05 Agustus 2022

3 1 0
                                    

Bertepatan dengan tanggal sidang TA ku dan teman-temanku sebenarnya malamnya aku sudah belajar tetapi saat sampai dikampus aku juga gugup, aku dan teman-temanku menunggu giliran kamu untuk sidang di hari itu. Ternyata aku mendapatkan urutan terakhir dalam sidang TA, sebelum masuk keruangan ntah kenapa gugupku terus bertambah dan aku juga banyak beristighfar di hari itu.

Tibalah giliranku untuk masuk keruangan 2.1 yg bisa sekarang kusebut sebagai ruangan keramat. Saat aku masuk ternyata Kaprodi ku izin untuk sholat dan aku pun inisiatif bertanya apakah boleh aku mulia presentasi nya. Saat tahap perkenalan dan menjelaskan isi ppt ku tangan ku seperti ala-ala orang yang akan menyanyikan padus aka paduan suara dikarnakan sangking gugupnya aku disaat itu.

Setelah aku selesai menjelaskan isi ppt ku. Yg keluar dari mulut penguji itu langsung menanyakan judul ku yg bermasalah dan hal itu membuat ku gugup dan ngeblank luar biasa. Saat itu mereka langsung menyuruh ku untuk memilih salah satu saja dari judul ku ini, jadi ku jawab karbon aktif.

Selanjutnya penguji mulia menanyakan yg sebenarnya dapat ku jawab dengan tenang tetapi tidak bisa karna aku gugup sekaligus masih agak ngeblank karna judulku yg bermasalah tadi. Ada salah satu penguji yg mengatakan aku mirip temanku tetapi penguji lainnya tidak setuju dan beliau mengatakan lagi bahwa aku mirip dengan dosen yg pernah mengajar di kampus ku yg membedakan yaitu beliau orang yg lembut dan tenang dalam bersikap dan berbicara berbeda dengan nada bicaraku yg ngegas dan penguji yg lainnya pun setuju akan hal tersebut. Bahkan aku tau ada pertanyaan yg kurang tepat jawaban nya tapi aku tetap kekeh dengan jawaban ku. Beliau mengatakan bahwa aku itu bisa menjawab pertanyaan beliau dari situlah aku mulia merasakan semangat untuk menjawab walaupun mash ngeblank

Penguji selanjutnya bertanya hal yg mudah seperti bagaimana proses pembuatan nya dikarnakan aku masih agak ngeblank jadi ada yg kulupakan saat menjawab tetapi beliau tetap menolongku agar aku dapat menjawab dengan baik. Untuk penguji yg terakhir ini beliau hanya bertanya knp aku memilih bahan ini ku jawab karna ditempat ku banyak hutan yg dimana seharusnya ku jawab banyak kebun.

Hal ini pun sontak membuat suasana di dalam ruang sidang menjadi hangat dan kami tertawa terbahak-bahak. Setelah selesai sidang dan keluar dari ruangan sidang aku pun menangis dengan kencang hal ini dipicu karna temanku mengatakan sudah menangis saja keluarkan saja. Sontak aku pun menangis dengan kencang yg membuat mungkin orang menjadi salah paham tetapi sebenarnya tangisku itu tangis yg campur aduk yg dimana kelegaan, kesenangan, kelelahan dan semuanya bercampur menjadi satu yg membuat pecahnya tangisku saat itu. Teman-temanku mulia bertanya kepada ku kenapa aku menangis, dan ku jawab tidak apa-apa aku hanya bahagia , keceritakan juga disaat sidang disana aku dan para penguji tertawa terbahak-bahak yg jadi masalah hanyalah judul saja.

Pada tanggal 05 Agustus 2022 ini setelah selesai sidang TA aku dan teman ku yg satu pembimbing TA yg pertama saling bercakap di telefon dikarenakan kami bingung dengan judul kami sendiri sehingga dengan inisiatif kami sendiri kami pun curhat dengan beliau dari mulai kami yg senang2 saja sampai kami menangis karna campur aduk. Beliau mengatakan bahwa hal tersebut anggap saja seperti kita sedang di interview untuk melamar pekerjaan. Dan hal itulah yg membuat kami tenang karna kata beliau, beliau akan mencoba untuk berbicara kepada penguji lainnya untuk mengganti judul saja karna isi dari Laporan kami itu sudah bagus.

Tetapi dikarenakan hal ini ada salah satu penguji yg salpah dg kami padahal kami hanya ingin meminta pendapat beliau selaku pembimbing pertama kami.

Saat itu pun pembimbing kedua kami ,menelfon ku untuk menanyakan apa kata pembimbing satu dan kujawab lah sesuai dengan apa yg kami bicarakan. Beliau mengatakan bahwa mungkin saja ada kesalpahan saja.

So guys itulah cerita aku selama nyusun skripsi dan kesulitan nya. Sebenarnya masih banyak lagi cerita nya tetapi aku meringkas secara keseluruhan saja dari cerita ku dan sudut pandangku.

Jadi buat yg semester akhir saranku jangan lupa makan dan minum walaupun kalian stress dengan Tugas Akhir tetap jaga kesehatan itu number one ok. Sekali-kali boleh healing tapi jangan keterusan ya. Intinya berenti sejenak boleh tapi tetap lanjut lagi ya

Su sus nah

Kamu telah mencapai bab terakhir yang dipublikasikan.

⏰ Terakhir diperbarui: Nov 22, 2022 ⏰

Tambahkan cerita ini ke Perpustakaan untuk mendapatkan notifikasi saat ada bab baru!

TATempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang