Chapter 14

613 38 0
                                    

Di  perjalanan  pulang,  aku  menyempatkan  diri  untuk  melihat  kembali  artikel  yang kusimpan  di  ponsel.  Sudah  tiga  cara  kulakukan  demi  membasmi  hantu  itu.  Tapi ketiganya  sama  saja.  Tak  ada  satupun  yang  manjur  efeknya.  Yaah,  mungkin  yang  ketiga agak  benar  sedikit.  Tapi  aneh,  sudah  tahu  tak  ada  efek  apapun  tetap  saja  aku  terus mencarinya.

Kubaca dengan  penasaran  urutan  keempat dari cara yang  katanya  manjur  itu.

4.  Rasa  takutmu  bisa  hilang  secara  perlahan.  Caranya,  kamu  hanya  perlu menghindari tempat-tempat  gelap yang  terkesan  seram.

Tempat  gelap?

Aku  bergumam  sambil  terus  berjalan.  Mungkin  aku  harus  menyalakan  semua lampu  di  rumah  supaya  terang  benderang.  Tapi  Kak  Auston  bisa-bisa  mengamuk  karena tagihan  listriknya  yang  sudah  bengkak  malah  makin  membengkak.  Ujung-ujungnya, pasti uang  jajanku—yang  tak  seberapa ini—dipotong.

Omong-omong,  akhirnya  aku  menceritakan  keluh  kesahku  pada  Stevia.  Tentang hantu  itu,  tentu  saja.  Dan  tahu  apa  yang  dikatakannya?  Dia  bilang  aku  bodoh.  Syalan! Tentu  saja  aku  marah.  Entah  dia  bilang  bodoh  karena  aku  yang  bukan  indigo  ini  bisa melihat  hantu,  atau  mungkin  bodoh  karena  menolak  kehadiran  hantu  tampan  itu  di rumahku.

Dan  Stevia  malah  menanyakan  nama  hantu  itu.  Sampai  sekarang  saja  aku  belum tahu  siapa  namanya.  Kalau  dilihat  dari  pakaian  yang  dikenakannya,  sepertinya  itu adalah pakaian  mahal untuk  kaum bangsawan  era penjajahan  Belanda  dulu.

Dia  pasti  hantu  bule.  Apalagi  saat  aku  tidak  sengaja  melihat  maniknya  yang berwarna  biru  gelap.  Juga  rambutnya  yang  gelap  kecoklatan.  Astaga,  tampannya.  Coba saja  kalau  dia  masih  hidup,  aku  yakin  dia  pasti akan  punya  banyak  penggemar alay  yang tersebar di mana-mana.

Akhirnya  aku  menginjakkan  kaki  di  teras  depan.  Kutolehkan  kepala  ke  belakang, hari  sudah  hampir  senja.  Aku  kembali  menghadap  depan.  Bibirku  langsung  manyun.
Dengan  langkah  cepat  aku  menerobos  pintu  yang  sebenarnya  memang  sudah  terbuka setengah dengan  menghentakkannya keras.

Gebrakan  keras  itu  membuat  Mia  yang  sedang  duduk  di  sofa  langsung  berjengkit kaget.  Dia  memelototiku.  Sungguh  pelototannya  itu  sama  sekali  tidak  bisa  menandingi pelototan  legendaris milik Suzanna.

“Kak!  Bisa  kali  ketok  dulu  pintunya!”

Aku  hanya  mengedik  cuek.  “Pintunya  udah  kebuka,  kok.”  Lantas  aku  segera menghampiri  saklar  lampu  dan  menekannya  hingga  menerangi  semua  ruangan  dalam sekejap.  

Ruang  keluarga  yang  tadinya  hanya  diterangi  oleh  satu  lampu,  sekarang  sudah menyala  semua.  Lampu  teras  juga  sudah  kunyalakan.  Mia  tampak  ingin  bicara,  tapi kuhiraukan  dan  memilih  melenggang  menuju  dapur.  Sama  seperti  tadi,  kunyalakan lampunya.  Kamar  mandi juga kunyalakan.

Lalu  naik  menuju  lantai  dua.  Pertama,  ke  kamar  Kak  Auston  untuk  menyalakan lampu.  Aku  bahkan  sempat  heran,  tumben  pintunya  tidak  dikunci.  Baru  kali  ini  aku masuk  ke  kamarnya  yang  biasanya  selalu  dikunci.  Sambil  berkacak  pinggang,  aku mengamati  sekeliling.  Mana  tahu  ada  sesuatu  yang  disembunyikannya  sampai  melarang kami untuk  masuk.  

