***
Daira, 2024
***Dulu, gue pernah berantem sama Mamah karena Mamah bilang gue judes, dan gue gak terima.
Iya, gue gak terima disebut judes cuman karena gue lagi males ngomong dan muka gue kadang emang suka cemberut tanpa sadar.
Gue adu mulut lah tuh sama Mamah. Gue pikir itu cuman bawelnya Mamah aja ke gue. Tapi ternyata, beberapa temen gue malah ada yang nganggap gue bersikap ngartis. Kali ini karena apa? Karena gue suka lama kalo bales chat.
Awalnya gue tersinggung. Kenapa mereka bisa langsung menilai gue cuman karena hal-hal kecil aja. Tapi makin tua umur gue, dan kalo ada yang bakal bilang begitu lagi di umur gue yang sekarang 20 tahun ini, gue terima aja deh.
Dan sifat-sifat gue yang tadi ternyata bakal muncul kalo di momen-momen saat ini, saat gue capek. Iya, gue capek banget. Tugas kuliah gue bener-bener numpuk, kepala gue rasanya sakit sampe mau pecah. Bahkan setelah gue baru ngerasa segar karena habis mandi, gue harus berangkat lagi ke Cafe buat kerja part time. Mau gak mau, capek gak capek, gue harus. Bahkan laptop warna abu-abu yang udah bosen banget gue lihat harus tetep gue bawa buat nyicil tugas kalo ada waktu break.
"Lo sakit, Ra?" Kak Resa bertanya begitu melihat muka suntuk gue yang emang gak enak dilihat. Biarlah begini dulu sebelum ketemu pelanggan dan dengan terpaksa gue harus tersenyum buat menjaga profesionalitas.
"Pusing dikit, kak." Gue jawab seadanya. Mau gimana pun dia lebih tua dari gue, dan gue gak enak aja kalo gak nanggepin pertanyaannya yang emang terkesan perhatian.
"Gue ada Ibuprofen di tas. Minum obat dulu."
"Iya, thanks kak." Dengan lemas, gue mulai memakai apron dan name tag bertulis Daira Nahira yang sengaja gue lepas biar gak ninggalin jejak karatan di apronnya. Kak Resa udah pergi duluan ke depan karena udah mulai tuker shift sama karyawan lain.
Sebelum benar-benar pergi ke depan, gue coba tarik nafas yang dalam buat netralin perasaan gue yang campur aduk. Setelah itu bibir gue senyum berulang-ulang buat ngelemesin saraf-sarafnya karena dari tadi gue cemberut terus. Gue pandang lama foto gue bareng Mamah, juga foto laki-laki muda bersenyum manis dengan gaya tengil andalannya.
Akhirnya senyum gue bisa lebih terasa ringan.
***
Cafe lumayan penuh malam ini. Banyak juga orderan masuk dari aplikasi online. Dafa kayanya udah tau dari kak Resa kalo gue agak gak enak badan, atau dia sendiri udah bisa nebak mood gue yang lagi kurang bagus, makanya dari tadi dia ngelucu terus, hal yang memang berhasil bikin gue ketawa dan lupain sumuknya perasaan gue.
Agak berisik emang si Dafa tuh. Tapi kalo kebetulan shift gue lagi gak bareng sama dia, sepi juga. Jadi gue kadang seneng ada dia soalnya dia pinter aja cairin suasana biar kerja gak kerasa capek banget.
"Ayo Ra!! Semangatt!! Bangkit Ra BANGKITTT!!" Dafa emang gila. Bisa-bisanya dia ngasih semangat sambil teriak-teriak gitu. Kak Resa udah pasti ketawa ngakak karena dia receh banget orangnya.
"Berisikkk! Jangan sampe kepala lo gue cuci bareng gelas!" Bales gue yang cuman bercanda, mana mungkin kepala anak Pak Samsul gue cuci, Bapaknya baik soalnya.
Gak lama kemudian, Cafe sedikit sepi dan gue kebagian jatah break. Seperti yang udah direncanain dari rumah. Gue ngebuka laptop gue dan juga buku catetan gue. Gue cicil tuh tugas yang perasaan baru kemarin beres, eh ada lagi yang lain nyusul.
Sambil nempelin koyo di pinggir kepala, penampilan gue udah gak karuan banget kayanya. Tapi meski begitu gue bersyukur stress cuman karena capek kerja dan kuliah, bukan stress karena banyak hutang.
KAMU SEDANG MEMBACA
Rangkaian Perasaan yang Cedera
Fiksi UmumSebagaimana nama yang tersemat pada sosoknya sejak lahir, Daira merasa memiliki semesta dalam hidupnya ketika Alam Haryasena menjadi bagian dari perjalanannya. Alam yang dengan sadar akan menjawab seratus, jika ditanya sekala angka mencintai Daira N...