Tau gak sih, Ram itu bukan nama aslinya. Namanya Rakha Manavendra Hartono. Dia lahir di keluarga yang tajir melintir. Bapaknya, Ahmad Budi Hartono, CEO-nya perusahaan H&G, terkenal banget di masyarakat. Ram dibesarkan di lingkungan yang super nyaman, dia udah bisa akses fasilitas mewah dan peluang-peluang keren."
Terus, ibunya Ram, Jasmine Azzahra Pangestu, cantik banget, berkelas, dan memikat. Dia pendiri perusahaan besar, yang sebenernya didirikan oleh kakek Ram tahun 1958. Bayangin, Ram ini anak orang kaya raya!
Ram anak pertama dari empat bersaudara, dan dia satu-satunya anak laki-laki. Dia punya tiga adik: Sonya yang kuliah di jurusan Ekonomi Pembangunan, Hanni yang kelas 2 SMA, dan Danielle yang baru kelas 1 SMA. Pokoknya, keluarga Ram ini punya warisan kekayaan yang luar biasa. Kedua orang tuanya sukses jadi pebisnis, dan pas mereka nikah, kekayaan mereka jadi satu. Hidup Ram tuh nyaman banget, ya!
Denger-denger, sejak Ram masih di kandungan, kedua kakeknya udah ngasih properti senilai puluhan miliar dan tabungan dengan angka sepuluh nol di belakangnya. Wah, bayangin aja! Ram ini cucu pertama, jadi dia selalu disayang dan diperhatikan banget sama keluarganya.
Nah, yang menarik nih, Ram ini punya mimpi jadi model, walaupun bapaknya pengen dia jadi CEO besar. Dari kecil, Ram udah suka ngelamun jadi model.
Pas umur 13 tahun, Ram ikut casting model. Terus, pas umur 15 tahun, dia tertarik sama musik. Dia nulis lagu tentang mantan pacarnya. Lagu itu jadi hits banget, sampai-sampai dia jadi penyanyi. Dia diterima di salah satu agensi ternama di Indonesia. Prestasinya itu ngebuktiin ke orang tuanya, bahwa dia bisa sukses dengan kerja keras dan usahanya sendiri.
Ram tuh kerja sambil kuliah, dia lagi asyik banget ngejalanin dunia modeling dan penyanyi. Emaknya sama adik-adiknya sih dukung banget, tapi bapaknya masih belum setuju dia jadi model dan penyanyi."l
Di dunia modeling, Ram menikmati setiap langkahnya dan merasa bahagia dengan pekerjaannya. Setiap sesi pemotretan atau penampilan di catwalk punya makna mendalam dan cerita yang mencerahkan di baliknya. Jadi model dan penyanyi itu butuh kemampuan buat ngungkapin diri dengan pede dan nunjukin karakter unik melalui pose yang tepat dan ekspresi yang kuat.
Sebagai model, Ram belajar nguasain pencahayaan, pose yang pas, dan cara komunikasi visual melalui gerakan tubuh dan ekspresi wajah. Selain itu, dia juga harus rajin ngelatih diri, jaga pola makan sehat, dan merawat tubuhnya biar kulitnya tetep sehat dan badannya tetep fit."
Profesionalisme, ketangguhan, dan kesiapan menghadapi tantangan itu kunci sukses di dunia modeling yang kompetitif. Ram belajar bahwa jadi artis itu bukan cuma soal penampilan fisik, tapi juga soal kepribadian dan jiwa yang kuat.
Dunia entertain membawa Ram pada perjalanan keberanian buat tampil di depan publik, bisa beradaptasi dengan situasi baru, dan tekun ngejar mimpi. Setiap langkahnya punya cerita sendiri, dan setiap kesempatan di media jadi bagian dari perjalanan menuju kesuksesannya.
Sebagai artis terkenal, Ram udah terbiasa dengan perhatian media dan wartawan yang suka nguntit. Buat Ram, itu udah jadi hal yang biasa."Hari ini aku ada jadwal ga ya? Cekin dong, Kal!" tanya Ram sambil Haikal buka hp-nya. Haikal pun lihat jadwalnya.
"Alhamdulillah nggak ada kegiatan apa-apa hari ini, mungkin besok, hari Senin, kamu ada photoshoot di Jogja itu aja," kata Haikal.