[3] mazaya mimpi buruk

107 22 1
                                    

Satu minggu berlalu setelah Wulan dan Mazaya mengecek kamar satu lantai di atas mereka yang ternyata nggak berpenghuni.

Selama satu minggu itu, gangguan yang dialami kakak beradik itu nggak terlalu signifikan lagi. Cuman sesekali aja suara gaduh yang akhirnya nggak mereka peduliin lagi.

Di hari sabtu pagi, waktunya untuk cucian. Kebetulan mesin cuci di unit mereka lagi rusak dan tukang yang biasa baikin masih pulang kampung, alhasil Wulan dan Mazaya pergi ke laundry koin yang letaknya di ujung lobi apartemen.

Kenapa mereka nggak laundry langganan si Wulan? Kebetulan yang punya lagi sakit dan pegawainya dikasih libur dulu, alhasil tutup udah tiga hari.

"Aneh, padahal seharusnya tuh laundry masih bisa buka walaupun yang punya sakit," celetuk Wulan sambil masukin pakaian kotornya ke totebag besar.

Posisinya sekarang si Wulan sama Mazaya duduk di sofa depan tv.

"Curiga sih laundry itu cuman usaha sampingan, aslinya dia orang kaya aja makanya kalo lagi sakit sekalian tutup biar pegawainya libur," sahut Mazaya.

Wulan mikir, ada benernya juga sih. Bisa aja si yang punya orang tajir melintir, buka usaha laundry cuman buat kerjaan sampingan plus hobi, kan mana tau.

"Ya udah dah," ujar Wulan pasrah, "Lu ikut gak gue mau cucian?"

Mazaya menggeleng, "Gak dulu deh, kayaknya gue mau tidur lagi, masih ngantuk berat."

Sekarang emang masih jam setengah enam pagi. Kalau mau laundry koin emang harus pagi-pagi soalnya kalau weekend gini takutnya rame. Kadang orang tuh cuci tipis-tipis alias sedikit di laundry koin. Sebenarnya nggak masalah sih, tapi antrinya malas, soalnya nggak begitu banyak mesin cucinya.

"Lagian lu ngedrakor mulu dah," kata Wulan, "Hati-hati lu kalo tidur pagi biasanya bisa mimpi aneh-aneh."

Mazaya mendengus, "Dih sembarangan..., tau dari mana lo?"

"Ada dah temen gue yang islam," sahut Wulan.

"Yakan dia islam, kita bukan."

"Batu amat lu bjir," Wulan menyentil jidat Mazaya pelan, "Yang baik-baik walaupun dari agama lain mah diambil aja dah."

"Iyaaa Wul iyaaaa," sahut Mazaya malas. Malas debat sama Wulan, nggak bakalan ada habisnya.

Wulan pergi ke lobi ninggalin si Mazaya di unit sendirian. Mazaya beneran balik ke kamarnya dan mutusin buat tidur lagi.

Di laundry koin si Wulan awalnya sendirian, tapi ternyata dia ditemani sama salah satu tetangga apartemen yang satu lantai sama dia.

"Eh Kak Oyak, apa kabar?" sapa Wulan setelah dia beres masukin cucian ke mesin cuci dan masukin koin, cuciannya udah mulai gerak.

"Eh ada Wulan..., baik," sahut yang namanya Oyak. Sebenarnya namanya sih Zoya, tapi dipanggilnya Oyak.

"Tumben laundry koin, kenapa tuh?" tanya Zoya setelah dia juga ngelakuin hal yang sama kayak Wulan. Zoya duduk di sebelah Wulan yang reflek ikutan duduk.

"Mesin cuci di unit gue lagi rusak," sahut Wulan sedikit kesal, "Mana laundry langganan gue yang punya lagi sakit Kak, semua pegawainya diliburin, mau gak mau ya gue cucian di sini."

Zoya ngangguk-ngangguk paham, "Kasian amat elo..., eh iya si Mazaya mana?"

"Tidur lagi dia," balas Wulan, "Mana mau dia ikut kalo cucian kayak gini, ada aja alasannya."

Zoya ketawa, nggak nyangka sebenarnya kalo si Wulan sama Mazaya bakalan jadi sedekat ini, apalagi si Zoya tau sedikit latar belakang kakak beradik itu yang beda mama.

one floor above us | annyeongzTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang