Senin, 31 Juli 2023
Dosen Kajian Prosa, Pak Pri, beliau selalu meminta kami membaca satu-dua cerita pendek ketika mengisi materi di kelas. Katanya untuk membangkitkan gairah membaca kami yang sangat tumpul tak terkira.
Sejujurnya aku mengakui dengan perasaan malu bahwa minat baca Indonesia amat rendah (apalagi di kelas kami), toh datanya pun jelas di internet, contohnya dalam judul salah satu artikel berikut, "UNESCO: Minat Baca Buku di Indonesia Urutan ke 60 dari 61 Negara", sungguh miris bukan?
Namun, aku tidak akan membahas tentang keprihatinan, kepedulian, atau menjelaskan cara-cara mengatasi rendahnya minat baca di Indonesia, prosesnya sulit sekali. Amat panjang dan berliku, hampir mustahil.
Justru di sini aku ingin membahas tentang bagaimana cara Pak Pri, dosen kami yang selalu tepat waktu, mengajari sastra kepada mahasiswa baru.
Mulanya kupikir mata kuliah ini akan serius karena mengkaji prosa yang cakupannya luas, ditambah wajah sang dosen terkesan galak dan misterius. Namun, setelah dua semester berlalu, mata kuliah ini tidak sesuai dugaan, ternyata beliau cukup bersahabat dan bersemangat ketika membahas lebih jauh tentang cerita pendek yang sedang dibahas sepanjang kelas.
Di sinilah masalahnya, meskipun pembawaannya terkesan ramah dan kebapakan, tapi beliau sangat keras kepala, seakan hanya dialah orang paling benar di kelas itu setiap kali menyimpulkan makna cerita sesuai kehendaknya, sambil berkata, "Saya sudah membaca cerita pendek ini seribu kali, malah lebih, tidak terhitung jumlahnya." atau "Saya kenal penulisnya dan pernah bertemu sapa dengannya beberapa kali, tidak terlalu dekat, tapi kami, setidaknya, saling kenal."
Jika mengatakan sesuatu kalimat panjang untuk menunjukkan bahwa beliau seorang veteran tidaklah masalah, tapi menyebutkan hal semacam itu hampir di setiap pertemuan, rasa-rasanya ada yang salah dari dosen ini.
Sepertinya keangkuhan dalam dirinya membatu sampai ke hati, karena lamanya bergelut di bidang ini.
Siapa yang tahu?
KAMU SEDANG MEMBACA
Catatan Tiap Semester Mahasiswa Bahasa dan Sastra Indonesia
ContoSeuntaian rangkuman kejadian-kejadian yang terjadi dan pemikiran tidak pasti sepanjang masaku menjadi seorang mahasiswa Bahasa dan Sastra Indonesia S-1 di tiap semester. *** Start: 12 Desember 2022 End: ? *** Update setiap hari Senin jam 19.00 WIB