Shirou membantu Luca meletakkan piring kotor saat mereka bekerja sama untuk memasukkan semuanya ke dalam mesin pencuci piring. Setelah keduanya selesai, mereka kembali ke lantai atas ke ruang makan tempat semua orang masih berada.
"Oh, cepat sekali," komentar Irisviel terkejut ketika dia melihat Shirou dan Luca masuk melalui pintu.
Luca menyeringai bahagia ke arah Irisviel. "Aku punya Shirou-san untuk membantuku, itu membuat pekerjaan menjadi lebih mudah."
Shirou tertawa kecil melihat kejenakaan Luca, membuatnya mengingatkan dirinya sendiri seperti apa dia saat masih muda dengan Kiritsugu di sisinya.
Irisviel kemudian memberi isyarat kepada Luca dan Shirou untuk duduk di ruangan untuk memulai rapat hari ini.
"Shirou," Irisviel memulai, "sebelum kita mulai, apakah kamu memiliki pertanyaan tentang dua hari terakhir kamu tertidur?"
Shirou mengangguk. "Apa yang terjadi pada Waver dan Kariya?"
Irisviel memberi Shirou senyum lembut seolah tahu dia akan menanyakan pertanyaan itu. "Mereka berdua aman dan sehat. Meskipun aku tidak yakin ke mana Master Matou pergi, Master Penunggang memberi tahu kami bahwa dia akan menjalankan tugas sebelum dia pergi, mengatakan dia akan datang untuk berbicara denganmu dalam waktu dekat."
"D-dan... Sakura?" Shirou akhirnya bertanya dengan ragu-ragu, sangat berharap untuk tidak mendengar berita tragis apapun.
Kali ini Kiritsugu berbicara menggantikan Irisviel. "Itulah yang akan kita bicarakan hari ini," Kiritsugu mengumumkan dengan monoton. "Kemarin, Iri telah memintaku untuk mengumpulkan informasi tentang Matou Zouken, kepala keluarga Matou," jantung Shirou mulai berdetak lebih kencang karena cemas akan apa yang akan terjadi selanjutnya, "dan hasilnya tidak bagus," kata Kiritsugu dengan muram saat wajahnya berubah menjadi ekspresi lain yang tak terbaca.
"Crest Worms, lambang keluarga Matou yang diwariskan dari generasi ke generasi dalam bentuk familiar. Crest Worms ditanamkan ke generasi masa depan Matou di 'ruang pelatihan' magis di ruang bawah tanah yang penuh dengan cacing dan monster," Kiritsugu berbicara dengan sedikit menggertakkan giginya saat Shirou terus menatapnya dengan penuh perhatian. "Zouken dan Sakura tidak ditemukan di kediaman, namun, anak bernama Matou Shinji ada di sana tetapi tidak mendeteksi kehadiran kami. Mengetahui bagaimana potensi magis Matous menipis, saya tidak berpikir Matou Shinji akan melakukannya menimbulkan ancaman bagi kita semua."
Shirou mengangguk setuju dengan pernyataan itu. Shinji mungkin memiliki pengetahuan yang luas tentang berbagai ilmu sihir dan yang lainnya, namun, Shinji sendiri tidak mampu melakukan sihir apa pun tanpa bantuan dari luar.
"Saya juga telah meneliti melalui perpustakaan Einzbern yang kami miliki di sini tentang sejarah keluarga Matou," lanjut Irisviel di mana Kiritsugu tinggalkan. "The Matous adalah garis kuno orang majus yang awalnya dikenal sebagai Makiris sebelumnya ketika Tohsaka, Einzbern, dan keluarga Matou menciptakan ritual Heaven's Feel pertama. Melihat melalui latar belakang sejarah Matou Zouken, sepertinya namanya bermunculan di banyak tempat. dari buku-buku tua di sini di kastil dalam banyak kesempatan. Zouken, sebelum Perang Cawan Suci Pertama, dikenal sebagai Makiri Zolgen, generasi pertama kepala keluarga Matou. Zouken seharusnya berusia lebih dari tiga ratus tahun sekarang," Irisviel mengakhiri dengan ekspresi termenung.
"Tiga ratus tahun," sela Luca tiba-tiba dengan ketidakpercayaan yang terlihat jelas dalam suaranya saat semua mata di ruangan itu tertuju padanya, "... apakah itu mungkin?"
"Mengingat kemampuan Matou Zouken saja, tidak, itu tidak mungkin. Oleh karena itu, satu-satunya penjelasan untuk umur panjangnya adalah Zouken harus menggunakan metode alternatif untuk mencapai hasil. Dan mengetahui penyihir seperti dia—" Irisviel terdiam di akhir, memungkinkan semua orang mendengarkan untuk mengisi kekosongan.