Shirou dengan grogi membuka matanya saat tubuhnya memprotes kesakitan dan rasa sakit. Duduk dari posisi berbaring sambil mengabaikan otot-ototnya yang kurang berfungsi, dia mengambil pemandangan kuil Jepang di depannya saat matahari sore bersinar terang di langit biru yang cerah. Daun-daun dari pepohonan yang ditanam di dekat candi bergoyang lembut mengikuti arah angin saat burung-burung terbang berkelompok dan berkicau dalam melodi yang indah.
"Apa itu-" Shirou tidak dapat menyelesaikan pertanyaannya dengan lantang ketika gelombang ingatan memenuhi pikirannya. Arturia pergi, Angra Mainyu ingin dilahirkan kembali, matahari hitam, lumpur, memakan semua, kehancuran, marmer realitas. Shirou mengedipkan matanya dan langsung tersentak, sekarang sepenuhnya waspada. Kuil seharusnya agak hancur ... tetapi bangunan dan sekitarnya sepertinya tidak pernah menjadi saksi pertempuran sebelumnya. Itu tidak masuk akal! Pertarungannya dengan Gilgamesh, atap candi runtuh di atas bangunan itu sendiri, tanah beton berlubang di beberapa lokasi. Berapa banyak yang telah berubah? Kemudian dia teringat kata-kata terakhir Angra Mainyu, "Aku akan terus berusaha untuk menghancurkanmu, pemenang."
"Kehidupan" terkutuk yang membawa semua dosa dunia mengucapkan kata-kata itu dengan sangat pasti sehingga sepertinya tidak ada ruang untuk berdebat. Suara penuh kebencian yang membawa janji bahwa Angra Mainyu tidak akan pernah mengaku kalah. "Aku akan merobek asal dan jiwamu," teriak Grail setelah dia berhasil memanggil marmer realitasnya.
Ugh, Shirou menggelengkan kepalanya sedikit, tidak ada gunanya memikirkan hal itu sekarang. Namun kuil berhasil kembali ke bentuk semula begitu cepat, dia perlu memastikan bahwa Illya, Tohsaka, Fuji-nee, dan Sakura semuanya aman dan sehat. Dia hendak menuruni tangga ketika sebuah pikiran melintas di benaknya. Di mana Illya? Dia telah menggendongnya sepanjang waktu sampai reuni terakhirnya dengan Saber ... tidak, Arturia; tapi dimana dia sekarang?
Mengambil panorama cepat di sekitar tanah kuil, dia tidak bisa melihat Illya di mana pun di dekatnya. Masuk akal jika dia tidak ada di sini lagi, jika dia ada, para biksu yang hadir di sini yang berjalan kesana kemari pasti sudah memberi tahu seseorang sekarang. Mengetahui Illya tidak ada di sini membuat hatinya tercekat ketakutan, namun pemikiran bahwa dia aman dari pertarungannya dengan Angra Mainyu meyakinkannya, hal terbaik yang bisa dia lakukan sekarang adalah kembali ke rumahnya dan memeriksa apa yang sedang terjadi. .
Butuh lebih dari tiga puluh menit sebelum dia akhirnya mencapai rumah yang dia tinggali selama sebagian besar hidupnya. Membuka pintu masuk yang terjaga keamanannya, Shirou berjalan melintasi jalan berbatu sebelum tiba di pintu depan gedung utama. Membuka pintu yang sudah tidak terkunci, dia dengan cepat berseru, "Aku pulang," sebelum melanjutkan dengan melepas sepatunya. Saat itulah dia melihat ada yang tidak beres, sama sekali tidak ada sepatu yang diletakkan di teras depan. Melihat baik-baik di depannya, sama sekali tidak ada apa-apa, lorong yang dulu memiliki barang-barang yang tertata rapi di sisi dinding sekarang benar-benar kosong.
"Tohsaka? Illya?" dia memanggil dengan hati-hati saat dia melangkah lebih jauh ke dalam rumah tanpa repot-repot terus melepas sepatunya. Mengambil tepat setelah melintasi lorong, seluruh dapur gelap tanpa ada apa-apa di ruangan itu. Jantungnya dengan cepat turun ke perutnya saat dia merasakan ada sesuatu yang sangat, sangat salah. Sebuah firasat bahwa sesuatu yang buruk telah terjadi. Berlari ke ruangan di mana Tohsaka terluka sebelumnya ketika Kotomine Kirei tanpa ampun menyerang muridnya, Shirou tidak melihat jejak darah di dinding dan lantai, atau jejak yang tersisa dari dirinya yang pernah ada di ruangan itu ketika dia tiba di tempat kejadian. .
Shirou berlari keluar dari gedung utama dan segera pergi ke gudang untuk melihat apakah bengkel sihirnya berada dalam kondisi yang sama dengan mansion yang ditinggalkan ayahnya, Emiya Kiritsugu. Berjalan ke pintu, dia melihat kunci berantai logam menahan pintu di tempatnya. Ini belum pernah ada di sini sebelumnya. Mengabaikan kuncinya, dia dengan cepat memproyeksikan Kanshou dan memotong rantai logam itu dengan cepat saat kunci itu menyerah pada kekuatan bilahnya. Membuka pintu saat cahaya menyinari gudang pengap, hati dan perutnya celaka melihat pemandangan di depannya. Hampir tidak ada apa pun di gudang yang sebelumnya terisi tempat dia bekerja untuk sebagian besar hidupnya.