Hm,  aku  memiringkan  bibir  seraya  menyipitkan  mata.  Sudah  bolak-balik memastikan  isi  kamar  ini,  tapi  sepertinya  memang  tak  ada  sesuatu  yang  patut  dicurigai. Kamar  ini  biasa  saja,  rapi  walaupun  agak  sedikit  berdebu.  Jendelanya  juga  dibuka  lebar. Aku  beranjak  mendekati  jendela  itu  dan  menutupnya.  Ini  sudah  sore,  jadi  ketimbang nyamuk nanti masuk,  lebih baik  ditutup saja.

Duduk  di  atas  kasur  besar,  kuamati  sekali  lagi  kamar  ini.  Aku  masih  tidak  paham kenapa  Kak  Auston  melarang  kami  untuk  masuk.  Bahkan  aku  tidak  pernah membersihkan  kamarnya  walau  hanya  sekedar  menyapu  saja.  Apa  mungkin  dia  pikir, kami akan  membuat  kamar ini  berantakan? Heish,  tidak akan.

Bagaimanapun  juga  ini  adalah  kamar  papa  dan  mama.  Kenapa  juga  kami  tidak diizinkan  masuk.  Oh,  atau  mungkin  dia  punya  rahasia?  Sesuatu  yang  tersembunyi sehingga aku dan  Mia  tidak boleh masuk?

Yasudahlah.  Tak  ingin  berlama-lama  di  sana,  aku  beranjak  ke  kamar  Mia, menyalakan  lampu  hingga  memperlihatkan  dengan  jelas  betapa  berantakannya  kamar bocah  itu.  Aku  bahkan  baru  tahu  kalau  dia  suka  membawa  masuk  camilan  kecil  dan memakannya  di  kamar.  Lihat  saja  bungkusan-bungkusan  snack  itu.  Ada  yang  di  atas kasur,  di  depan  lemari  dan  di  atas  meja  belajar.  Belum  lagi  pakaian-pakaiannya  yang berserakan  di  mana-mana.  Entah  mana  yang kotor mana yang bersih. Sebelum  kepalaku  pecah  gara-gara  melihat  kamar  yang  sudah  seperti  kapal  pecah  ini,  aku  memutuskan  untuk  keluar saja.

Dan,  terakhir  adalah  kamarku  sendiri.  My  room  is  heaven!  Aku  melangkah  riang dan  langsung  menyalakan  lampu.  Seketika  kamarku  jadi  terang  benderang.  Kuamati sekeliling  sambil berkacak  pinggang.  

Ahey!  Oke,  semua  lampu  di  rumah  ini  sudah  menyala  terang.  Dengan  begini,  hantu itu pasti  tak  akan berani muncul.  

Tapi  ternyata  kelegaanku  tak  bertahan  lama.  Karena  detik  berikutnya,  kulihat penampakan  yang  sama  sekali  tidak  diinginkan.  Hantu  itu  muncul  lagi!  Dia  bahkan berani  berdiri  tepat  di  bawah  lampu  kamar  dan  menengadah  untuk  menatap  lampu yang  bersinar  terang  itu.  Kemudian  menutup  matanya  perlahan  dan  menunjukkan ekspresi  seolah  menikmati  sinar  itu  meresapi  wajahnya.  Juga  ditambah  dengan  smirk menyeramkan.

Mulutku  menganga  lebar.  Aku  menyumpah  serapah  artikel  yang  kubaca  sore  tadi. Mengutuk  pula  kebodohanku  yang  dengan  polosnya  justru  mengikuti  apa  yang  tertulis di sana.

Apanya  yang  takut  gelap?!  Lihat!  Hantu  itu  bahkan  dengan  tenangnya  menatap lampu  yang  sedang  menyala.  Seolah  menunjukkan  kalau  dia  tidak  akan  hangus  terbakar seperti Vampir  kalau terkena sinar.

Tubuhku  mendadak  gemetar.  Apalagi  saat  dia  mulai  berjalan  perlahan mendekatiku.  Sungguh,  itu  terlihat  seperti  sebuah  ancaman  mengerikan.  Senyumnya terlihat  mengejekku  hingga  ke  nadi.  Mungkin  dia  ingin  menunjukkan  langsung  padaku kalau dia  tidak akan  hancur  hanya dengan  cahaya terang.

Aku  baru  akan  berteriak  kencang  kalau  saja  suara  pekikkan  menggema  di  bawah sana tidak membuatku  tertegun kaget.

“MONA!!!”

Kak Auston!

“Kenapa  semua  lampunya  nyala  gini?!  Kamu  mau  bikin  tagihan  listrik  bengkak, hah?!” 

Matek aku!

Tak  lama  pekikan  itu  kembali  dengan  nada  yang  lebih  mengerikan  dari sebelumnya. 

“Ngapain juga kamu  masuk  kamar,  kakak?!”

Bye  world...

My Friendly Ghost

My Friendly GhostTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang