terlambat untuknya, awal bagiku

88 5 0
                                    

"Ma" suara marka memanggil mamanya dibalik pintu kamar orangtuanya, sebelumnya dia hanya membuka sedikit pintunya melihat apakah mama nya dikamar sedang sibuk atau hanya sedang santai. Syukur lah mama ny kali ini sedang duduk di kasur dengan memegang handphone nya

"Eh abang. Sini masuk" mama nya menyadari ada anak sulungnya yang nongol di pintu kamarnya "kenapa ga langsung masuk aja sih, kenapa cuma diem di pintu" tanya mama nya yang melihat tingkah aneh anaknya ini, karena biasanya dia ataupun adiknya kalau masuk kamar mereka langsung masuk aja

Senyum marka mendengarkan omongan mama nya "takut mama lagi gambar atau lagi sibuk gitu. Eh takut ada papa sih. Kemana papa?" Jawaban marka

"Cape ah, mama lagi pengen santai aja, kerjaan hari ini udah kelar dibantu sabrina. Kalau papa lagi ke pos ronda, katanya mumpung besok libur jadi mau ikut ngeronda. Takut dipecat jadi warga soalnya udah lama ga ikut ronda" mama kiki mengubah posisi duduknya, yang semula bersandar di dipan kasurnya sekarang duduk santai berhadapan dengan anaknya. "Kenapa abang ke kamar mama? Ada yang ingin abang ceritain? Kalau dari raut wajah abang. Kayanya abang butuh temen cerita ya? Mau cerita apa nak?"

Marka memang sudah berumur 25 tahun apalagi dia adalah sosok lelaki. Jarang sekali seorang lelaki seumurannya yang masih bertukar cerita dengan orangtua nya apalagi masalah cinta. Tapi marka beda dengan anak pada umumnya, dia kadang masih butuh masukan untuk segala hal permasalahan yang ada di dunia ini.

"Ma abang mau tanya?" Akhirnya marka membuka sesi pertanyaan

"Tanya apa abang?" Mama nya yang selalu excited setiap anaknya ingin bercerita dengannya

"Abang masih boleh jatuh cinta lagi ga?"  Tanya marka dengan sedikit ragu

"Abang. Yaa boleh dong. Engga ada di dunia ini yang melarang kamu buat jatuh cinta lagi. Siapa yang udah bikin kamu jatuh cinta tapi takut gini?" Tanya mama nya

"Abang takut ga bisa bahagiain orang yang abang sayang kalau dia sama abang. Abang udah pernah bikin salah satu orang yang abang sayang kecewa sampai dia milih lelaki lain disaat abang masih sama dia. Alasannya karena abang gabisa kasih sayang ke dia kaya orang lain kasih sayang ke pacarnya. Abang takut melakukan kesalahan yang sama buat orang lain"

"Abang dengerin mama?" Kedua tangan mama nya memegang tangan anaknya yang dingin entah karena rasa ketakutannya atau karena ac kamar mama ini "engga ada yang boleh larang jatuh cinta lagi, kejadian beberapa tahun yang lalu bukan salah abang. Emang udah jalan nya tuhan kalau kalian enggak berjodoh daan akhirnya dia memilih lelaki lain bukan abang. Abang punya kasih sayang itu tapi sayangnya abang engga pernah tunjuki itu. Abang ga boleh menyalahkan diri abang lagi karena satu kegagalan. Kegagalan kemarin dijadikan pelajaran bagaimana abang memperlakukan perempuan, menyayangi perempuan. Perempuan itu sebenarnya bukan manusia ribet kok. Perempuan itu manusia simple, mereka hanya ingin diberikan perhatian baik dalam bentuk verbal maupun non verbal atau dalam bentuk hadiah. Mereka begitu aja udah seneng banget loh, dan jangan lupa satu ini, perempuan butuh quality time dengan pasangan. Sesibuk apapun kamu, kamu ga boleh lupa kalo kamu punya pasangan" penjelasan mama nya dan marka dengan sikap tenang mendengarkan semua kata demi kata yang keluar dari mulut mama nya ini

"Tapi dia bilang, kalau marka ga layak jatuh cinta lagi karena sikap abang yang cuek dan dingin gini. Abang udah pernah nunjukin rasa kasih sayang abang dengan cara itu tapi katanya udah terlambat"

"Dia bilang itu cuma rasa kecewa doang kok karena sikap kamu. Buat dia terlambat karena dia udah punya pilihan lain tapi buat kamu itu awal. Awal dari perubahan yang baik dari kamu. Tapi mama boleh tahu, siapa yang abang suka? Siapatau mama kenal. Kalau mama kenal, mama comblangin"

"PA mama" jawab marka malu malu

"Sabrina?" Mata mamanya melotot

"Iya siapa lagi?"

"Abang?"

"Iya abang kemakan omongan sendiri iyaaa"

"Bukan itu maksud mama, kok bisa sama sabrina?"

"Enggak tahu, suka aja liat dia"

"Abang kan baru ketemu sekali sama dia loh"

"Engga kok, setiap hari abang ketemu sabrina"

"Kapan?"

"Inget waktu mama minta jemput ternyata mama malah pergi sama client makan di luar?"

"Iya mama inget"

"Abang tetep jemput mama ke butik, nah pas sampai sana. Abang liat sabrina keluar butik dengan muka ceria banget dan abang lihat dia bawa totebag ditangannya. Awalnya abang ga tau isinya apa, eh pas beberapa langkah dia ketemu sama anak kecil yang lagi mungutin sampah di deket butik, sabrina samperin deh. Diajak ngobrol tapi abang gatau mereka ngobrolin apa. Engga berapa lama kemudian sabrina ngajak anak itu duduk depan butik, terus dia ngeluarin sesuatu di totebag ternyata itu makanan dari restoran fast food gitu. Dia ngajak anak itu makan berduaan, beneran berduaan ma"

"Tapi ga itu aja, setelah itu besoknya setiap pulang kerja marka selalu lewat butik mama. Penasaran hal baik apa yang akan sabrina lakuin. Ternyata setiap harinya beda, hari kedua dia mampir ke minimarket buat beli makanan kucing, hari ketiga dia ngajak ibu sama anak bayi makan di warung soto sebelah butik, hari ketiga dia jalan agak jauh dari butik ternyata dia kemushola dan disana ada anak anak lagi ngaji, dia beliin mereka makanan di abang abang yang ada di depan, dan yang terakhir yang bikin abang jatuh cinta beneran pas hujan gede banget. Abang ga sengaja ketemu mama sama sabrina diluar kayanya abis meeting sama client deh. Kalian cuma bawa payung satu dengan ukuran kecil. Kalian berdua pakai payung itu, tapi abang liat sasa lebih kasih payung itu ke mama daripada dibagi dua. Yang hasilnya badannya sabrina basah. Abang liat di tulus banget jagain mama bukan hanya sekedar dia asisten pribadi, kaya beneran tulus supaya mama ga keujanan. Kayanya sabrina tahu kalau mama ga bisa kena air hujan pasti langsung sakit"

Mama kiki memeluk anaknya dengan hangat "abang hebat, abang bisa lawan rasa takut abang buat ga jatuh cinta lagi. Abang hebat bisa jatuh cinta sama orang tepat.  doa mama akhirnya dijawab, mama berdoa semoga kelak anak mama ketemu sama wanita yang baik hatinya bukan hanya cantik."

"Tapi apa sabrina mau sama abang?"

"Emang siapa yang gamau sama abang?"

"Abang ganteng, abang pinter, abang baik. Pasti mau dong. Sekarang abang tunjukin cara abang yang katany terlambat tapi ini awal dari semuanya. Tunjukin hal baik itu ke sabrina, buat dia jadi wanita yang paling beruntung diperlakukan dengan indah sama abang. Bisa kan?"

"Caranya?"

"Hadeh udah 25 tahun masa nanya ke mama sih?"

"Maaaaaaaaaaaa"

"Ini mama kasih nomor handphone nya yaaa, coba ajak kenalan, jangan jutek jutek, kalau misalnya sabrina jutek, itu awalnya doang kok. Dia anak baik, abang kan sendiri udah liat" mama nya mengambil handphone yan tadi udah diletakan di sampingnya "mama udah kirim nomor sabrina, sekarang kamu yang action. Kalau butuh uang buat jajanin dia, jangan sungkan minta ke papa. Waaaahh papa mu pasti seneng ini. Anaknya mau punya pacar baru"

FLASHBACKTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang