Tips Bermanfaat untuk Penulis Pemula

235 15 1
                                    

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.


Halo para penulis!! Ini dia beberapa hal yang bisa memudahkan mu terjun di dunia kepenulisan 🖋️💙


🤞 Cari banyak teman

Menulis sendiri itu nggak enak!

Percaya, deh! Dengan gabung ke komunitas menulis, kamu bakal punya teman menulis. Saat tahu temanmu update bab baru, kamu pasti bakal lebih semangat supaya bisa update juga.

Saat kamu tahu ada teman yang lebih keren dari kamu, kamu pasti bisa banyak belajar dari dia juga.

Kalian juga bisa saling bertukar feedback, bagi-bagi saran, dan saling bantu untuk mempromosikan cerita. Seru, kan?

🤞 Perluas zona nyaman
Coba deh sekali-kali keluar dari genre nyamanmu, misal kamu penulis romansa, coba tulis genre misteri atau yang lainnya, atau kamu bisa gabung dua genre yang berbeda itu.

Tidak usah tulis yang panjang-panjang, buat saja 10 bab atau kurang dari itu. Hitung-hitung melatih gaya menulismu.

Tidak hanya menulis, coba juga membaca buku yang berbeda dari genre favoritmu. Mungkin saja bisa menambah ide baru untuk ceritamu.


🤞 Tulis sesuatu yang bermakna bagimu
Misalnya, kamu menulis tentang orang yang kamu sukai dan kamu cintai (bisa teman atau keluarga), atau tentang apa yang mengganjal di hatimu. Bisa juga kamu menulis tentang balas dendammu agar hatimu lebih plong!

Dengan begitu, kamu akan lebih PD dan merasa keren sama tulisanmu sendiri. Juga mengurangi pikiran membandingkan karyamu dengan karya penulis dengan pembaca puluhan juta. Dan pastinya, cerita itu akan punya space tersendiri di hatimu.

🤞Jangan dengarkan hate comment

Hate comment di sini yang cuma suka jatuhin tanpa kasih kritik yang membangun, lho ya! Jangan dengarkan komentar orang-orang yang merendahkan ceritamu.

Beberapa penulis suka sekali membandingkan cerita A dengan cerita B, atau kadang merasa jika genre yang dianutnya lebih superior daripada genre yang lain. Abaikan itu semua.

Tulis apa yang kamu suka, perbaiki jika ada yang memberi saran, dan tutup telingamu dari para haters!

🤞Tulis apa yang kamu sukai
Menulis apa yang kamu sukai akan membuatmu rela melakukan apa saja demi menuntaskan cerita itu.

🤞 Tulis adegan yang terus berputar dalam otakmu
Semangat bisa muncul saat kamu nggak sabar untuk menulis adegan tertentu yang sudah kamu siapkan jauh-jauh hari.

Semakin tinggi semangat, semakin sering kamu menulis, maka tulisanmu juga akan cepat selesai. Pembaca juga bisa merasakan semangat dari tulisanmu itu juga lho! Jangan diremehkan.

🤞Hati-hati dalam memilih kata
Cerita yang kamu publish akan menjadi konsumsi umum. Pembaca kebanyakan akan meniru apa yang dilakukan oleh tokoh yang mereka sukai.

Jadi, berhati-hati dalam menulis. Jangan menormalkan hal-hal buruk seperti geng motor yang suka buat onar, pelajar yang jago tawuran, hamil di luar nikah, suka memberontak, dsb.

Tulislah hal-hal baik yang sekiranya bisa memberikan manfaat bagi orang-orang 💕

🤞 Fokus pada diri sendiri
Kebanyakan penulis pemula merasa insecure dengan tulisannya atau dengan penulis lain. Jangan sedih, jangan iri.

Fokus pada perjalananmu sendiri, kalau kebanyakan melihat-lihat, nanti kamu ngak segera sampai di tujuanmu.

Kembangkan dirimu. Mereka yang sukses dulu juga sama seperti kamu, tapi mereka nggak berhenti belajar.

🤞 Harus banyak belajar
Menulis bukan hanya sekadar menulis. Kamu masih harus belajar banyak, mulai dari hal remeh seperti cara menulis, EYD, kata baku, sampai ke cara mengembangkan tokoh, membuat outline, mengembangkan narasi, dsb.

Kamu bakal sadar kalau ternyata menulis itu nggak mudah 🤭 Meski begitu, belajar menulis akan menjadi hal yang seru karena menulis adalah kesukaanmu.

🤞Tulis apa yang menganggu rasa penasaranmu

Mungkin kamu akan butuh waktu lebih lama untuk riset, tapi kamu akan mendapatkan banyak wawasan dan informasi yang melimpah untuk bahan promosi.

Kamu bisa memilih apa yang sedang trending saat ini, misalnya tentang kesetaraan hak, bahaya pernikahan muda, profesi tertentu, pemanasan bumi, masalah sampah, dsb.

Rasanya seru menulis sambil mengumpulkan informasi, masuk ke berbagai komunitas, mengadakan survey atau wawancara, dll. Contohnya saja dalam novel Adiksi (tersedia di Wattpad), aku menceritakan tetang pemuda yang kecanduan pornografi dan upayanya untuk berhenti.


Jadi makin semangat buat nulis cerita nggak nih? Yuk promosi ceritamu di komen! Kali aja ada pembaca yang nyangkut


Tips-tips yang ada di sini adalah milik fukuyama12 dan sudah diupload melalui instagram fukuyama_12 dan tiktok fukuyama12

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Tips-tips yang ada di sini adalah milik fukuyama12 dan sudah diupload melalui instagram fukuyama_12 dan tiktok fukuyama12.

Dilarang keras untuk mengupload ulang dengan isi yang 100% sama dan tanpa memberikan disclaimer.

Peta untuk PenulisTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang