilaku, keanekaragaman dan lain sebagainya. " Guru itu tersenyum menenangkan. " Tapi saya tidak menyuruh kalian untuk menghapal. Saya hanya ingin kalian memahami dan tahu apa maknanya. Saya juga tidak memaksa kalian harus bisa hari ini juga, tapi saya mau kalian memiliki usaha untuk bisa memahami. 15 menit istirahat akan lebih baik digunakan untuk kembali mengulik penjelasan dari para guru, dari pada mengobrol dengan teman membahas siswa yang paling keren di sekolah ini. " Satu kelas tertawa renyah, merasa tidak enak. Guru itu hanya tersenyum sembari membereskan barang-barangnya.
" Tinggal beberapa menit lagi ya sebelum istirahat. "
" Bu! "
Guru itu menoleh, melihat Fira mengangkat tangannya. " Ya, Fira? "
" Teori Evolusi Deterministrik adalah teori tertua dan dikembangkan oleh 2 tokoh pertama dalam antropologi, yaitu Edward Burnet Tylor tahun 1832-1917dan Lewis henry Morgan tahun 1818-1889. Teori ini berangkat dari anggapan bahwa ada suatu hukum atau aturan universal yang mengendalikan perkembangan semua kebudayaan manusia. Menurut teori ini setiap kebudayaan mengalami evolusi melalui jalur dan fase-fase yang sudah pasti. " Seisi kelas menatap Fira, gadis itu kembali menundukkan wajahnya bertepatan dengan bel yang berbunyi.
Semua siswa di kelas itu kembali ribut, ingin cepat cepat keluar menuju kantin. Ketua kelas dengan cepat menyiapkan pasukannya, lalu satu persatu siswa mulai keluar.
KAMU SEDANG MEMBACA
Sweet High School
Teen FictionPembukaan sekolah swasta terbaru daerah Ibu Kota. Mencari 500 siswa siswi dengan nilai terendah dari 34 provinsi di Indonesia. Jadilah angkatan pertama di sekolah ini! Bebas biaya alias GRATIS! Fasilitas yang di dapat : - Gedung sekolah bersih dan...