Atom adalah suatu satuan dasar materi, yang terdiri atas inti atom serta awan elektron bermuatan negatif yang mengelilinginya.
|| BAGIAN 4 ||
" Di dalam atom terdapat partikel subatomik utama yaitu proton, neutron, dan elektron. " Pria itu memiliki rambut yang mulai berubah warna, kini berdiri tegak menatap siswa kelasnya.
" Jelasnya begini, " katanya mulai menulis di papan putih.
Proton (p+)
" Untuk muatan positif. "
neutron (n0)
" Yang tidak bermuatan terdapat pada inti atom. "
Elektron (e−)
" Bermuatan negatif bergerak cepat dalam ruang sekeliling inti atom yang sangat besar sebagaimana adanya gaya tarik dari inti atom. "
Pria itu menghadap ke siswanya lagi, kini menaruh spidol hitam itu di atas mejanya. Ia dapat melihat siswa kelas IPA-1 itu seperti tidak minat dalam belajar atau memang kebanyakan dari mereka terdiam karena tidak tahu.
" Contohnya yang ada di sekitar kita seperti ini, cara membuktikan bahwa ada atom dalam kehidupan sehari-hari sangat mudah. Coba gosok-gosok balon yang terisi udara pada baju berbahan wol. Setelah digosok, balon bisa menempel di plafon rumah selama beberapa waktu. Itu terjadi karena permukaan balon menyerap listrik dari gesekan dengan elektron negatif baju wol. Balon menempel di plafon karena plafon bermuatan listrik positif sehingga tarik menarik dengan elektron negatif balon. "
" Pak! " Salah seorang siswa mengangkat tangan.
" Ada apa? "
" Kalau penggaris ini. " Siswa itu mulai menunjukkan penggarisnya. " Saya gosok ke rambut Entong. " Dan siswa itu mulai mempraktikannya pada teman sebangkunya membuat decakan kesal didapatkan. " Bisa enggak, Pak? " tanyanya lagi membuat pria di depan itu tersenyum singkat.
" Bisa! Kamu memperhatikan saya berarti. Begini, penggaris yang digosok pada rambut, akan membuat kertas kertas kecil menempel karena kandungan elektronnya. "
Siswa itu mempraktikan apa yang gurunya katakan, dan yang terjadi memang benar. Seperti ada daya tarik pada penggaris itu membuat potongan kertas yang ada di atas meja mulai menempel. Siswa siswi di dekatnya juga mulai melihat hal tersebut lalu perhatian guru itu kembali teralihkan begitu suaranya terdengar.
" Semua benda yang ada merupakan kumpulan bermilyar atom. Misalnya udara, adalah kumpulan dari atom Oksigen, juga zat lainnya. Garam, adalah kumpulan atom natrium dan klorida. Air, adalah kumpulan atom H dan O. "
Ronald. Guru kimia yang mulai lelah berdiri kini duduk di kursinya sembari membuka lembaran buku di atas mejanya.
" Kenapa kita enggak dikasih buku kalau di kelas, Pak? "
Pak Ronald mendongak, salah satu siswa duduk diujung paling pojok dekat jendela bertanya.
" Setiap harinya buku-buku itu ada di kamar kalian, silahkan dibaca baca untuk menambah pengetahuan. Kalian datang kemari untuk memperhatikan apa yang saya jelaskan, kerjakan tugas berdasarkan pengetahuan yang masuk ke otak kalian, kemudian jelaskan kembali apa yang sudah saya jelaskan. Untuk saat ini di kelas 10 kalian difokuskan belajar seperti itu, " jelas Pak Ronald.
KAMU SEDANG MEMBACA
Sweet High School
Teen FictionPembukaan sekolah swasta terbaru daerah Ibu Kota. Mencari 500 siswa siswi dengan nilai terendah dari 34 provinsi di Indonesia. Jadilah angkatan pertama di sekolah ini! Bebas biaya alias GRATIS! Fasilitas yang di dapat : - Gedung sekolah bersih dan...