MUROJA'AH

75 2 0
                                    

Bismillahirrahmanirrahim...
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh...

Aku mau mulai lagi, untuk lanjutkan ke judul berikutnya, tentang Muroja'ah.

Istiqomah Muroja'ah: satu-satunya cara untuk menguatkan hafalan Al-Qur'an.

Apakah Muroja'ah tersebut?

Muroja'ah artinya menjaga hafalan Al-Qur'an.

Jadi, jika namanya Muroja'ah Al-Qur'an artinya adalah menjaga hafalan Al-Qur'an dengan terus menerus mengulang nya guna meraih mutqin (kuat dalam bacaan, hafalan, pemahaman, dan pengalaman yang menjadi impian seluruh para hafidz Qur'an. untuk apa? Supaya tidak hilang hafalan Al-Qur'an tersebut.

Hafalan Al-Qur'an tersebut harus selalu ada dijaga jangan sampai hilang dari dalam hati mu dan pikiran mu. Karena untuk apa jika sudah hafalan selama apapun, tapi setelah selesai 30 juz tersebut hilang kembali? Apakah kamu ingin menghafal Al-Qur'an tersebut hanya 1x? Percuma dong! Karena hafalan Al-Qur'an harus selalu ada di dalam hati dan pikiran mu selama hidup mu. Makanya harus selalu yang namanya dijaga atau disebut Muroja'ah. Ada yang namanya Tilawah dan ada yang namanya Muroja'ah.
Untuk Tilawah itu adalah membaca Al-qur'an.
Kapan? Sebelum atau sesudah shalat atau bisa dikedua nya, atau terserah kamu yang ingin melakukan kapan kamu mau untuk yang namanya Tilawah/membaca Al-Qur'an tersebut 🙂.
Begitu pun untuk yang namanya Muroja'ah Al-Qur'an. Kasih waktu khusus untuk yang namanya Muroja'ah Al-Qur'an atau untuk yang namanya menjaga hafalan Al-Qur'an tersebut. Agar tidak hilang.
Menghafal Al-Qur'an itu tidak untuk sekali hafal selesai sampai 30 juz, lalu kamu tinggalkan, jangannn...

Alhamdulillah kamu sudah menyelesaikan hafalan Al-Qur'an sebanyak 30 juz dalam waktu yang kamu jalankan. Selama apapun kamu menjalankan menghafal Al-Qur'an tetap harus disyukuri. Lalu kamu lanjutkan untuk yang namanya Muroja'ah Al-Qur'an atau menjaga hafalan Al-Qur'an tersebut 🙂.

Tetap semangat dan terus menerus jangan berhenti untuk yang namanya Muroja'ah Al-Qur'an atau menjaga hafalan Al-Qur'an tersebut 🙂.

Metode muroja'ah merupakan suatu cara yang dipergunakan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan dengan cara mengulang kembali hafalan yang sudah pernah dihafalkan untuk menjaga dari lupa dan salah.

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh...

Terimakasih untuk yang sudah membacanya dari awal hingga di judul ini, jika nanti ada judul selanjutnya, ditunggu saja ya dan jangan lupa untuk membaca nya 🙏😊

Nida
Sabtu, 3 Juni 2023

MOTIVASI AL - QUR'ANTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang