BHS-003

69 16 0
                                    

Kring!! Kring!! Kring!!

Bel sekolah berbunyi tanda bahwa istirahat telah usai dan kali ini, adalah pembelajaran tentang IP address atau Internet Protocol address di kelas X TKJ 3. Namun ada yang berbeda kali ini, yaitu sang guru yang bernama Rafif Aleandra tidak masuk, beliau adalah guru dasar komputer sekaligus wali kelas X TKJ 3 dan dia menjabat sebagai guru STP2K atau Satuan Tugas Pelaksana Pembinaan Kesiswaan.

"Weh Pak Rafif gak masuk, katanya ijin. jadi nitip tugas ke gw. Ni catet aja lo pada," ucap Ketua kelas yang bernama Leon. Ia pun membagikan kertas tugas yang dituliskan guru piket kepadanya. Yang berisi bilangan biner.

Isi tugasnya kira kira seperti ini:

Ubahlah bilangan decimal ke bilangan biner:

1. 192.112.67.110
2. 192.168.120.125
3. 226.204.125.67
4. 225.220.129.25
5. 222.60.25.20

Selamat mengerjakan!!

"Wah ini mah gampang heheh, " ucap Hali dalam hati.

"Ini mah gampang gw mah bisa lah, gw kan ahli IT masa gabisa," monolog Solar dalam hati.

"Materinya sulit bet njir, masa anak baru dikasih materi ginian? Ini materi susah njir apa-apaan coba?" keluh Taufan dalam hati.

"Gem, ini gimana cara ngerjainnya? Gw kan masih anak baru masa udah dikasih tugas ginian?" tanya Taufan kebingungan.

"Iya Fan, sini aku ajarin, jadi kek gini," jawab Gempa sambil mengajarkan Taufan cara mengerjakan soal soal tersebut.

"Jadi gjni Fan, ku ajarin jadi angka-angka biner itu cuma ada 1 sama 0. Nah habis itu yg dipake bilangannya satu, yang gak dipake nol. Jadi 192 itu 128+64 kan? Nah terus ditambah deh jadinya angkanya 11000000. Gitu." Gempa mengajarkan Taufan bagaimana cara mengerjakan soal soal biner tersebut.

"Ohh gitu oke," jawab Taufan dan ia pun mengerjakan tugas miliknya, dan mencatat catatan yang ada di buku Gempa.

"Kalo yang ini gimana Gem? Gw gatau yg ini ajarin dong," ucap Taufan bertanya kembali sambil menunjukkan soal 112 miliknya.

"Kalau 112 ini, 64+32+16=112 jadinya 011100000. gitu fan, paham kan?" jawab Gempa dan memberitahu jawaban serta cara yang benar dan tepat agar Taufan tidak salah dalam menjawab.

"Ohh gitu. makasih Gem," ucap Taufan.

Taufan dkk pun mengerjakan tugas tersebut. sampai akhirnya bel istirahat kedua dan bel untuk sholat berjamaah pun berbunyi.

Krimg Kring Kring

"Yang dah selesai kumpulin di meja gua," ucap Gempa tegas ke seluruh penjuru kelas.

Mereka semua pun mengumpulkan tugas yang sudah mereka selesaikan dan mengumpulkannya di meja Gempa. Setelah semua tugas terkumpul dan tertata rapi mereka semua pun berbondong-bondong ke masjid sekolah yang ada di lantai 2. dan geng KJTB memiliki tempat sendiri yaitu di pojok depan, dengan Gempa Halilintar dan Beliung yang ada di shaf depan. sebelum mereka masuk, mereka wudhu di tempat wudhu depan Masjid.

"Bjir gw lupa lagi caranya di sana gw gabisa sholat njer gegara dilarang ma tempat gw sekolah hadeh," ucap Taufan dalam hati.

"Fan?" tanya Gempa saat melihat Taufan yang sedang melamun.

"Kenapa?" jawab Taufan.

"Kamu kenapa kok melamun?" Tanya Gempa kembali.

"Hehe, gw lupa cara wudhu nya," jawab Taufan seadanya.

"Hadeh sini gw ajarin," ucap Gempa seraya mengajarkan Taufan cara berwudhu dengan benar.

BHS (Binusa High School) (On Going) Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang