Sepulangnya mereka dari foodie, reksa tepatin janjinya buat beliin Kanaya sepeda. Abis dari beli sepeda mereka langsung pulang soalnya bapak sama ibuk mau mampir.
Reksa buka pintu gerbang dan masukin mobil. Si Kanaya udah gak sabar banget pengen nyoba sepeda barunya.
"ayah cepet turunin sepedanya! kakak udah gak sabar!"
Reksa geleng-geleng kepala ngeliat Kanaya yang heboh banget karena terlalu excited sama sepeda barunya.
"sabar princess... ini ayah turunin sepedanya"
Tin! Tin!
Baru aja reksa turunin sepedanya Kanaya suara klakson udah terdengar nyaring. Itu suara klakson truk si bapak yang dateng.
Kanaya jadi ke-distrak dari sepeda barunya ke akung sama utinya itu.
"akuuungggg!! utiiiiii!!" Kanaya jingkrak jingkrak kegirangan ngeliat kakek neneknya datang.
ibuknya reksa langsung ngerentangin kedua tangannya buat menyambut pelukan cucu pertamanya itu.
"aduh cucunya uti udah tambah gede aja" Kanaya nyengir lebar.
"ya kan kakak emang udah besar uti!"
Sedangkan reksa udah nyamperin si bapak duluan buat ngomel-ngomel.
"astaga pak... kan udah dibilangin kalau ke sini tuh gak usah repot-repot bawa segala macem. Ini malah dibawain sebanyak ini"
"ya kan namanya orang tua le... sama anak sendiri masa pelit sih? ini juga buat anak cucu bapak... sekalian kan sebentar lagi puasa, nanti sebagian bisa kamu sumbangin ke masjid atau tetanggamu yang lain" kata si bapak panjang lebar.
Reksa hembusin nafasnya panjang "iya sih... tapi kan harusnya aku yang kasih segala kebutuhan bapak"
Bapak cuma senyum bikin kumisnya naik ngikutin bentuk bibirnya "anakku.. toleku satu-satunya... dengerin bapakmu ini yaaa"
Reksa ngangguk selagi bapaknya persiapan mau ngasih tausiah "selagi bapak masih mampu, bapak gak akan minta apapun ke kamu. Kamu itu titipan gusti, kamu itu anugrah yang bapak tunggu-tunggu. Dengan menjadikan kamu sebagai tulang punggung keluarga itu bukan pilihan yang tepat. Karena selamanya titel itu bapak yang pegang. Kamu sudah punya kewajiban untuk menafkahi anak istri kamu, bukan orang tua kamu. Inget ya nak... anak itu bukan investasi hari tua. Ibuk sama bapak berusaha buat gak ngerepotin kamu selagi kami masih bisa berdiri sendiri. Kamu gak usah khawatir, suatu saat pasti ibuk dan bapak butuh pertolongan kamu tapi tidak sekarang ini ya toleku..."
Si bapak usap kepala reksa bikin reksa mau nangis aja. Entah kenapa reksa tuh selalu mau nangis dan udah terharu berat kalau menyangkut orang tua begini. Reksa merasa bersyukur punya orang tua yang pengertiannya gak kurang-kurang kayak begini.
Reksa meluk si bapak sekilas "maaf ya pak kalau selama ini aku jadi anaknya bapak banyak salahnya... dan makasih untuk wejangan bapak yang amat sangat berguna ini. Semoga aku nanti bisa jadi orang tua yang hebat kayak ibuk bapak"
"gak perlu jadi kayak ibuk bapak kamu udah hebat dalam versimu sendiri loh nak..."
***
Reksa bantuin bapak angkat beras 2 karung yang berisi beras dua puluh lima kilo tiap karung. Biasalah, tiap berkunjung gini pasti bawaan mereka gak sedikit.
Si bapak bawa satu box styrofoam ukuran gede berisi ikan gurame, udang, cumi, jamur tiram sama ayam kampung. Setelah di taruh di dapur bapak balik lagi ke truk buat angkut sayuran yang dia wadahin tiap jenis ke keranjang.
Reksa hembusin nafasnya tiap liat beberapa keranjang yang berisi sayuran yang gak bakal habis dimakan sekeluarga. Jadi nanti biar esha yang ngurus pembagiannya dan reksa bagian eksekusinya.
Disana ada wortel, kentang, sawi putih, terong, kembang kol sama brokoli. Kalau buahnya cuma dibawain pisang ambon satu tandan, rambutan satu keranjang sama jambu kristal. Terus umbi-umbiannya ada ubi sama singkong. Sama kacang tanah juga sih. Belum perbumbuan dapur yang dipisahin sendiri buat esha masak.
Ini kalau bisa ngangkut sapi pasti diangkut juga sama si bapak buat dibawa kesini. Tapi sayangnya truknya udah gak muat💔
"akunggg!! ayo temenin kakak main sepeda" Kanaya gelendotin akungnya yang lagi selonjoran di lantai dapur.
Esha yang duduk di lantai bareng kedua mertuanya itu cuma gelengin kepalanya "nanti ya kak.. akungnya capek abis turunin barang. Biarin akung istirahat dulu ya?"
Dengan lesu Kanaya ngangguk "hngg okeee"
Ibuk yang gak tega liat cucunya sedih itu langsung mangku Kanaya terus dikasih pisang "cucu uti jadi jelek kalau cemberut gitu, nih uti kasih kesukaan kamu"
Kanaya ambil pisangnya masih dengan bibir mengerucut bikin akungnya ketawa "nanti akung temenin sepedaan keliling, sekarang akung mau makan dulu ya"
Kanaya ngangguk sambil makan pisangnya. Si kafka lagi anteng makan rambutan sambil dikupasin sama reksa.
"pak rawon nya ada di panci atas kompor ya, barusan abis dipanasin" kata esha.
"iya nduk..."
Esha beralih ke ibu mertuanya itu "ibuk makan juga sana sama bapak. Pasti laper abis perjalanan jauh"
"iyaaa... sebentar ya cucunya uti"
Kanaya beralih ke pangkuan esha kemudian duduk manis menikmati buah pisangnya selagi nungguin akung sama utinya selesai makan.
ʕ •ᴥ•ʔ
perasaan baru kemaren deh updatenya🫢🫣
kamis, 18/04/2024
06:58 p.m
KAMU SEDANG MEMBACA
a new era of me • MH GS
Fanfic"kasian ya, cantik cantik dapet suami orang kampung. mana petani lagi" Markhyuck GS! Genderswitch area! Don't like don't read! এ✎①⑤①⓪②⓪②③