Ruminasi 1 : 'Pesan Dari Masa Depan'

79 50 27
                                    

Kita manusia punya keistimewaan yaitu berfikir...

Hal yang menjadikan kita bisa bertahan hidup melawan apapun...

Setiap dari kita.. aku atau kalian.. kita punya pemikiran yang berbeda...

Terkadang dalam benak ada beberapa pertanyaan yang aku yakin, kalian akan merasa aneh...

Kadang aku bertanya 'apa warna merah yang aku lihat sama seperti merah yang kalian lihat?'...

'apakah dunia yang aku lihat, sama seperti dunia yang kalian lihat?'...

Sampai aku tiba di suatu kesimpulan setiap mata punya dunia sendiri..

Dunia seluas pemikiran...

Di dunia ini tak jarang kita terombang ambing, terbanting banting. Di dunia ini kita sendirian....

Mungkin kita bisa menggambarkan ke manusia lain. Tapi tak ada jaminan dia tahu pemikiran kita...

Bukan berarti tak bisa di tebak, pemikiran kita punya sesuatu yang disebut pola pikir...

Pola itu.... terbentuk saat aku atau kalian memimpikan hal hal yang menarik..

Memimpikan hal hal yang 'terlihat' nyaman...

Pelan pelan... Dua hal itu terakumulasi dan terlahir yang biasa kita sebut impian... Harapan... Cita citaa... Atau mungkin goal dalam hidup....

Selayaknya umur yang setiap tahun bertambah..

pemikiran juga meluas setiap saat..

Sejalan dengan apa yang kita lihat.. sejalan dengan wawasan yang kita punya...

Sebagai contoh saat SD waktu disinggung perihal cita cita tak akan jauh dari istilah 'dokter' 'pilot' atau 'astronot'...

Namun seiring waktu sejalan dengan umur pemikiran tentang cita cita meluas dan menyempit ke suatu minat seperti 'antropolog' 'arsitek' atau 'ahli hidrologi'...

Semakin luas pandangan kita opsi dalam tujuan akan semakin beragam...

Saat kita di hadapkan dengan pilihan yang amat banyak...

Pemikiran akan terbenani dengan hal yang di sebut 'keragu ragu an'...

Aku memang tak pernah kuliah... Tapi aku melihat ini bisa menjadi gambaran...

Pemikiran seorang mahasiswa di tahun pertama dia akan berusaha fokus dengan apa yang dia pilih... Dia punya goal 'lulus cumlaude'....

Setelah berjalan satu tahun dengan tugas dan kesibukan ini itu.... Akan timbul sebuah pertanyaan 'apakah ini pilihan yang tepat? Mulai membuat pembenaran terkait pilihan. Dan terjebak dalam 'self ruminasi' tentang jurusan....

Hingga akhir masa kuliah hanya tersisa 'gaal' hanya sekadar 'bisa lulus'...

Terombang ambing saat ingin meraih tujuan... Dan mulai mabuk di perjalanan... Setiap kita pasti melewati momen ini... Yang membedakan ada mereka diantara kita... Dia meskipun goyah tapi dia masih berpegang dengan apa yang dia yakini di awal sebagai goal.. meskipun terombang ambing dan terbanting banting dia tetap fokus... Bukan berarti dia tidak mabuk... Tapi sampai akhir goal dia tetap sama... Pasti langsung tergambar sosok seperti ini di benak kalian... Entah teman, senior, atau saudara... Dan kebanyakan dari kita akan menolak dengan kata dia 'jenius'...

DE RUMINATIONTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang