04

28 7 2
                                    

"Lo jalan ama siapa kemaren?"

Gue melirik Chandra sekilas sebelum kembali mengaduk kopi ke-enam yang gue seduh sampe malam ini. Chandra adalah gitaris Sanggara, dia juga teman kuliah gue dari jaman ospek.

"Lo ngeledek?"

Gue jalan sama siapa emangnya? Dua hari off juga cuma tidur, makan, tidur lagi.

"Pas hari apa tuh yang lo baru balik setelah ngeronda 4 hari di studio. Lo balik ama cewek kan? Gue liat ya nyet. Gue baru dateng waktu itu mau ambil gitar. Gue lihat jelas! Jelas banget. Lo gak bisa boongin gue!"

Oh...

Sorry gue gak tahan buat gak senyum.

"Celeng ni anak. Bener kan lo ada cewek?"

Gue menggaruk telinga yang sebenernya gak gatel sih. Cuma bingung aja jawabnya.

"Gimana ya... rumit. Bingung jelasinnya."

"Ngapain bingung. Paling ujungnya lo ghosting lagi." Sindir Chandra.

Gak salah sih. Sebagai saksi hidup percintaan gue dari jaman maba yang aktif deketin kating paling cakep seantero kampus, sampe berhasil dapetin orangnya dan sampe ditinggal nikah lagi, Chandra gak pernah absen dengerin cerita gue.

Gue dekat sama siapa, dia tahu. Gue mabok sampe nangis di bar sepulang nikahan si mantan, Chandra yang bawa gue balik. Kalau dia cewek sih udah gue nikahin aja karena rasa pedulinya dia ke gue yang gak habis-habis.

Saking pedulinya, kisah cinta gue sampe jadi inspirasi buat lagu-lagunya Sanggara yang dia ciptain. Harusnya gue dapat royalti sih soalnya dia udah jual kisah patah hati gue.

"Gue emang belum bilang ya?" Tanya gue.

"Gimana mau bilang? Kita ketemu ngomonginnya kerjaan mulu."

Bener juga. Gue menarik kursi di dekat meja buat duduk dan menengok ke arah luar. Takutnya ada orang lain.

"Anak gedung sebelah."

"Apanya?"

"Yang balik sama gue waktu itu."

"Wah!" Chandra ngikutin gue duduk dan menampilkan wajah keponya. "Serius lu? Anak kantor penerbit yang di depan? Jauh banget anjir selera lo."

Gue mendengus, "Jauh apa maksud lo?"

"Ya jauhlah! Cewek-cewek yang deket sama lo hampir semua yang berkecimpung di bidang musik. Terus tiba-tiba sekarang apa? Budak korporat? Nyambung lo kalo ngobrol?"

Gue kembali mengingat obrolan 'dewasa' yang gue lakukan sama Hanin waktu nganterin dia pulang. Sesekali kita ngomongin kerjaan masing-masing tapi menurut gue, waktu itu obrolan kita ngalir gitu aja. Bahasan soal rasa eskrim paling enak, lagu Noah yang paling ngena, indikasi kecurangan pemilu, sampe tutorial merespon sindiran warga terkait usia yang gak muda lagi tapi belum menikah juga, semua kita obrolin. Selalu ada titik temu dan gue gak merasakan ada jarak yang bikin gue mikir kita gak nyambung.

"Kayanya yang ini beda deh, Chan. Ketemunya aja aneh."

"Aneh gimana? Ketemu pas makan ketoprak lo?"

Gue ketawa, "Yakali! Aneh. Gue ketemu dia lewat twitter."

"Hah? Gimana sih? Perasaan lo gak aktif-aktif amat twitteran."

Secara detail gue langsung ceritain aja dari awal gue lihat tweet temennya Hanin di base twitter sampe ke pertemuan kita kemaren. Gak lupa gue tambahin kebingungan gue yang ngerasa senang aja bisa kenal Hanin. Walau masih canggung dan kelihatan membosankan, gue suka obrolan apapun waktu sama dia.

"Terlalu cepet gak sih kalau gue bilang suka?"

Chandra melihat gue dengan tampang super serius. Dia diam dari gue mulai ceritain Hanin. Gue akui dia itu pendengar yang baik dan berbakat. Maklum, mantan anak psikologi walau cuma dua semester karena habis itu pindah ke jurusan yang sama kaya gue.

"Lo udah lama kali gak ngobrol sama cewek. Makanya pas ketemu si Hanin, lo jadi excited."

"Mungkin, ya?"

Se-hopeless romantic itu emangnya gue? Sampe ngobrol sama cewek aja malah kebawa perasaan?

"Tapi apa yang bikin lo tertarik? Cakep banget anaknya?" Tanya Chandra lagi.

"Cakep. Menurut gue cakep. Matanya cantik. Walau mukanya galak. Nih lihat," gue tunjukkin foto dia yang waktu itu gue lihat di instagramnya ke Chandra.

"Lumayan. Tapi kaya bukan tipe lo deh. Cewek-cewek yang deket ama lo kan biasanya yang ada bule-bulenya."

"Halah. Selera tampang mah relatif. Dari kemaren gue mikirin ini Chan. Apa gue coba aja ya?"

"Boleh. Tapi asal lo harus siap aja ngadepin cewek yang belum kelar sama masa lalunya."

Ini nih yang berat. Gue paham betul susahnya move on. Berkali-kali coba sama orang baru aja gak cukup bikin gue sembuh. Paling lama dekat aja gak pernah nyampe 3 bulan. Biasanya gue udah males di acara ngedate yang kedua.

"Gue tau... makanya gue maju mundur dari kemaren mau ngehubungin dia atau engga."

"Jalanin aja dulu. Sambil gas tipis-tipis."

"Dia sih kaya nerima-nerima aja. Makanya gue takut gimana kalau dia nerima tuh sebatas nerima doang?"

"Masih mending nerima doang. Masih untung itu dibanding lo cuma dijadiin pelarian." Ujar Chandra dan diakhiri dengan ketawa ngeledek.

Mungkin melihat raut wajah gue yang semakin tertekuk, Chandra kembali ke mode serius. "Kata gue yaudah gas aja. Tipis aja tipis. Syukur-syukur bisa saling menghibur. Konon katanya, deketin cewek yang patah hati dan bikin nyaman dia itu mudah. Mereka mudah luluh kalau di fase lagi patah."

Gue mendelik ke Chandra. Kenapa kesannya kaya gue disuruh memanfaatkan luka orang lain demi tujuan gue semata?

"Iya mudah luluh. Tapi hatinya gak bisa bohong. Ntar raganya sama gue, hatinya masih sama yang lama gimana?"

"Nah itu poinnya! Lo udah tau resiko deketin modelan si Hanin Hanin ini terus apa? Lo lagi raguin apa?"

"Gue pengen ketemu dia lagi."

"Ya udah temuin nyet! Lo bikin gue emosi deh! Temuin ya temuin aja. Kata gue juga gas tipis-tipis. Sembuh kan butuh waktu. Jadi cowok yang baik buat dia. Siapa tau lo jadi obat yang bisa nyembuhin dia lebih cepat."

"Gitu ya?"

"Gita gitu! Maju aja sih. Kebanyakan mikir amat. Usaha dulu! Ntar kalau patah hati lagi ya tinggal gue jadiin lagu. Lumayan kan dapet royalti."

•••

Mari kita sambut lakon penting di hidup Juan, Chandra 'Sanggara' 🤗

Mari kita sambut lakon penting di hidup Juan, Chandra 'Sanggara' 🤗

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.
FORESTTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang