3. Tanpa Obrolan Sepulang Sekolah

21 12 10
                                    

Teng tong teng tong... tong tong teng tong... (bel pulang sekolah)

“Nilai rapot dipertahanin supaya langsung bisa masuk perguruan tinggi negeri yang kalian mau. Inget sekarang kalian udah masuk kelas 11,” kata Bu Sulis sambil berjalan keluar kelas.

Lalu aku pun membereskan barang di mejaku. Tiba-tiba ada yang mendatangiku.

“Na, kamu malem Minggu ada kegiatan ga?”

“Kenapa emangnya?” tanyaku.

“Mau ga jalan bareng? Kamu sukanya nonton atau makan aja?”

“Emmm... Aku coba tanya mamiku dulu deh ya, gatau soalnya mamiku udah ada rencana ngajak aku ke luar atau ga,” jawabku.

“Oke Na, kabar-kabarin aja ya nanti. Masih lama juga kok, ini masih Senin,” kata cowok itu.

Kemarin ulang tahunku. Aku seneng sih ada yang mau ngajak jalan. Tapi ga tau kenapa aku masih mikir-mikir untuk jalan sama cowok itu. Sebenernya mau jawab iya aja karena mami atau Ardo juga ga ada ngajak ke mana-mana. Tapii... Duh bingungg..

Ardo juga aneh. Masa kemarin ulang tahunku, tapi dia cuma ngucapin lewat chat doang. Seenggaknya dateng kek ke rumah. Biasanya juga tukang ngabisin makanan tuh orang kalo lagi ada acara makan-makan di rumah. Udah paling berasa jadi anak mamiku deh dia. Bahkan mungkin Ardo lebih deket sama mamiku dibanding papa mamanya sendiri.

Tapi Ardo emang udah aneh sejak Jumat lalu sih pas pulang sekolah. Biasanya dia suka iseng. Tapi Jumat kemaren dia kayak bengong-bengong mikirin sesuatu. Bahkan mukaku sama sekali ga dia liat.

Gatau nih sekarang dia nungguin aku pulang atau udah pulang duluan. Awas aja kalo tiba-tiba dia pulang duluan. Udah kemarin ga dateng, sekarang juga ngilang.

Aku pun memasukkan buku catatanku ke tas, mensleting tasku, menggendongnya di pundakku, lalu berjalan keluar kelas. Bener aja, Ardo ga ada. Dia pasti udah pulang duluan. Bener-bener tuh orang, ga ada bilang apa-apa main langsung ilang aja. Yaudahlah aku pulang sendiri aja. Aku pun berjalan keluar menuju gerbang sekolah.

“KINAA, jangan lupa kabarin ya kalo kamu kosong..” teriak cowok itu sambil berlari keluar dari gerbang sekolah.

Saat itu, tiba-tiba ada temen sekelasku, perempuan, yang mendatangiku.

“Ciee Kina.. Diajak jalan ya? Pacarmu marah ga tuh nanti?” tanya dia.

“Pacar? Siapa? Aneh-aneh aja ihh..” kataku.

“Siapa lagi kalo bukan Ardo.. Na, ngomong-ngomong kok kalian ga pulang bareng? Kalian marahan yaa..?”

“Lagi sibuk dia. Duluan yaa..” kataku.

Lalu aku pun berjalan keluar gerbang sekolah menuju halte Transjakarta. Rasanya aneh, biasa selalu ada orang di sampingku. Aku belum pernah jalan ke halte sendirian. Sebenernya ga sepi sih, ada orang yang lalu lalang di trotoar ini. Lagi pula jalanan juga ramai, bahkan sering macet. Tapi entah kenapa rasanya sepi. Jalan sendiri. Naik tangga halte sendiri. Rasanya aneh.

Sesampainya di halte, aku merogoh ke dalam tasku untuk mengambil dompetku.

“Matii.. matiii... lupa bawa dompet lagi.. kartu e-moneyku kan ada di situu.. Sekarang gimana aku mau pulangg.. Masa minta orang ga dikenal bayarinn..” aku bergumam sendiri dan reflek mengacak-acak rambutku karena pusing ga tau harus gimana.

Lalu aku mundur sebentar dan menatap ke arah jalanan yang ada di bawah. Pikiranku kosong dan kacau secara bersamaan. Aku hanya termenung melihat bus Transjakarta lewat dari halte. Biasanya kalo gini, selalu ada Ardo yang bayarin aku pake kartunya dia. Lain kali aku ga boleh lupa lagi.

Boneka BerjiwaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang