Perang Syiria yang telah meletus dari tahun 2011 benar-benar menyentak dunia. bagaimana tidak perang sudah berlangsung hingga 12 tahun, sudah banyak korban yang berjatuhan dari 3 pihak yang berperang (ISIS, Rezim Assad, Kaum Oposisi) belum ditambah korban sipil yang mungkin sudah menembus angka jutaan orang yang tewas. perang tersebut banyak tipu daya baik melalui media, tipu daya ideologi hingga tipu daya memanfaatkan agama namun dengan berkedok penerjemahan ayat yang asal-asalan.
Kisah diatas merupakan salah satu latar belakang baik pada kisah di chapter ini maupun sebagian chapter berikutnya dimana Bang Sueb menceritakan kisah hidupnya hingga kini.
kisahnya berlanjut ke merembetnya perang ke arah barat (utara afrika). walpoun pesta demokrasi bisa berlangsung di mesir yang memenangkan Ikhwanul Muslimin (IM). namun tiba-tiba mereka dikudeta oleh Militer di bawah jenderal AFS. bahkan meninggalnya Muhammad Mursi tahunn 2019 setelah ditahan sekian lama di penjara militer tidak mendapat satu perhatian pun dari dunia Internasional sedikitpun. Namun balasan bagi Jenderal AFS sungguh mengerikan, hama belalang yang menyerang mesir beberapa kali bahkan mahluk buas melata seperti kelabang, kala jengking sempat mewabah berat.... hingga akhirnya si AFS melepas tahanan politik IM menjelang Tahun 2021 berakhir. Motivasinya apa who knows, mungkin ada pembisik dari Al Azhar yang menyuruh dia melepaskan tahanan politik agar serangan binatang buas melata berkurang.
berlanjut kembali perang di libya yang berdampak turun tahtanya MK dari kursi kepresidenan setelah 42 tahun berkuasa. tinggalah libya terpecah menjadi 2 wilayah berdasarkan kesukuan besar yang saling berebut kekuasaan.
setelah libya, perang pun terus merembet hingga Azerbaijan vs Armenia dan Taliban vs AS dan NATO dan kawan-kawannya serta..... banyak sekali kalau mau dicatat. belum lagi tahun 2022 terjadi perang Ukraina vs Russia.
Dari sekian banyak perang tersebut banyak sekali fenomena menarik. yaitu banyak orang bisa komentar apa saja terkait perang. baik yang pro dengan salah satu pihak, maupun yang anti. fenomena lainnya adalah semua peristiwa perang bisa diakses hampir oleh seluruh dunia bahkan secara realtime, tergantung kondisi tentu saja semua mudah tersebar dengan media sosial.
apapun bisa ada di media sosial, dari mulai gossip, berita, pengetahuan, cerita fiksi bahkan hingga strategi diplomasi dan strategi perang.
tokoh yang diwawancarai pada cerita ini adalah tokoh nyata namun beliau tidak mau tampil, sangat low profil, beliau selalu berkata silakan saja mas nya aja yang menilai, mau percaya atau tidak terserah. Dia hanya memberikan clue nya yaitu akun twitter dia yang bernama @sueb_soleh sebagai jalan untuk melihat runtut kejadian baik pesan rahasia via mention akun tertentu maupun hal-hal lainnya yang setelah dilihat rupanya cukup memberikan perubahan pada dunia. Namun sayangnya akun tersebut sudah tidak dapat dibuka lagi, karena beliau lupa password.
Lalu seperti apa dia hampir terjebaknya, baik kita saksikan pada kisah wawancara berikut ini.
Sueb : Perang di Syiria sudah mencapai 2-3 tahun. tak ada perhatian sama sekali olehku pada perang tersebut. toh yang terjadi hanya antara Assad dan Oposisi yang notabene sama-sama sekuler. kalaupun ada yang berjuang membela islam hanya sedikit dan pengikutnya pun tidak banyak.
Aman : lalu bagaimana dengan perang Iraq II?
Sueb : oh iya itu (perang iraq II) sudah hampir selesai, tidak banyak perlawanan dari pasukan Iraq Pro Saddam, mereka seolah hilang ditelan bumi, entah gerilya atau sudah banyak yang tewas dibom oleh pesawat tempur Amerika dan Inggris. perlawanan keras hanya terjadi di daerah Fallujah, Ramadi dan Basra, itupun tidak lama. Akhirnya saddam Hussein ditangkap dan dijatuhi hukuman gantung. dengar kabar dia tertangkap karena dikhianati mantan menterinya Tareq Aziz
saya : lalu apa yang membuat anda mulai melihat perang Syiria? padahal saat itu gerakan IM Mesir sudah mulai ikut pemilu dan kabarnya mereka menang dan Muhammad Mursi menjadi Presiden Mesir, bahkan Erdogan di Turki pun sudah jadi PM lalu kemudian menjadi Presiden?
Sueb : masalahnya saat itu ada golongan yang membuat mata terbelalak dan seluruh dunia membicarakannya
Aman : Golongan apa dan seperti apa sepak terjangnya mereka?
Sueb : mereka adalah golongan ISIS kemudian dengan cepatnya mereka menguasai hampir 40% Syiria, dan 60% Irak hanya dalam waktu < 1 tahun. bahkan kota besar seperti Mosul, Tikrit, Fallujah, Kirkuk di Iraq dan Kota Ar-Raqqa hingga Palmyra telah dikuasai oleh golongan itu. mereka itu cukup cerdas mengkampanyekan berdirinya Negara Islam dengan nama Daulah Islam fi Iraq & Shiria (DAISH). kampanye lainnya cukup cerdas yaitu memperlihatkan bahwa daerah yang dikuasai oleh mereka sudah membangun, makmur, dan semua orang gembira. jargon yang dijual oleh mereka ya Jihad fi Sabilillah dengan perang dan menjadi WN mereka. buat orang Muslim yang baru masuk Islam itu menarik sekaligus menjebak..... banyak yang terjebak dan akhirnya banyak yang hilang entah kemana (semoga Alloh melindungi dan menyadarkan mereka semua). benar-benar jebakan plot twist terbaik di abad ini.
Aman : Jebakan seperti apa yang ditebar oleh mereka dan seperti apa caranya apakah dalam bentuk pengajian, taklim atau dalam bentuk apa?
Sueb : Kebanyakan jebakan yang mereka tebar melalui ajakan secara online dimana didalamnya ada nomor kontak, baik telepon maupun telegram, dan didalam kontak tersebut mereka kemudian membuat sebuah grup baru yang isinya propaganda "jihad" dan "perang" melawan orang kafir dan pendukungnya. namun untungnya Alloh SWT masih membimbing saya dan menahan saya dengan membuat saya kritis.... apakah itu boleh dan apakah Hukum Islam boleh begitu. sisanya saya hanya tahu dari media massa bahwa ada pengajian atau taklim dan diakhiri rekrutmen agar berangkat ke Irak dan Syiria... tapi saya tidak begitu tahu hal tersebut karena saya tidak pernah mengalami dan atau mengajukan diri agar bergabung minta diajak oleh mereka.
Aman : Sejak kapan anda mulai menjauh atau setidaknya mencium gelagat keanehan di gerakan tersebut?
Sueb : sejak mereka menerapkan hukum membakar pilot Yordania yang pesawat tempurnya ditembak jatuh oleh kelompok ISIS itu. sepengetahuan saya hukuman dalam Islam itu berupa cambuk, potong tangan (mencuri), rajam sampai mati (bagi pezina yang sudah bersuami/beristri), diasingkan (bagi pezina belum menikah), Qishosh (balas dengan hal yang sama, bunuh dengan bunuh, potong dengan potong, luka dengan luka), hukuman mati (bagi pengkhianat negara, pelaku LGBT yang tidak mau taubat dsb). Keanehan yang ditemui yang membuat saya menjauh itu ketika di video mereka menerapkan hukuman bakar tersebut dengan alasan hukum Qishosh, dalam Islam tidak ada dan tidak pernah dikenal hukuman tersebut.
Bahkan saya pernah baca hadits bahwa beliau SAW pernah menerapkan hukuman yang sama kepada salah satu Bani di utara madinah yang membantai 30-40 orang sahabat Nabi yang 10 diantaranya ahli berkebun kurma, dimana mereka dibunuh dengan cara keji tangan dan kaki dipotong bersilangan dan lidah juga dipotong dan di biarkan telantar di padang pasir. Kemudian beliau pun menjatuhkan hukuman yang sama terhadap Bani itu, namun setelah hukuman tersebut dilaksanakan beliau ditegur oleh Alloh SWT melalui Al Qur'an atau hadits dengan perkataan apakah tidak ada bentuk hukuman lain yang tidak berlebihan yang kemudian ditafsirkan oleh para sahabat bahwa hukuman untuk perbuatan keji dan kejam seperti yang dilakukan oleh bani tersebut cukup hukuman mati (yang dikenal berupa Rajam (pezina bersuami/istri, penggal (perbuatan melawan hukum yang menyebabkan kematian), ataupun dijatuhkan dari ketinggian (LGBT)) tanpa perlu dibuat menderita seperti yang mereka perbuat sebelumnya. itu yang pernah saya ingat. sehingga otomatis pelaksanaan hukuman mati oleh ISIS dengan hukum bakar hidup-hidup tidaklah sesuai syariat Islam, artinya ISIS menterjemahkan (menafsirkan) sendiri ayat-ayat Alloh tanpa berkaca pada sejarah dan Hadits nabi atau pada zaman Para Sahabat terkait penerapan hukum mati. setelah itu saya mulai teringat perilaku Khawarij yaitu pihak yang selalu mentafsirkan ayat dan hadits seenak perutnya tanpa Ilmu, tanpa melihat sejarah dan tanpa pertimbangan dari Ulama Ahli Qur'an dan Hadits.
Aman : Penjelasan yang cukup detail bang... Bisa dikisahkan gak bang dari awal bagaimana abang mengenal Islam dan peduli dengan nasib ummat Islam
Sueb : Wah ceritanya panjang bang mau dari kapan?
Aman : hahhaahaha terserah boleh bang siapa tahu bisa dijadiin film HBO dan Hollywood
Next
KAMU SEDANG MEMBACA
Small Rocks Who Beat The Giants : Sueb The Keyboard Warrior
Tiểu thuyết Lịch sửKisah seorang pemuda misterius (anonim) yang memberikan pesan-pesan rahasia terkait strategi perang, negosiasi diplomasi perdamaian antar bangsa hingga bahasan berdasarkan sejarah untuk strategi perang ataupun diplomasi. Kata kunci rahasia : El Fath...