Teruntuk semuanya yang Vanya sayangi.
Mah, pah. Vanya minta maaf ya kalo ambil keputusan tanpa pengetahuan kalian tapi tenang aja, Eyang tau kok. Vanya tau kalo Mamah sama Papah sayang sama Vanya. Vanya juga tau kalo Mamah sama Papah juga sedang dalam tahap menyembuhkan diri dari kematian Vaniya. Jadi, Vanya nggak mau kalo Mamah sama Papah kembali bersedih dengan penyakit yang sama tapi pada orang yang berbeda.
Kematian Vaniya emang menyakitkan ya Mah? Pah? Apalagi kita kembar. Kalian pasti terbayang-bayang sama Vaniya saat liat Vanya. Mamah sama Papah nggk sendiri kok, Vanya juga sering kebayang Vaniya waktu ngaca hehehe.... Jadi, sejak kejadian itu Vanya berusaha menghindar buat ngeliat kaca atau cermin.
Vanya paham kok persaan Mamah sama Papah jadi tolong, jangan merasa bersalah. Vanya bahkan berusaha menghindari diri sendiri karena selalu inget Vaniya. Jadi Vanya tau kalo Mamah sama Papah menghindar secara nggak sadar. Itu termasuk insting manusia jadi tolong, jangan merasa bersalah. Vanya bahkan bersyukur waktu Saka lahir. Vanya bahkan lebih bersyukur waktu Saka lahir sebagai anak laki-laki dan bukannya perempuan. Bukan karena takut tergantikan tapi Vanya yakin Mamah sama Papah bakal punya trauma tersendiri nantinya. Vanya harap Saka bisa bantu Mamah sama Papah bangkit total dari kematian Vanya.
Untuk Devan, kamu jangan kebanyakan overthingking ya. Inget, kakak nggak ngelakuin ini karena rasa kasihan, jangan dengerin kata haters kamu. Mereka nggak berhak buat waktu kamu yang emas iitu. Sebenernya kakak ngelakuin ini karena kakak harap kamu bisa hidup melebihi umur kakak. Agar kamu bisa ngejar mimpi kamu sebagai desainer dan nunjukin karyamu ke seluruh dunia. Jujur kakak juga punya alasan yang egois juga. Kakak ingin jantung kakak terus berdetak seiring langkahmu, kakak ingin terus hidup bersama kamu dan keluarga kita, dan kakak juga ingin jantung kakak menjadi saksi kehidupanmu. Ah, kakak terlalu melankolis ya? Pokonya kakak berdoa yang terbaik buat kamu dan semoga Tuhan selalu memberkati jalanmu. Ngomong-ngomong Angelina itu cuma manfaatin kamu. Mending kamu sama Yunita aja, dia lebih manis sama imut tau hihihi....
Untuk kedua Eyangku yang tersayang, makasih udah nemenin Vanya. Makasih udah ngasih dukungan meski Vanya yakin kalian pasti sempet pengen Vanya berhenti. Vanya bener-bener ngucapin makasih. Makasih udah mau jadi tempat Vanya berhenti sejenak, makasih udah jadi bahu dan telinga untuk cerita buruk Vanya, dan makasih udah berusaha semaksimal mungkin buat nemenin Vanya di saat yang buruk. Vanya berdoa semoga Eyang selalu diberi kesehatan untuk nemenin adik-adik Vanya dan jadi saksi kesuksekan mereka. Tolong wakilkan Vanya untuk peluk mereka ya Eyang, hehehe....
Untuk Saka, yang masih imut dan ganteng. Kakak minta maaf nggak bisa ngasih kamu susu coklat lagi sebelum tidur. Eh, maaf ya kakak bocorin rahasia kita hehehe....kakak juga minta maaf nggak bisa main bareng Saka lagi. Saka baik-baik ya sama kak Devan, jangan suka nyembunyiin boxernya kak Devan lagi. Kasihan dia harus pake yang motif bebek hadiah kamu. Saka, kakak doakan kamu bisa jadi anak yang ahli dalam bidangmu. Kakak doakan kamu bisa jadi pemain biola professional seperti mimpi kamu. Jangan lupa minum vitamin, kakak tau kamu pasti ngebuang vitamin kamu di pot kaktus milik mamah.
Untuk semuanya, maaf ya kalo Vanya suka egois. Maafin Vanya yang suka semena-mena dan merasa paling harus dingertiin, maafin Vanya yang terkadang kayak anak kecil. Mamah,Papah, Devan, Saka, dan Eyang. Vanya saying sama kalian semua. Vanya ngelakuin ini bukan karena kewajiban atau hal lain. Vanya hanya ingin hidup bareng kalian meski bukan dalam bentuk yang berakal ataupun berjiwa. Vanya harap kalian bakal nerima keputusan Vanya dan nggak nyalahin diri sendiri karena ini semua bukan salah siapapun.
Ini bukan salah Mamah atau Papah. Ini bukan salah Vaniya. Ini bukan salah Vanya. Ini bukan salah Devan. Ini bukan salah Eyang. Ini adalah takdir yang manusia harus terima dengan lapang dada meski sakitnya tidak akan tersembuhkan dalam waktu singkat.
Akhir dari surat ini, Vanya harap semua keluarga Vanya bisa hidup damai dan meneruskan hidupnya dengan kepala terangkat dan binar harapan dimatanya.
Dari, Vanya
KAMU SEDANG MEMBACA
Uncomplete Twin
Short StoryMemiliki saudara kembar memang menyenangkan. Bisa melakukan hal apapun bersama kapanpun dan dimanapun. Bahkan kalian juga bisa berbuat onar tanpa orang lain menyadari siapa pelaku yang sebenarnya. Tapi pernah kalian memikirkan bagaimana rasanya hidu...