Bab 2 : Pemakaman

360 28 1
                                    

Itu adalah hari yang dingin tetapi cerah pada tanggal 4 Januari 1992. Saat itu sekitar tengah hari, dengan matahari yang tinggi di langit menyinari, namun tidak banyak membantu melawan udara musim dingin yang membekukan.

Rusia berdiri diam dan menunjukkan ekspresi yang tidak dapat dibaca saat dia diam-diam melihat peti mati ayahnya perlahan diturunkan ke dalam lubang setinggi 6 kaki. Di satu tangan, dia memiliki karangan bunga. Di sisi lain, dia memegang erat ushanka Soviet.

Peti mati itu akhirnya mencapai dasar 6 kaki. Orang-orang yang berkumpul di sekitar melemparkan karangan bunga ke peti mati. Rusia mengangkat buketnya di depannya dengan cengkeraman erat, sebelum menghela nafas dan mengayunkan lengannya ke belakang untuk menjatuhkan bunga di atas tumpukan.

Ada saat hening ketika 2 pria dengan sekop memastikan bahwa setiap orang melemparkan bunga mereka. Ketika tidak ada yang memprotes, mereka mulai menyekop tanah dan mengisi lubang itu.

Rusia menyaksikan tanah jatuh di atas tumpukan bunga, perlahan menutupi peti mati. Dia menangkap sesuatu yang familier di sudut matanya saat kepalanya tanpa sadar mendongak untuk melihat apa itu. Di sisi lain lubang, America berdiri dengan tangan di saku celana bajunya.

Amerika membutuhkan beberapa detik untuk menyadari bahwa Rusia sedang menatap belati padanya. Mereka berdua berdiri di sana menatap satu sama lain. Rusia tidak bisa membaca ekspresi Amerika di bawah kacamata hitam bodoh yang dia kenakan.

America tidak menunjukkannya karena dia tidak ingin membuat masalah, tapi di dalam dia bersinar. Musuhnya sudah mati dan satu-satunya alasan dia datang adalah untuk melihatnya dikuburkan dengan matanya sendiri. Rusia curiga dan dia tidak tahu bagaimana dia bisa datang ke pemakaman.

Amerika adalah yang pertama memutuskan kontak. Dia dengan canggung menggeser berat badannya dan melihat kembali ke bawah, di mana kedua pria itu selesai mengisi lubang dan menepuk-nepuk tanah untuk membuatnya rata. Rusia memperhatikan dan melihat ke bawah juga.

Semua orang terdiam selama beberapa menit, dan Rusia dapat mendengar Ukraina menangis pelan pada dirinya sendiri.

Perlahan, semua orang mulai diam-diam pergi. Satu persatu massa membubarkan diri. Belarusia memeluk Ukraina dan menyeka air matanya. Dia menoleh ke Rusia dan memberitahunya bahwa mereka akan pergi. Rusia hanya mengangguk mengakui, menatap batu nisan.

Dia mendengar langkah kaki mereka di rerumputan secara bertahap semakin redup. Begitu dia tidak bisa mendengar mereka lagi, dia berjalan dan duduk di depan batu nisan. Dia menatap ukiran sebelum mengulurkan tangannya untuk menelusuri mereka dengan jari-jarinya.

Dia menghela nafas dan menarik tangannya, menatap ushanka yang masih dia pegang di tangannya yang lain. Dia melayangkan tangannya di atas bulu lembut itu dan menutup matanya, merasakan setiap helai. Dia membuka matanya lagi, menyadari bahwa penglihatannya sekarang buram karena air mata.

Dia menahan isak tangis sambil dengan hati-hati meletakkan ushanka tepat di depan batu nisan. Dia bersandar dan menghela napas gemetar. Sebelum dia bisa menghentikannya agar tidak jatuh, air mata mulai membasahi wajahnya. Dia menangis diam-diam selama beberapa detik sebelum dia menarik napas tajam dan tiba-tiba membungkuk, menangis di tangannya.

Dia mengambil tangannya dari wajahnya dan dengan erat menyilangkannya di dadanya, mencengkeram lengan bajunya. Dia menutup matanya rapat-rapat dan membiarkan semuanya keluar, karena tidak ada yang melihat. Atau begitulah pikirnya.

Matanya terbelalak saat mendengar seseorang berjalan di belakangnya. Dia mencoba menenangkan dirinya, tetapi sebelum dia bisa berbalik, orang itu angkat bicara.

"Sayang sekali."

Rusia mengerutkan kening dan menarik napas dalam-dalam, mengenali suara itu. Dia membiarkan kata-kata dan suaranya terngiang-ngiang di kepalanya sebelum menjawab.

Dengan suara gemetar yang tidak disengaja, dia bertanya, "Apa yang kamu lakukan di sini?"

Rusia tidak bisa melihatnya, tapi senyum merayap ke wajah Amerika. "Hanya ingin memastikan bajingan itu benar-benar mati."

Ketika Rusia tidak menanggapi, Amerika mengambil beberapa langkah ke depan. Rusia memusatkan perhatian pada setiap langkah dan setiap kebisingan yang dibuat rerumputan saat dia beringsut lebih dekat, menguatkan dirinya untuk apa pun yang dipikirkan Amerika di kepalanya. Begitu Rusia merasakan pukulan apa pun, dia akan berputar dan memberinya neraka, memastikan Amerika bergabung dengan Soviet di kuburan.

Tapi tidak ada yang pernah datang. Dia merasakan kehadiran Amerika tepat di belakangnya, membayanginya seperti Soviet pada suatu larut malam di tahun 1984. Dia menoleh untuk melihat orang Amerika itu, melihat jas dan dasinya yang bagus yang dia kenakan dengan murah hati ke pemakaman musuh bebuyutannya.

Rusia bernafas dengan gemetar saat dia menyeka air mata dari wajahnya, berusaha untuk tidak terlihat lemah di depan Amerika, yang dia tahu akan menertawakan kesedihannya.

America menertawakan dirinya sendiri pada keadaan emosional Rusia dan menatap batu nisan Soviet. Dia menjulurkan jari tengahnya dan membisikkan "Beristirahatlah, commie," sebelum berbalik dan berjalan pergi.

Rusia melihatnya pergi sebelum melihatnya berhenti di jalurnya. Amerika berdiri sejenak sebelum menoleh untuk menghadap Rusia. Senyum tak pernah lepas dari wajahnya saat ia berkata, "Sampai jumpa di pertemuan PBB berikutnya, Rusia."


Catatan:
ternyata Uni Soviet runtuh pada 26 Desember 1991 dan tampaknya pemakaman berlangsung sekitar seminggu setelah orang tersebut meninggal (ya saya mencarinya), maka mengapa pemakaman pada 4 Januari 1992. Saya tahu itu secara teknis 8 hari setelahnya

Space race gay Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang