Kemarin sudah bahas Mary Sue/Gary Stu yang serba sempurna dan tidak realistis itu. Nah, gimana ya cara biar karakter kita nggak seperti itu?
💐 HINDARI KLISE YANG SEAKAN MENDEWAKAN KARAKTERMU
Biasanya Mary Sue/Gary Stu ini memiliki fisik yang sama-sama digambarkan sempurna tanpa celah, beberapa dari mereka lahir dari keluarga yang tidak berkekurangan dalam hal materi, mereka dicintai oleh semua orang secara alami, dan hal-hal sempurna lainnya.Daripada membuat seperti itu, berikan hal lain yang lebih realistis, ya!
💐 BIARKAN KARAKTERMU GAGAL DAN BELAJAR DARI SANA
Mungkin beberapa penulis akan merasa kasihan jika membuat karakternya menderita, jadi mereka akan tidak berani membuat mereka gagal dalam segala hal.Padahal dalam dunia nyata, manusia harus jatuh-bangun merasakan kegagalan agar bisa menjadi lebih baik.
💐 TETAPKAN TUJUAN UTAMA KARAKTER
Biasanya, Mary Sue dan Gary Stu ini tidak memiliki tujuan yang jelas atau bahkan sering berubah-ubah, konflik dalam cerita seolah-olah tidak jelas atau bahkan tidak memiliki konflik sama sekali.Padahal, konflik bisa membuat karaktermu berkembang dan cerita menjadi mengasyikkan.
💐 BUAT PROFIL KARAKTER YANG JELAS
Apa kelemahan karakter?
Bagaimana latar belakang mereka?
Karakteristik apa yang ada dalam diri karakter?
Bagaimana mereka menggerakkan plot?
Apa saja yang menjadi hambatan/batasan bagi karaktermu?💐KEUNIKAN BUKAN KEKURANGAN
# Keunikan adalah hal yang bisa diterima oleh karakter itu sendiri dan bukan bagian dari ciri-ciri kepribadian. Keunikan bahkan bisa menjadi hal yang positif suatu waktu dan membedakan karakter dengan karakter lainnya.# KEKURANGAN adalah yang yang tidak diterima atau tidak diharapkan keberadaannya. Selama cerita berlangsung, karakter berusaha untuk menyangkal adanya kelemahan tersebut. Adanya kekurangan ini memaksa karakter untuk berkembang.
💐 TIPS LAINNYA:
• Berikan keseimbangan dalam kelebihan dan kekurangan
• Jangan biarkan semua orang mencintainya
• Biarkan mereka gagal❣ Menerima jasa edit naskah dan ghostwriting ❣
Silakan DM atau hubungi
bisa juga melalui link di bio
KAMU SEDANG MEMBACA
Peta untuk Penulis
No FicciónButuh tips mengenai ... 🕊 menulis berdasarkan genre favorit (romance, fantasi, horror, scifi, dsb) 🕊 membuat adegan cerita yang mengena di pembaca 🕊 menciptakan alur yang tidak membosankan 🕊 menulis dengan gaya bahasa/narasi yang indah 🕊 ide pl...