Sore harinya Film pulang kerja, selesai mandi dan sebelum mengeringkan kepala, telepon berdering melihat P'Dad menelpon, Film merasa aneh. Mengapa manajer Jam menelepon jam segini? Tidak ada jadwal umum untuk besok.
"Halo. Film, tolong dengarkan." Film mengangkat telepon."Halo Film! Apakah Jam menghubungimu sejak pagi?"
“Tidak. Ada apa?” Film bertanya dengan penuh semangat.
“Aku belum melihat Jam pulang, dan dia belum bisa meneleponku sejak sore. Kemarin Jam bilang padaku dia akan kembali sebelum jam 9 malam. Aku masih belum melihat wajahnya, jadi aku khawatir."
Film mengerutkan keningnya, melihat jam, sudah hampir jam 11 malam, perasaan tidak aman muncul di hatinya.
P'Dad meyakinkan Film.
"Biar aku coba menghubungi paman Jam. Aku mengganggu istirahatmu, Film."
"Tidak apa-apa, jika Jam kembali, tolong kirimi aku pesan dan beri tahu aku."
P'Dad menutup teleponnya, Film dengan cemas terus berjalan mondar-mandir sambil memegang telepon untuk melihat waktu yang berlalu namun tetap tidak melihat P'Dad membalas pesannya.
Film menghubungi Jam, hanya untuk mendengar switchboard mengatakan itu tidak dapat dijangkau. Sesampainya di rumah, ia masih mengantuk, namun kini Jam membuatnya gelisah, menghilangkan rasa kantuknya. Film tidak tahu apakah ada sesuatu yang terjadi.
Film tidak percaya bahwa ketika dia kehilangan ketenangannya, dia mengambil kunci dan berlari ke garasinya. Karena terkejut oleh ibunya, dia menyalakan mobil dan pergi ke rumah Jam di tengah malam.
Pintu rumah Jam tertutup dari luar, membuktikan Jam belum pulang.
"Apa yang saya lakukan?" Saat menyadari masalahnya, Film meletakkan kepalanya di kemudi.
Ini sangat menjengkelkan. Mengapa kamu begitu mengkhawatirkannya? Jika Jam tidak pulang dengan selamat malam ini, dia mungkin akan menjadi gila.
Entah berapa lama Film menunggu, saat lampu mobil lain bersinar dari belakang. Dia mengangkat alisnya dan berbalik untuk melihat dan melihat sesosok tubuh keluar dari mobil, sesosok tubuh kecil dengan hoodie abu-abu besar.
Setelah itu Jam memegang ranselnya dan keluar dari mobil, ia langsung mengenali tatapan bodoh itu. Film mengertakkan gigi saat dia melihat pemandangan di hadapannya, tangannya mengepal.
"Terima kasih banyak. Tanpamu, aku tidak tahu bagaimana aku bisa sampai di rumah." Jam menggenggam tangan orang itu sebagai tanda terima kasih.
"Tidak ada apa-apa." Orang di sebelah Jam tersenyum dan melambaikan tangannya, lalu menepuk punggung Jam.
Film mau tidak mau keluar dari mobil karena amarahnya, sementara dia mengkhawatirkannya, Jam bersenang-senang dengan orang lain sampai sekarang.
Jam mendengar suara di depannya sehingga dia melihat dan melihat Film mengambil beberapa langkah ke arahnya, wajahnya sedingin uang, matanya yang tajam menyapu Jam, membuat Jam menggigil. Jam terkejut melihat Film berdiri di depan rumahnya.
"P'Film!!!" Jam memanggilnya, berlari ke arahnya.
"Mengapa kamu di sini?"
"Tidak sengaja mampir ke sini." Film menjawab tanpa mengubah ekspresinya, lalu memalingkan wajahnya ke arah pria yang baru saja membawanya pulang dan bertanya dengan dingin.
"Siapa itu?"
"Ah, dia orang baik yang kutemui di bandara. Penerbangannya tertunda, dan dompetku tertinggal di rumah nenek. Aku tidak bisa naik taksi. Untung saja dia mengantarku pulang." Jam menjelaskan bahwa sejak dia melihat P'Filmnya, matanya terpaku padanya dan mulutnya tersenyum.
KAMU SEDANG MEMBACA
Big Dog & Little Cat (END)
AcakKedua nya di juluki anjing besar dan kucing kecil