Apa yang membuat manusia berbeda dengan makhluk hidup lainnya, mungkin karena mereka memiliki moral dan etika yang diatur sendiri. Mereka memutuskan aturan mereka sendiri untuk memutuskan salah dan benar, apa yang bisa mereka lakukan dan apa yang tidak bisa mereka lakukan. Tidak apa-apa membunuh makhluk hidup lain, tetapi membunuh jenisnya sendiri adalah salah. Manusia memang rumit begitu saja.
Tapi, mungkin si pelihat mimpi memiliki aturan yang lebih rumit dibandingkan dengan manusia lain, itulah yang dipikirkan Cale.
Leno memiliki ekspresi muram ini sejak dia menyelamatkan pelihat mimpi wanita, Randya. Cale bertanya-tanya apakah ada hubungannya dengan aturan. Bahwa ketika pemimpi terlibat satu sama lain, mereka akan memperburuk kekuatan dan nasib mereka.
Itulah mengapa Cale memutuskan untuk mengawasi Leno lebih dekat akhir-akhir ini. Kalau-kalau dia melewatkan sesuatu karena dia tidak yakin tautan mereka akan mentransfer hal semacam ini.
Atau mungkin Leno bertingkah seperti ini karena sudah dua hari dan wanita itu belum juga bangun.
"Semakin kuat pelihat mimpi, semakin lama waktu yang mereka habiskan untuk tidur daripada bangun..." Itulah penjelasan Leno tentang kondisinya. "Itu tidak terjadi pada saya karena apa yang terjadi pada saya adalah kasus khusus," Leno menambahkan dengan cepat.
Dan tidak ada yang bisa mereka lakukan selain menunggunya bangun sendiri.
Dan tentu saja, saudara tirinya, Tura, terpaku di sisinya. Dia bahkan menolak untuk bergiliran mengawasinya dengan orang lain. Cale membiarkannya karena dia paling tahu perasaan anak itu.
"Jadi, apa rencanamu?"
"Hah?"
Leno menoleh ke arah Cale dengan wajah bingung. Mereka menghabiskan waktu bermain game yang mirip dengan catur. Cale menggerakkan bidaknya di papan permainan.
"Itu tidak akan berakhir seperti ini, aku tahu," gumam Cale, dia berbicara tentang pelihat mimpi lain di kastil. Dan dia tahu bahwa Leno tahu apa yang dia bicarakan. "Aku sudah menyiapkan rencana sendiri, tapi itu akan tergantung pada apa yang akan kamu lakukan dengan mereka."
Leno melihat ke bawah ke papan permainan dengan ekspresi yang tidak bisa dibaca. Dia menggerakkan bidaknya secara diam-diam. "Untuk saat ini, aku menunggunya bangun."
Cale mengangguk, dia melakukan hal yang sama. Dia memutar bidak di tangannya sambil berpikir. Dia tahu bahwa menyelamatkan Randya dan Tura tidak akan berakhir begitu saja, dia tahu bahwa Leno perlu menjalin interaksi ini dengan hati-hati.
Cale berencana untuk mengawasi situasi terlebih dahulu, dia akan memastikan bahwa Leno tidak akan melakukan sesuatu yang gegabah. Dia tidak akan pernah membiarkan hal buruk terjadi pada Bajingan ini lagi. Bahkan jika itu berarti ...
"Oh, bau apa ini?" Raon yang sedari tadi terdiam menyaksikan permainan mereka tiba-tiba mengangkat moncongnya ke udara. "Baunya seperti baumu, Mata Ikan, tapi lebih kuat..." Raon menyeka moncongnya dengan cakarnya saat dia terlihat bingung.
"Dia sudah bangun," kata Leno sambil melakukan langkah terakhir untuk mengakhiri permainan papan. Cara Leno mengatakannya dengan tenang terasa agak menakutkan. Mungkin karena dia bertindak seolah-olah dia tahu ini akan terjadi.
Dia benar-benar seorang peramal mimpi.
"Aku mengerti, apakah kamu akan bertemu dengannya?" Cale bertanya dengan nada santai, menekan kecemasannya di dalam.
"Aku harus," kata Leno lagi. Cara dia berbicara, seolah-olah dia tidak punya pilihan lain selain melakukan itu.
"Kalau begitu aku akan menemanimu," Cale tidak memberi Leno pilihan selain menerima. Leno berdiri dan tersenyum kecil.
KAMU SEDANG MEMBACA
Kehidupan Kembar Henituse Selanjutnya
Fanfiction[Trikuel 'Wajah Wajah Sejati'] Serangkaian kisah hidup Cale dan Leno setelah mereka sepakat menjadi saudara kembar. Bagaimana mereka menavigasi hidup mereka bersama dan mengatasi trauma satu sama lain. Bagi Cale, tidak mudah menjadi kakak dari seora...